Keluarga

Ini 5 Minuman Dingin yang Tidak Boleh di Konsumsi Ibu Hamil

Ini 5 Minuman Dingin yang Tidak Boleh di Konsumsi Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Mengetahui minuman dingin apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil bisa membantu Anda mengetahui apa saja yang boleh dan tidk boleh diminum. 

Saat hamil, metabolisme tubuh ibu meningkat sehingga suhu tubuh juga meningkat. Hal ini membuat ibu sering merasa dahaga dan lebih menyukai minum air dingin.

Baca Juga: Pahami Batasan Minum Kopi untuk Ibu Hamil beserta Alternatif Kafein Lain

Meski minum air dingin diperbolehkan, namun sebaiknya ibu hamil tetap membatasinya terutama jika memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Lalu minuman dingin apa saja yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Melansir Medium, begini rinciannya!

Ibu hamil yang sensitif air dingin
Salah satu masalah utama meminum air dingin selama kehamilan adalah bisa menyebabkan kram perut dan ketidaknyamanan. Perrubahan suhu yang cepat pada perut bisa membuat otot perut kontraksi dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Terutama pada ibu yang memiliki masalah pencernaan. 

Minuman dingin berpemanis
Banyak air dingin, terutama yang berkarbonasi mengandung gula yang jumlahnya sangat banyak. Gula yang berlebih inilah yang berbahaya bagi ibu dan janin. 

Mengonsumsi tinggi gula selama hamil bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan seberti diabetes, obesitas dan ganguan metabolisme. Selain itu minuman manis bisa menyebabkan masalah gigi. 

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Air Es?

Minuman dingin yang mengandung kafein
Minuman dingin yang tidak boleh dikonsumsi selanjutnya adalah kafeun karena bisa mempengaruhi perkembangan janin. Kafein bisa melewati plasenta dan menyebabkan potensi berat badan lahir rendah, kelahiran prematur dan peningkatan risiko keguguran. Ibu hamil hanya boleh mengonsumsi kaein 200mg per hari atau setara satu cangkir kopi. 

Minuman dingin yang bisa menyebabkan dehidrasi
Penting untuk diketahui bahwa minuman dingin bisa memberikan efek dehidrasi, yang problematis bagi ibu hamil. Selama hamil, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang penting bagi kesehatan dan perkembangan janin. Namun jika Anda banyak minum dingin, Anda bisa berisiko dehidrasi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti sakit kepala, kelelahan dan sakit saat melahirkan.

Minuman dingin dengan pemanis buatan
Beberapa minuman terbuat dari pemanis buatan yang sangat berbahay bagi ibu hamil. Pemanis buatan bisa menyebabkan bayi cacat lahir, berat badan lahgir rendah dan komplikasi lainnya. 

Selanjutnya: 5 Hal yang Perlu Anda Siapkan Jika Ingin Melahirkan dengan Metode Water Birth!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News