AturUang

Dukung Nasabah Pensiun, BTPN Hadirkan Layanan Kesehatan dan Pelatihan Usaha

Dukung Nasabah Pensiun, BTPN Hadirkan Layanan Kesehatan dan Pelatihan Usaha

MOMSMONEY.ID - Sebanyak 43% nasabah pensiunan menyatakan ingin tetap aktif dan berdaya untuk memberikan dukungan finansial kepada keluarganya selama masa pensiun, karena itu PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) memperkuat komitmennya untuk merangkul dan memberikan perhatian khusus kepada masyarakat lanjut usia, agar tetap berdaya di masa purnabakti.

“Kami memahami bahwa karakter nasabah pensiunan senantiasa ingin untuk tetap produktif dan sehat di usianya saat ini, sehingga tetap dapat beraktifitas dan bersosialisasi dengan komunitasnya masing-masing,” kata Purnomo B. Soetadi, Head of Retail Lending Business Bank BTPN.

Pihaknya menambahkan, bahwa Bank BTPN pun menaruh perhatian khusus untuk menjawab kebutuhan nasabah purnabakti berdasarkan data dan pengalaman Bank dalam melayani nasabah purnabakti sejak didirikan.

“Dari insight dan data yang diperoleh, Bank BTPN pun melaksanakan dua program; memberikan layanan kesehatan gratis dan pelatihan wirausaha bagi segmen nasabah purnabakti. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat terus mendukung nasabah dalam mencapai kehidupan yang lebih berarti di masa purnabakti mereka,” tambah Purnomo dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Rangkaian kegiatan tersebut dijalankan Bank BTPN sebagai bagian dari Daya, program pemberdayaan berkelanjutan dari Bank BTPN. Dengan berfokus pada empat pilar utama yaitu literasi keuangan, pengembangan kapasitas diri, peningkatan kapasitas usaha, dan kehidupan berkelanjutan, program Daya diharapkan bisa membantu mempersiapkan mental dan keuangan nasabah pensiunan untuk menjalani masa purnabakti yang lebih berarti.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Lebih Bernutrisi Ketika Direbus

Andrie Darusman, Communications & Daya Head Bank BTPN mengatakan daya hadir sebagai wujud komitmen Bank BTPN untuk meningkatkan kapasitas nasabah secara berkelanjutan, dengan memberikan kesempatan tumbuh dan hidup yang lebih berarti. Salah satunya adalah dengan menjalankan program kesehatan dan pelatihan wirausaha yang dijalankan bagi segmen nasabah pensiunan Bank BTPN berdasarkan temuan dari studi internal perusahaan.

"Kedua program ini telah berjalan sejak tahun 2008; dan tercatat sejak tahun 2012 sampai 2023 telah berhasil membantu dan memberdayakan 1.861.288 orang peserta layanan kesehatan, dan 116.863 peserta pelatihan usaha dari nasabah pensiunan di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Nasabah pensiunan bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan secara menyeluruh dengan dokter di kantor cabang Bank BTPN yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Nasabah juga dapat mengakses telemedisin via WhatsApp secara gratis untuk menikmati layanan kesehatan yang lebih praktis.

Untuk memudahkan pensiunan memantau kondisi kesehatan secara berkala, Bank BTPN memberi kartu kesehatan bagi nasabah yang berkonsultasi. Jika kondisi nasabah kurang baik, dokter akan menyarankan nasabah melakukan pemeriksaan  lanjutan di fasilitas kesehatan setempat. Selain itu, Bank BTPN juga rutin menyampaikan sosialisasi seputar gaya hidup sehat, panduan olahraga, dan pola konsumsi yang baik.

Di samping menyediakan layanan kesehatan secara gratis, Bank BTPN turut berkolaborasi dengan para ahli di bidang pemasaran untuk mengadakan pelatihan wirausaha setiap tiga bulan sekali. Ragam pelatihan yang diberikan meliputi awareness soal kesehatan finansial, pengembangan kapasitas bisnis, hingga hidup berkelanjutan (sustainable living). Dengan begitu, para nasabah pensiunan bisa terus memperkaya wawasan agar tetap produktif dan menjadi bermanfaat untuk komunitas di masa purnabakti.

Baca Juga: Rupiah Melemah Tipis di Rp 16.294 per dollar, Pasar Tunggu Sinyal dari Rapat Fed

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News