BisnisYuk

Mau Bisnis Parfum? Ini 7 Tips Memulai Bisnis Parfum Lokal untuk Pemula

Mau Bisnis Parfum? Ini 7 Tips Memulai Bisnis Parfum Lokal untuk Pemula

MOMSMONEY.ID - Kali ini MomsMoney akan membagikan 7 tips memulai bisnis parfum lokal untuk pemula. Yuk, simak!

Parfum menjadi bagian dari tren gaya hidup yang masih eksis sampai sekarang. Hal ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan apabila ditekuni dengan baik.

Bagi Anda yang ingin membangun brand parfum sendiri, ada beberapa tips yang patut Anda tahu dan terapkan terutama jika Anda adalah seorang pemula dalam dunia bisnis.

Sebagai referensi, berikut 7 tips memulai bisnis parfum lokal untuk pemula ala Klei Studio yang tidak boleh Anda lewatkan.

Baca Juga: Apa Itu Sillage? Ini 4 Istilah Populer dalam Dunia Parfum

1. Kenali pasar parfum lokal

Tips memulai bisnis parfum lokal untuk pemula yang pertama yaitu mengenali pasar parfum lokal.

Cermatilah tren terkini dan preferensi konsumen di Indonesia terkait aroma, gaya hidup, dan preferensi personal dalam memilih parfum. Dengan melakukan riset pasar yang komprehensif, itu akan membantu Anda dalam mengidentifikasi peluang dan menyesuaikan produk dengan kebutuhan pasar yang ada.

Sebagai contoh, pasar yang mempunyai peluang paling banyak yaitu pasar middle di mana banyak pengguna yang mencari aroma parfum mahal dengan harga yang terjangkau.

2. Buat perencanaan bisnis

Tips memulai bisnis parfum lokal untuk pemula yang kedua yaitu membuat perencanaan bisnis.

Kebanyakan pengusaha pemula lebih fokus terhadap COGS atau Cost of Goods Sold (harga pokok penjualan yang ada pada setiap aktivitas produksi dalam perusahaan) dibandingkan membuat perencanaan bisnis atau Business Plan.

Padahal, perencanaan bisnis juga penting untuk menjadi patokan jalannya sebuah usaha. Tidak hanya membantu Anda fokus dengan tujuan, perencanaan bisnis juga bisa memperkirakaan berapa banyak modal yang harus disiapkan untuk bisnis parfum Anda nantinya.

3. Kembangkan identitas brand

Tips memulai bisnis parfum lokal untuk pemula yang ketiga yaitu mengembangkan identitas brand.

Pemilihan nama, logo, dan konsep visual sangat penting dalam membangun identitas brand yang kuat. Jadi, pertimbangkan nilai-nilai, cerita, dan gaya yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen.

Dengan memiliki identitas brand yang konsisten, itu akan menjadi langkah awal dari brand parfum Anda untuk menemukan USP atau Unique Selling Proposition dari pesaing.

4. Fokus pada kualitas produk

Tips memulai bisnis parfum lokal untuk pemula yang keempat yaitu fokus pada kualitas produk.

Kualitas produk adalah faktor utama dalam membangun reputasi brand parfum Anda. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi serta mengikuti standar keamanan dan IFRA (International Fragrance Association).

Plus, jaga konsistensi dan keunggulan wangi produk Anda agar pelanggan senantiasa merasa puas dan terus kembali untuk membeli.

Baca Juga: Efektif Buang Racun Tubuh, Ini 6 Makanan Terbaik untuk Detoks Tubuh

5. Ciptakan aroma parfum yang unik dan mewah

Tips memulai bisnis parfum lokal untuk pemula yang kelima yaitu menciptakan aroma parfum yang unik dan mewah.

Dalam bisnis parfum, menciptakan aroma yang unik dan mewah sangat penting. Oleh sebab itu, bereksperimenlah dengan berbagai kombinasi bahan-bahan dan kembangkan formula yang mencerminkan karakteristik brand parfum Anda.

Untuk menumbuhkan keahlian Anda dalam proses blending parfum guna menghasilkan aroma yang memikat dan menggugah indra, Anda bisa mengikuti workshop-workshop berkaitan seperti workshop yang diselenggarakan oleh Klei Studio. Dalam workshop ini, akan ada pembahasan mengenai jenis-jenis raw materials yang berkualitas tinggi serta bagaimana mencampurkan varian single oil menjadi satu kesatuan aroma parfum yang unik dan mewah.

6. Manfaatkan pemasaran digital

Tips memulai bisnis parfum lokal untuk pemula yang keenam yaitu memanfaatkan pemasaran digital.

Anda bisa memanfaatkan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan brand parfum Anda. Awali dengan membuat situs web resmi yang menarik dan informatif serta jalin kehadiran aktif di media sosial.

Gunakan strategi konten yang relevan, termasuk ulasan produk, tutorial, dan inspirasi untuk menarik minat pelanggan. Perluas juga jaringan online melalui kerja sama dengan influencer dan kolaborasi dengan platform e-commerce.

7. Lakukan evaluasi

Tips memulai bisnis parfum lokal untuk pemula yang ketujuh yaitu melakukan evaluasi.

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja bisnis parfum Anda secara berkala. Evaluasi ini termasuk meninjau strategi pemasaran, kepuasan pelanggan, dan perkembangan penjualan.

Identifikasi juga peluang pertumbuhan baru dan terus tingkatkan kualitas produk serta layanan after service brand parfum Anda. Dengan mengikuti tren dan memanfaatkan peluang pasar, maka brand parfum lokal Anda dapat berkembang dengan baik.

Demikian 7 tips memulai bisnis parfum lokal untuk pemula ala Klei Studio. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News