MOMSMONEY.ID - Dibimbing.id merancang Program pelatihan hospitality berdasarkan asesmen kebutuhan perusahaan dan difokuskan pada peningkatan keterampilan layanan.
Nah, perusahaan di sektor pertambangan mulai memberi perhatian lebih pada penguatan soft skill karyawan, khususnya dalam hal layanan kepada tamu.
Langkah ini salah satunya diambil oleh ITSB Innovation & Research Centre (IIRC) dengan menggelar pelatihan bertajuk Hospitality & Butler, bekerjasama dengan platform pelatihan dibimbing.id.
Pelatihan tersebut difokuskan untuk meningkatkan kompetensi karyawan dalam melayani tamu VIP, terutama di lingkungan pusat inovasi dan riset yang kerap menerima kunjungan eksternal.
Materi yang diberikan meliputi dasar-dasar hospitality, teknik grooming, pembentukan sikap pelayanan, hingga tata cara jamuan makan (table manner). Seluruh pelatihan dilakukan secara praktik langsung melalui simulasi.
"Pelatihan seperti ini makin dibutuhkan oleh perusahaan yang memiliki pusat riset atau inovasi dan sering menerima kunjungan dari mitra penting," kata Zaky Muhammad Syah, CEO Dibimbing.id dalam keterangan tertulis, Jumat (11/7).
Baca Juga: Ekspansi ke Luar Negeri, Dibimbing.id Jalin Kemitraan dengan Perusahaan Brunei
Menurutnya, pelatihan dirancang untuk menjawab kebutuhan spesifik perusahaan dan disampaikan oleh praktisi industri yang relevan.
Zaky menambahkan, program yang dikembangkan dibimbing.id berbasis asesmen kebutuhan perusahaan.
"Kami memastikan materi yang diberikan benar-benar relevan, serta didukung oleh silabus terperinci," ujarnya.
Pelatihan juga didukung sistem pembelajaran digital melalui learning management system (LMS) yang memungkinkan perusahaan memantau progres karyawan secara real-time.
"Pelatihan bisa diakses fleksibel dan progres peserta bisa dipantau secara real-time," tambah Zaky. Sistem ini dinilai memberi efisiensi dalam pelaksanaan pelatihan korporat.
Meski berasal dari sektor pertambangan, kebutuhan peningkatan kualitas interaksi dengan tamu dinilai penting dalam menjaga reputasi perusahaan. Pelatihan hospitality dinilai sebagai bagian dari upaya membangun standar layanan yang lebih profesional di lingkungan kerja non-jasa.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News