Bugar

Kenali 8 Bahaya Telat Makan bagi Kesehatan Tubuh hingga Dampaknya Menjadi Penyakit

Kenali 8 Bahaya Telat Makan bagi Kesehatan Tubuh hingga Dampaknya Menjadi Penyakit

MOMSMONEY.ID. Intip sederet dampak telat makan pada kesehatan tubuh hingga penyakit terkait. Makan merupakan aktivitas yang cukup penting untuk tubuh melakukan aktivitas dalam waktu seharian.

Telat makan mengacu pada keadaan ketika Anda tidak makan dalam interval waktu yang biasanya Anda lakukan atau tidak makan dalam jangka waktu yang wajar setelah waktu makan yang direncanakan.

Telat makan bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti jadwal yang sibuk, kurangnya ketersediaan makanan, atau kurangnya nafsu makan.

Dampak dari telat makan dapat bervariasi tergantung pada orangnya dan seberapa sering atau lama seseorang mengalami telat makan.

Baca Juga: 5 Sumber Vitamin untuk Anak lewat Makanan, Ada Sayuran Hijau hingga Ikan

Akibat telat makan

Sebuah penelitian ungkap bahwa tidak sarapan dan makan malam sekitar jam 9 malam akan signifikan terhadap nafsu makan, pengeluaran energi, dan cara kita menyimpan lemak.

Hasil penelitian juga ungkap bahwa dengan faktor-faktor lain yang sama, waktu asupan makanan secara signifikan mempengaruhi pengeluaran energi, nafsu makan, dan perubahan molekuler pada jaringan lemak.

Makan terlambat pada malam hari juga membuat persepsi lapar lebih dari dua kali lipat, meningkatkan kadar hormon lapar dalam darah sebesar 34%. Sehingg ini akan menekan hormon rasa kenyang, dan menurunkan pengeluaran energi dan suhu inti tubuh sebesar 5% selama 24 jam berikutnya.

Para peneliti menjelaskan bahwa ritme sirkadian alami tubuh mendorong penciptaan hormon dan ekspresi genetik yang terlibat dalam pengendalian berat badan.

Baca Juga: Tidak Semua Buah Bisa Dimakan! Ini 5 Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes

Ketahui sederet dampak telat makan pada kesehatan dan penyakit terkait dilansir dari Live Strong.

Akibat telat makan

1. Hipoglikemia (Penurunan Kadar Gula Darah)

Apabila Anda tidak makan dalam jangka waktu yang cukup lama, kadar gula darah Anda dapat turun drastis. Ini bisa menyebabkan gejala seperti pusing, gemetar, lemas, dan kebingungan.

2. Gangguan Pencernaan

Saat Anda tidak sarapan atau telat makan ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini terkait dengan gangguan perut kembung, rasa tidak nyaman, atau mulas ketika Anda akhirnya makan terlalu banyak atau makanan yang berat.

3. Penurunan Energi dan Konsentrasi

Tubuh memerlukan energi dari makanan untuk berfungsi dengan baik. Telat makan dapat menyebabkan penurunan energi, kelelahan, serta sulit berkonsentrasi dan fokus.

4. Gangguan Metabolisme

Kebiasaan telat makan dapat memengaruhi ritme metabolisme tubuh Anda, yang dapat mempengaruhi berat badan dan regulasi energi.

5. Meningkatkan risiko overeating

Saat Anda akhirnya makan setelah telat, Anda mungkin cenderung makan terlalu banyak atau memilih makanan yang kurang sehat karena rasa lapar yang kuat.

6.  Munculnya gangguan Mood

Telat makan juga dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Rasa lapar yang berlebihan dapat membuat Anda mudah marah, mudah tersinggung, atau merasa tertekan.

7. Gangguan Siklus Hormon

Telat makan juga bisa memengaruhi regulasi hormon, termasuk hormon yang mengatur nafsu makan dan pengaturan berat badan.

Selain itu, saat tubuh tidak mendapatkan asuapan dengan baik, ini dapat mengganggu pola makan sehat yang teratur dan dapat mengganggu upaya untuk menjaga diet yang seimbang.

Itulah informasi terkait dampak negatif yang diakibatkan saat telat makan beserta gangguan kesehatan terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News