Santai

Cek Lima Hal Sebelum Serah Terima Rumah dari Kreator TikTok, Brian Nathanael

Cek Lima Hal Sebelum Serah Terima Rumah dari Kreator TikTok, Brian Nathanael

MOMSMONEY.ID - Mayoritas orang memiliki rumah pribadi menjadi salah satu impian yang ingin dicapai, baik sebagai investasi jangka panjang ataupun sebagai tempat tinggal. Opsi membeli rumah pun beragam, mulai dari perumahan siap huni yang ada dalam cluster maupun rumah lama yang bisa direnovasi sesuai keinginan.

Hanya saja, tak jarang calon pembeli rumah merasa kebingungan tentang apa saja yang harus mereka perhatikan sebelum memilih rumah impiannya. Sebagai tempat terciptanya kreativitas dan kebahagiaan, beragam konten telah hadir di TikTok, termasuk konten-konten bermanfaat tentang rumah dan properti.

Nah, bagi Anda yang juga mengalami kebingungan yang sama, konten-konten "Tanjun House" milik kreator TikTok, Brian Nathanael mungkin bisa membantu. Berangkat dari pengalaman merenovasi rumah sendiri tanpa bantuan arsitek ataupun desainer, Brian sadar bahwa ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum menjatuhkan pilihan pada suatu hunian.

Dari sini, Brian mulai membagikan berbagai tips yang ia pelajari di TikTok, dengan harapan bisa memberikan pencerahan bagi mereka yang sedang dalam proses mencari atau membangun rumah.

Dirangkum dari unggahan Brian di TikTok, ada lima hal yang penting untuk diperhatikan calon pembeli rumah, khususnya sebelum melakukan serah terima. Mari kita simak tips-tips praktis berikut ini :

1. Cek lapisan tembok pembatas rumah

Idealnya, tembok pembatas antara rumah kita dengan tetangga memiliki dua lapis. Apabila hanya satu lapis, tembok rumah cenderung mudah lembab dan suara satu sama lain bisa saling terdengar. Tak jarang, developer memberikan dua lapis pada tembok pembatas area depan rumah saja, sehingga memberikan ilusi bahwa pembatas rumah berlapis dua.

Brian pun menyarankan untuk mengetuk tembok rumah. Jika hanya satu lapis, tembok akan terasa lebih kopong. Selain itu, calon pemilik rumah juga bisa menanyakan berapa lapisan tembok rumah tersebut ke developer atau pihak penjual.

2. Uji kualitas lantai dengan kelereng

Bawa kelereng sebelum serah terima rumah. Terdengar unik, namun pantulan kelereng dapat menunjukkan kualitas lantai keramik rumah. Cukup jatuhkan kelerang ke lantai, lalu dengarkan suara dan lihat tinggi pantulannya.

Jika keramik terpasang dengan baik, suara pantulan kelereng akan terdengar nyaring dan pantulannya tinggi. Sebaliknya, jika suara pantulan terdengar kopong dan tidak tinggi, besar kemungkinan bahwa lantai keramik kopong. Hal ini dapat menimbulkan gelembung dan keramik meledak di kemudian hari.

Selain itu, kelereng juga dapat digunakan untuk mendeteksi area potensi genangan air di kamar mandi. Cukup tebarkan beberapa kelereng ke lantai kamar mandi dan pastikan semua kelereng bergulir menuju floor drain. Jika ada kelereng yang tertahan di area tertentu, maka air dapat tergenang di area tersebut, sehingga kemiringan lantai perlu diperbaiki.

Baca Juga: 4 Resep Puding Roti Tawar Aneka Rasa dari Pisang, Kismis dan Kacang Almond

3. Cek kebocoran di dalam dan luar rumah

Kebocoran rumah baru kadang tak terduga sampai cuaca ekstrim melanda, salah satunya hujan badai. Calon pemilik rumah dapat mengecek kebocoran akibat hujan dengan menyiram jendela yang sudah tertutup dari luar. Lalu, perhatikan apabila ada tetesan atau rembesan air di dalam rumah. Biasanya kebocoran ini disebabkan oleh sealant jendela tidak terpasang dengan sempurna.

Selain kebocoran dari luar, konstruksi rumah yang tidak sempurna juga dapat menyebabkan kebocoran dari genangan maupun aliran air di dalam rumah. Tutup semua floor drain dengan plastik, lalu siram lantai dengan air sampai tergenang dan diamkan hingga minimal satu hari.

Perhatikan apakah air merembes ke tembok atau langit-langit, terutama jika ada kamar mandi di lantai atas. Tips ini juga bisa dilakukan untuk mengecek genangan atau kebocoran di dak atap rumah.

4. Temukan tembok retak dan bergelembung dengan senter

Pastikan rumah yang baru dibeli tidak memiliki retakan maupun gelembung pada tembok, apalagi jika rumah tersebut baru dibangun. Cara paling mudah untuk mengecek adalah dengan mematikan semua lampu, lalu tempelkan senter pada dinding tembok. Tembok yang rata ditandai dengan sorotan cahaya senter yang rata.

Namun, jika tembok bergelombang atau tidak rata, sorotan cahaya pun akan terhalang. Tembok bergelembung bisa desebabkan oleh pengaplikasian cat yang kurang sempurna, permukaan dinding yang terlalu panas, atau mengindikasikan kelembaban rumah. Sementara tembok retak umumnya disebabkan oleh pergeseran struktur maupun kelembaban udara.

5. Cek sinyal di dalam rumah

Wi-Fi tak selamanya dapat diandalkan. Ada kalanya modem mengalami kendala, sehingga kita harus mengandalkan mobile data. Maka dari itu, penting untuk mengecek apakah sinyal tetap kuat dan merata di setiap sudut rumah, salah satunya dengan menelpon tanpa putus sembari berkeliling rumah. Selain itu, khusus untuk area perumahan baru, Brian menyarankan untuk bertanya ke pihak developer terkait ketersediaan internet service provider.

Meskipun tips-tips yang dibagikan mungkin Brian terlihat sepele, namun ternyata sangat membantu komunitas TikTok meningkatkan kenyamanan mereka di rumah. Terlihat dari komentar-komentar yang masuk, banyak pengguna TikTok yang merasa terbantu dengan tips dari Brian.

Banyak juga dari mereka yang tidak menyadari pentingnya informasi yang dibagikan Bryan melalui kontennya. "Tanjun House" pun kini menjadi salah satu akun yang dituju saat mencari informasi seputar rumah. Bukan hanya soal tips membeli rumah, tetapi juga berbagai rekomendasi produk dan perabotan untuk hunian tercinta.

Baca Juga: Tips Jadi Remaja Populer ala High School Return of a Gangster

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News