InvesYuk

Pesta Belum Berakhir, Harga Emas Dunia Tembus ke Atas US$ 2.350

Pesta Belum Berakhir, Harga Emas Dunia Tembus ke Atas US$ 2.350

MOMSMONEY.ID - Pasar emas masih berpesta pora. Harga emas dunia hari ini melaju ke puncak tertinggi anyar di atas US$ 2.350 per troi ons. Pasalnya, investor mengalihkan fokus pada angka inflasi utama AS yang akan dirilis pekan ini, sementara risiko geopolitik menambah daya tarik aset safe haven.

Mengutip Bloomberg, Senin (8/4) pukul 12.53 WIB, harga emas spot diperdagangkan di level US$ 2.334 per troi ons, naik 0,18% dibandingkan penutupan pekan lalu. Harga logam mulia bahkan sempat mencetak rekor tertinggi sepanjang masa di US$ 2.353,95 per troi ons pada Senin pagi.

Emas membalikkan kerugian sebelumnya, sebab para trader menilai para pengambil kebijakan saat ini dalam posisi untuk menentukan kapan waktu penurunan suku bunga, menjelang rilis data inflasi bulan Maret pada Rabu.

Federal Reserves memperkirakan akan melakukan pemotongan suku bunga pada tahun ini, namun perlu melihat lebih banyak bukti bahwa inflasi telah mereda. Suku bunga yang lebih tinggi, biasanya berdampak negatif bagi emas, yang tidak menawarkan bunga.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Tak Bosan Cetak Rekor, Emas Antam Nyaris Rp 1,3 Juta

Hingga kini, harga emas tetap tangguh di atas US$ 2.300, setelah mencatat serangkaian rekor tertinggi sepanjang masa dalam beberapa minggu terakhir. Hanya saja, langkah ini membuat beberapa pengamat heran di tengah kurangnya pemicu yang jelas untuk kenaikan tiba-tiba harga emas, yang dimulai pada pertengahan Februari. Terutama setelah para trader membatalkan ekspektasi bahwa penurunan suku bunga akan tajam di tahun ini.

Catatan Bloomberg, logam mulia telah naik lebih dari 18% dipicu optimisme bahwa The Fed semakin dekat untuk menurunkan suku bunga. Permintaan bank sentral juga menjadi salah satu faktor kenaikan, dengan China melaporkan penambahan cadangan selama 17 bulan terturut-turut sampai Maret lalu.

Emas turut mendapat katalis dari permintaan terhadap aset safe haven yang meningkat di tengah berlanjutnya ketegangan di Timur Tengah. Israel memindahkan sejumlah pasukan dari Gaza selatan setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan kemenangan sudah dekat.

Di sisi lain, Iran mempersiapkan respons terhadap dugaan serangan Israel terhadap konsulatnya di Suriah, sementara Hizbullah memperingaktkan bahwa mereka siap berperang.

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian Dibuka Menguat Signifikan

Bagaimana dengan pergerakan harga emas di dalam negeri pada momen libur panjang Lebaran? 

Mengutip logammulia.com, hari ini, emas Antam tergelincir dari rekor tertingginya. Harga emas Antam pecahan 1 gram turun Rp 20.000 menjadi Rp 1,289 juta.

Dus, harga beli kembali alias buyback emas Antam ikut melorot Rp 10.000 ke level Rp 1,18 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Moms menjual emas Antam pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News