Bugar

12 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kulit, Ada Cokelat Hitam dan Alpukat

12 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kulit, Ada Cokelat Hitam dan Alpukat

MOMSMONEY.ID - Punya kulit sehat dan terawat adalah impian banyak orang. Merawat kesehatan kulit tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan skincare. Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan terbaik untuk kesehatan kulit, lho. Apa sajakah itu?

Melansir dari Healthline, inilah beberapa makanan terbaik untuk kesehatan kulit yang dapat Anda coba konsumsi:

1. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, mackerel, dan herring kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit, menjadikan kulit tampak kenyal dan mengurangi inflamasi.

Omega-3 juga melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dan bisa meredakan kondisi kulit seperti psoriasis dan lupus. Ikan berlemak juga sumber vitamin E yang melindungi kulit dari stres oksidatif dan peradangan.

Baca Juga: Ragam Makanan Tradisional Indonesia yang Menyehatkan, Pecel Salah Satunya

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang menjaga kulit tetap lembap dan elastis. Studi menunjukkan bahwa lemak dalam alpukat juga dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Alpukat adalah sumber yang baik untuk vitamin E dan C yang mendukung kesehatan kulit.

3. Kenari

Kenari menyediakan asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Makanan ini memiliki kandungan omega-3 dan omega-6 yang membantu mengurangi inflamasi pada kulit.

Kenari juga kaya akan seng yang penting untuk fungsi kulit yang sehat, termasuk memerangi bakteri dan inflamasi.

4. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, selenium, dan protein yang semuanya penting untuk menjaga kekuatan dan perlindungan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang berfungsi sebagai provitamin A dan membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Beta-karoten juga memberi warna alami yang sehat pada kulit.

Baca Juga: 15 Pilihan Makanan Rendah Kalori yang Bikin Kenyang, Cocok untuk Diet

6. Paprika Merah atau Kuning

Paprika sangat kaya akan beta-karoten dan vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk pembuatan kolagen yang menjaga kulit tetap kencang dan kuat.

7. Brokoli

Brokoli kaya dengan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting, termasuk zat bernama sulforaphane yang memiliki efek protektif terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

8. Tomat

Tomat adalah sumber lycopene, jenis karotenoid yang memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan UV dan membantu mencegah keriput.

9. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang dapat membantu mencegah kerutan dengan mencegah kerusakan kolagen dan memperlambat proses penuaan kulit.

10. Cokelat Hitam

Flavonoid dalam cokelat hitam dapat membantu melindungi terhadap kerusakan sinar matahari, meningkatkan kelembapan, dan meningkatkan aliran darah ke kulit.

Baca Juga: Dikenal Lezat, Ini 7 Khasiat Susu Jahe untuk Kesehatan Tubuh Anda

11. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan catechin, antioksidan kuat yang membantu melindungi terhadap kerusakan akibat sinar UV dan dapat meningkatkan kelembapan, ketebalan kulit, dan kekenyalan kulit.

12. Anggur Merah

Anggur merah mengandung resveratrol yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi efek penuaan pada kulit dengan memerangi kerusakan radikal bebas.

Demikianlah daftar makanan terbaik untuk kesehatan kulit Anda. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News