Santai

Cegah Stretch Marks Saat Hamil dengan 5 Cara Ini Yuk, Moms

Cegah Stretch Marks Saat Hamil dengan 5 Cara Ini Yuk, Moms

MOMSMONEY.ID - Jadi momok para perempuan di masa kehamilan, ketahui cara mencegah stretch marks saat hamil yuk, Moms.

Secara ilmiah, stretch marks adalah hal biasa yang kebanyakan terjadi pada perempuan saat dan setelah kehamilan.

Stretch marks pun sebenarnya bukanlah masalah serius dan bisa diabaikan begitu saja, jika Anda tidak mempermasalahkannya.

Namun, jika Anda mencari cara untuk mencegah stretch marks saat dan setelah kehamilan, beberapa cara ini bisa dicoba.

Baca Juga: 4 Tips Hilangkan Strecth Mark, Dari Perawatan Klinik Hingga Rumahan

Kontrol berat badan

Satu cara paling ampuh untuk mencegah munculnya stretch marks di masa kehamilan adalah dengan menjaga berat badan sehat Anda. Stretch marks bisa muncul ketika kulit Anda melar dalam waktu singkat yang disebabkan karena naiknya berat badan.

Stretch marks pun juga bisa muncul pada seseorang yang kehilangan berat badan secara cepat juga. Maka dari itu, penting untuk menghindari perubahan berat badan terjadi secara cepat dan berusaha mengontrol berat badan ideal Anda.

Konsumsi makanan kaya nutrisi

Stretch marks juga bisa muncul pada seseorang yang kekurangan nutrisi dalam tubuh. Memakan makanan kaya nutrisi bisa menjadi cara untuk mencegah munculnya stretch marks pada tubuh.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein serta vitamin C, D, dan E. Laman Health Line juga menyebutkan bahwa makanan yang mengandung zinc atau zat besi, seperti kacang-kacangan dan ikan, efektif membantu menutrisi kesehatan kulit.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Serum yang Ampuh Memudarkan Stretch Mark, Aman untuk Ibu Hamil

Tetap terhidrasi

Minum air dalam jumlah cukup bisa membantu tubuh terhindar dari risiko munculnya stretch marks. Sebab dengan mengonsumsi air dalam jumlah cukup, kulit juga akan mendapatkan nutrisi yang membuatnya lembut dan terhidrasi.

Yang mana kondisi tersebut bisa membuat risiko munculnya stretch marks berkurang. Kurangi juga jenis minuman yang mengandung kafein agar kulit tidak mudah kering. Sebab kulit yang kering rawan mengalami “keretakan” saat melar.

Olahraga

Stretch marks yang muncul di masa kehamilan bisa disebabkan karena kurangnya aktivitas olahraga. Padahal, olahraga di masa kehamilan bisa mencegah perubahan berat badan secara cepat yang memicu munculnya stretch marks.

Mengutip laman Byrdie, berolah raga secara rutin bisa memperbaiki sirkulasi dan memperbaiki tampilan kulit yang lebih sehat. Sebelum melakukan olahraga saat hamil, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dulu, ya, Moms.

Segera lakukan perawatan dini

Saat stretch marks muncul di masa kehamilan, sebaiknya langsung lakukan perawatan dini. Cara ini bisa membantu menyamarkan tampilan stretch marks agar tidak menjadi makin parah di kemudian hari.

Anda bisa menggunakan krim khusus stretch marks atau menggunakan beberapa perawatan tubuh lainnya. Produk yang mengandung bahan-bahan seperti retinoid, centella asiatica, dan hyaluronic acid, bisa jadi pilihan untuk mengatasi stretch marks di masa kehamilan.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah munculnya stretch marks di masa kehamilan. Selamat mencoba, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News