Bugar

Jaga Kesehatan Mental lewat Tanaman Hias yuk, Begini Caranya

Jaga Kesehatan Mental lewat Tanaman Hias yuk, Begini Caranya

MOMSMONEY.ID - Tak hanya mempercantik ruangan, ternyata tanaman hias bisa bermanfaat untuk kesehatan khususnya kesehatan mental. 

Banyak penelitian yang telah membuktikan, tanaman hias dapat membantu meningkatkan kadar oksigen, mengurangi racun, dan mencegah penyebaran penyakit melalui udara.

Nyatanya, tanaman hias ternyata juga dapat dijadikan sebagai self healing untuk menjaga kesehatan mental.

Dalam acara talkshow FLOII Expo 2023 pada Minggu (1/10), Anjasmara, aktor dan model Indonesia, menyampaikan soal manfaat tanaman untuk kesehatan. 

"Setiap tanaman bisa menjadi healer (penyembuh). Bisa menjadi obat bagi pikiran, hati dan penyakit yang kita miliki," kata Anjasmara dalam siaran pers yang diterima MOMSMONEY, Senin (2/10). 

"Saat merawat tanaman, kita memberikan vibes positif bagi tanaman dan tanaman juga memberikan vibes positif kepada diri kita," ujar dia.

Baca Juga: Segudang Khasiat Miracle Leaf, Cek 9 Manfaat Cocor Bebek untuk Kesehatan

Menurut Anjasmara, tanaman juga bisa menghasilkan musik. Pasalnya, beberapa musisi telah membuktikannya dengan memasangkan alat khusus pada tanaman. 

Dari eksperimen tersebut tampak bahwa tanaman menghasilkan musik yang indah. Ketika seseorang mendengarkan musik, akan meningkatkan mood yang mendengarkan.

Anjasmara juga mengklaim, merawat tanaman hias dapat mengurangi stres. Pasalnya, saat pikiran dan tubuh rileks ,maka penyerapan oksigen akan menjadi baik yang dapat membantu penyembuhan diri. 

Baginya, ada dua tanaman hias terbaik untuk menyembuhkan diri dari penyakit. "Platycerium dan Aroid adalah dua jenis tanaman hias terbaik untuk self healing," sebut Anjasmara.

Sekadar informasi, Anjasmara memang memiliki hobi menanam dan merawat tanaman sejak 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News