BisnisYuk

Gandeng GE Healthcare, Kalbe Kembangkan Alkes Lokal CT Scan Pertama di Indonesia

Gandeng GE Healthcare, Kalbe Kembangkan Alkes Lokal CT Scan Pertama di Indonesia

MOMSMONEY.ID - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui PT Forsta Kalmedic Global (Forsta) menjalin kerja sama dengan GE HealthCare untuk menyediakan mesin CT scan (computed tomography scan) secara lokal.

Upaya ini sejalan dengan peningkatan kemandirian penggunaan alat kesehatan dalam negeri yang digalakkan oleh pemerintah.

Pengesahan kerjasama strategis ini dilakukan pada Selasa, 15 Oktober 2024, dan ditandatangani oleh Irawati Setiady, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk dan Elie Chaillot, President & CEO, GE HealthCare International.

Seremoni ini disaksikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Taruna Ikrar, dan perwakilan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

"Kemitraan strategis Kalbe dan GE HealthCare untuk menyediakan mesin CT Scan secara lokal merupakan bukti komitmen Kalbe dalam mewujudkan ketahanan kesehatan nasional," kata Irawati dalam siaran pers, Selasa (15/10)

"Kami berharap inisiatif penyediaan mesin CT Scan secara lokal dapat memajukan layanan kesehatan dan mendukung pemerataan akses kesehatan di Indonesia. Harapannya, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia," ujar dia.

Baca Juga: Kalbe Resmikan Pabrik Radioisotop untuk Deteksi Dini Kanker

Elie Chaillot menuturkan, pihaknya optimistis, kerjasama strategis antara GE HealthCare dengan Kalbe dalam menyediakan alat kesehatan dalam negeri pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, akan membuka peluang positif dalam memastikan ketersediaan dan kemudahan akses teknologi medis terbaik.

"Sehingga, memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk memberikan perawatan terbaik pada pasien," sebutnya.

Pemeriksaan CT scan merupakan salah satu prosedur medis yang dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memantau berbagai penyakit secara detail hingga mendiagnosis kanker sejak dini.

Penggunaan CT scan di Indonesia juga termasuk tinggi jika dibandingkan dengan alat diagnostik lainnya. Sayangnya, hingga saat ini, mesin CT scan termasuk alat kesehatan yang belum dapat diproduksi di dalam negeri.

Direktur PT Forsta Kalmedic Global Yvone Astri Della Sijabat menyebutkan, penyediaan alat kesehatan mesin CT scan termasuk ke-10 besar alat kesehatan yang diprioritaskan untuk diproduksi secara lokal.

Oleh karena itu, inisiatif ini merupakan bentuk dukungan Kalbe, melalui Forsta, kepada program pemerintah di bidang kemandirian kesehatan sekaligus meningkatkan TKDN industri alat kesehatan dalam negeri.

Baca Juga: Nutrive Benecol dan Apotek K24 Dorong Kesadaran Kesehatan Jantung Lewat Program Ini

"Demi mengoptimalkan mutu layanan, kerja sama strategis antara Kalbe dengan GE HealthCare juga dilengkapi dengan pelatihan kepada tenaga teknisi layanan kesehatan," tambah Yvone

Dr. Anthony Lawrence, Presiden Direktur PT GE Operations Indonesia, menyatakan, bangga bisa bekerja sama dengan Kalbe untuk menyediakan CT scan lokal pertama di Indonesia.

Penyediaan CT Scan berkualitas internasional secara lokal di Indonesia sejalan dengan komitmen GE HealthCare dalam mendukung sistem transformasi kesehatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

"Terutama pada pilar ketiga, yaitu meningkatkan ketahanan sektor farmasi dan alat kesehatan dengan produksi AKD," ungkapnya.

Kemitraan ini sekaligus memperluas lingkup kerja sama Kalbe dan GE HealthCare yang sebelumnya telah berkolaborasi dalam pembangunan fasilitas produksi radiofarmaka dan radioisotop.

Selanjutnya: Harga Emas Antam Hari Ini Naik Rp 3.000 ke Rp 1.491.000 Per Gram, Rabu (16/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News