BisnisYuk

Dari Satu Jadi Puluhan Gerai, Ini Rahasia Bisnis Jus Antara

Dari Satu Jadi Puluhan Gerai, Ini Rahasia Bisnis Jus Antara
Reporter: Francisca Bertha Vistika  |  Editor: Francisca bertha


MOMSMONEY.ID - Bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis minuman, khususnya jus, ada beberapa langkah penting yang bisa jadi inspirasi. Berikut ini rahasia Jus Antara mengembangkan bisnis mereka.

Co-Founder Jus Antara Reyner Iskandar berbagi pengalaman membangun brand jus lokal yang kini sudah memiliki lebih dari 20 gerai di wilayah Jabodetabek.

1. Ikuti tren dan kebutuhan pasar

Reyner mengawali perjalanan bisnisnya dari F&B sejak 2019 dengan usaha minuman yogurt. Dari sana, ia melihat tren gaya hidup sehat terus meningkat.

"Kesadaran akan pilihan minuman yang lebih sehat terus naik. Jus buah punya potensi market yang sangat besar, apalagi harga yang murah dan terjangkau membuatnya bisa dikonsumsi rutin," ujar Reyner dalam keterangan tertulis, Selasa (9/9).

2. Temukan celah pasar

Menurut Reyner, ide Jus Antara lahir karena belum ada alternatif tempat nongkrong sehat selain kafe kopi.

"Kami melihat ada peluang menghadirkan konsep kedai dengan produk utama jus buah. Pasarnya sama besarnya dengan kopi di Indonesia," tambahnya.

Baca Juga: Cerita Sukses Pengusaha Kacamata Demodas Kembangkan Usaha dari Kamar

3. Jaga konsistensi rasa dan kualitas

Bisnis kuliner sangat bergantung pada kepercayaan pelanggan. Reyner menekankan pentingnya SOP dan pelatihan tim agar kualitas tetap konsisten.

"Kami percaya konsistensi produk adalah kunci keberhasilan brand F&B,” katanya.

4. Bangun tim yang solid

Dalam dua tahun, Jus Antara sudah punya 24 gerai di Jabodetabek. Rahasianya ada pada tim internal.

"Proses ekspansi bisa berjalan cepat karena kami berhasil membentuk tim yang solid. Itu membuat investor percaya dengan potensi Jus Antara,” jelas Reyner.

Baca Juga: Menu Sarapan Rp 10.000 jadi Peluang Usaha Mengenyangkan

5. Kolaborasi dengan petani lokal

Keunikan Jus Antara ada pada komitmen memberdayakan petani. Buah-buahan diserap langsung dari kebun agar kualitas terjaga dan petani mendapat harga adil.

"Setiap gelas jus yang dinikmati pelanggan adalah wujud kerja sama dengan petani lokal," ungkap Reyner.

6. Terus berinovasi

Menu favorit Jus Antara adalah jus alpukat dan kombinasi dua buah pilihan. Meski begitu, inovasi terus dilakukan.

"Kami menyesuaikan menu dengan tren kekinian agar tetap relevan,” ujar Reyner.

Bagi yang ingin ikut membuka usaha, Jus Antara menawarkan kemitraan dengan sistem autopilot. Nilai investasi sekitar Rp 1,5 miliar untuk satu gerai, dengan target balik modal kurang dari dua tahun.

"Seluruh operasional dijalankan manajemen, hasilnya dibagi sesuai skema bagi hasil,” jelas Reyner.

Selanjutnya: Mau Dapat Produk Incaran? Berikut Trik Menangkan Flash Sale Rp99

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News