Santai

Emotional Hunger vs Physical Hunger, Jangan Sampai Tertipu Dua Jenis Lapar Ini

Emotional Hunger vs Physical Hunger, Jangan Sampai Tertipu Dua Jenis Lapar Ini

MOMSMONEY.ID - Ternyata, rasa lapar dibedakan menjadi dua jenis lapar, lo. Apa saja, sih?

Rasa lapar yang kerap dirasakan ternyata dipengaruhi oleh beberapa hal. Antara lain karena tubuh yang merasa lapar dan juga emosi.

Secara umum, ada dua macam rasa lapar yang banyak diungkap oleh para ahli. Yakni, physical dan emotional hunger.

Walau secara teori terlihat sangat mudah dibedakan, dua jenis lapar ini sulit dibedakan ketika sedang dialami seseorang.

Tak usah bingung, berikut ada penjelasan singkat tentang perbedaan physical dan emotional hunger.

Baca Juga: 6 Minuman Sehat Pengganti Kopi Ini, Bisa Tambah Energi Juga lo

Emotional hunger

Rasa lapar ini bisa datang secara tiba-tiba. Biasanya muncul dari dalam pikiran bukan dari tubuh. Makanan yang dikonsumsi pun hanya digunakan untuk memuaskan rasa ingin sesaat. Sehingga, sering menimbulkan rasa penyesalan setelahnya.

Melansir dari Feel Good Eating, rasa sedih, frustrasi, bosan, marah, dan bahkan rasa bahagia dapat menjadi trigger emotional hunger. Aktivitas makan pada emotional hunger hanya akan mengurangi rasa lapar secara sementara.

Ketika perut sudah kenyang pun seseorang masih bisa merasa tidak puas dengan makanan yang dikonsumsinya. Jenis makanan lain pun masih mungkin diinginkan hingga perasaan terpuaskan.

Yang menjadi ciri khas dari emotional hunger biasanya adalah menginginkan makanan yang spesifik. Bisa jadi makanan manis, minuman yang memiliki rasa, cokelat, pizza, dan makanan lainnya yang ada dalam pikiran.

Baca Juga: 5 Manfaat Pijat Payudara Buat Perempuan Jika Dilakukan Rutin

Physical hunger

Rasa lapar ini ditimbulkan secara berkala oleh tubuh untuk mengisyaratkan bahwa tubuh membutuhkan makanan. Jenis lapar ini dapat dengan mudah di puas kan setelah seseorang makan dengan kenyang.

Mengutip dari laman Pink Villa, ciri khas yang dapat diperhatikan dari physical hunger adalah perut berbunyi, merasa lemas, gula darah rendah, dan pusing ringan adalah hal-hal yang biasa dirasakan ketika lapar.

Physical hunger memberikan rasa kenyang dan puas pada tubuh, bukan perasaan. Walaupun hanya makan dengan porsi sedikit, seseorang bisa tetap merasakan kenyang ketika merasakan physical hunger.

Dengan mengenali beda physical dan emotional hunger, jadi makin mudah untuk mengontrol makan, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News