Keluarga

Dianggap Bikin Janin Terlalu Besar, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Air Es?

Dianggap Bikin Janin Terlalu Besar, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Air Es?

MOMSMONEY.ID - Cari tahu apakah ibu hamil boleh minum air es karena dipercaya bisa membuat bayi jadi lebih besar.

Saat hamil banyak sekali kepercayaan-kepercayaan yang harus dan tidak boleh dilakukan. Termasuk, larangan minum air es karena akan membuat bayi besar. Benarkah demikian? 

Selama masa kehamilan ibu mengalami peningkatan produksi hormon. Ini membuat suhu tubuh ibu hamil meningkat dan mudah merasa panas. Dalam kondisi ini, ibu hamil jadi senang minum air es. 

Minum air es atau air dingin bisa memberikan sensasi penghilang dahaga pada ibu hamil. Namun sebenarnya, apakah ibu hamil boleh minum air es?

Baca Juga: Ini 5 Minuman Dingin yang Tidak Boleh di Konsumsi Ibu Hamil

Melansir berbagai sumber, tidak ada hubungan antara minum air es selama masa kehamilan dengan ukuran bayi di dalam perut. Sehingga, tidak mempengaruhi perkembangan janin. Justru yang berbahaya bila minum es dengan tambahan pemanis.

Namun, bukan berarti ibu hamil boleh minum air es terus menerus. 

Air es membuat pembakaran di dalam tubuh jadi lebih banyak. Suhu tubuh meningkat saat mengonsumsi air es. Sehingga ini membuat ibu hamil mudahj lelah, seiring dengan kondisi badan yang makin berat. 

Melansir Singapore Paincare TCM Wellnes, asupan makanan dan minuman yang berlebihan lebih berdampak negatif pada pencernaan tubuh.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Siapkan Jika Ingin Melahirkan dengan Metode Water Birth!

Jika pencernaan terganggu, maka ini akan memengaruhi pengangkutan nutrisi ke seluruh tubuh dan menyebabkan kembungm diare serta rasa tidak nyaman lainnya. 

Mengutip Medium, rasa tidak nyaman itu bisa timbul karena adanya perubahan suhu yang cepat pada perut ibu hamil. Hal ini bisa menjadi masalah terutama bagi wanita yang rentan terhadap masalah pencernaan selama hamil.

Maka kesimpulannya, minum air es boleh-boleh saja namun jangan berlebihan. Untuk minum air es, ibu hamil perlu tahu bagaimana kondisi dirinya sendiri. 

Hal penting lainnya, bayi tidak akan menjadi besar karena ibunya mengonsumsi air es. Ukuran bayi di dalam rahim bisa membesar jika ibu sering mengonsumsi minuman berpemanis seperti es sirup, es teler, es boba dan es krim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News