Santai

Cara Merawat Peace Lily di Air dengan Mudah, Simak Keuntungannya

Cara Merawat Peace Lily di Air dengan Mudah, Simak Keuntungannya

MOMSMONEY.ID - Peace lily merupakan salah satu tanaman hias yang bisa tumbuh di air. Cara merawat peace lily di air dapat Anda simak di artikel ini.

Menumbuhkan peace lily di dalam air merupakan hal yang mudah. Namun, tak semua orang mengetahui cara merawat peace lily di air yang benar. 

Menanam peace lily di air adalah cara terbaik untuk menangani tanaman ini tanpa mengkhawatirkan media tanam dan wadah besar. 

Baca Juga: Cara Memasukkan Bunga ke Dalam Vas, Simak 7 Tips Mudah Ini

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini cara menumbuhkan peace lily di air. 

1. Pilih Peace Lily yang sehat 

Pilih tanaman lily perdamaian yang masih muda atau pisahkan anakan dari tanaman induk dengan akar yang kurang berkembang tetapi dedaunan yang cerah untuk perbanyakan air.

Hal ini dikarenakan tanaman yang sudah mapan akan kesulitan beradaptasi dengan media tanam baru.

2. Pilih Vas

Dapatkan wadah yang bersih dan bening untuk menanam bunga lili perdamaian di dalam air. Ukurannya harus cukup besar untuk menampung akar tanaman dan memberikan ruang untuk pertumbuhan. Vas atau toples kaca bisa digunakan untuk tujuan ini.

3. Isi Wadah dengan Air

Isi wadah dengan air suling atau air saring. Hindari menggunakan air keran, karena bahan kimia dan mineral di dalamnya dapat membahayakan tanaman. 

Diamkan air selama satu atau dua hari agar klorin hilang.

Baca Juga: 9 Tanaman Hias Pembawa Rezeki dan Nasib Baik, Cocok Dirawat di Tempat Kerja

4. Persiapkan tanaman 

Keluarkan bunga lili perdamaian dari potnya dengan hati-hati, hati-hati jangan sampai merusak akarnya. Bilas perlahan tanah dari akar dengan air mengalir untuk mengekspos sistem akar.

5. Tempatkan Tanaman di Dalam Air

Rendam akar spathiphyllum ke dalam wadah berisi air. Daunnya harus tetap berada di atas permukaan air.

6. Berikan cahaya tidak langsung 

Tempatkan wadah di lokasi yang menerima cahaya terang dan tidak langsung. Hindari menaruhnya di bawah sinar matahari langsung karena dapat menghanguskan daun tanaman.

7. Pertahankan ketinggian air 

Periksa ketinggian air secara teratur dan jaga agar tetap konsisten. Pastikan akar selalu terendam air. Tambahkan air seperlunya untuk mempertahankan tingkat yang sesuai.

8. Ganti air secara berkala 

Setiap dua hingga tiga minggu sekali, ganti air dalam wadah untuk mencegah genangan dan penumpukan alga. Bilas wadah secara menyeluruh sebelum diisi ulang dengan air bersih.

9. Pantau kesehatan tanaman 

Perhatikan tanda-tanda kesehatan atau stres pada spathiphyllum. Akar yang sehat akan tampak putih dan kencang. Jika akar berubah warna menjadi coklat atau lembek, ini mungkin mengindikasikan busuk akar, dan tanaman harus dikeluarkan dari air dan dipindahkan ke dalam tanah.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Jarang Ditemui, Cocok di Musim Hujan

Cara Merawat Peace Lily di Air 

- Gunakan pupuk seimbang yang larut dalam air, dan tambahkan sejumput pupuk ke dalam stoples setiap 4 hingga 5 kali penggantian air. Ini sudah lebih dari cukup untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

- Setiap beberapa bulan, ada gunanya bilas akar bunga lili perdamaian di bawah air mengalir untuk menghilangkan akumulasi garam atau sisa pupuk. Ini membantu mencegah potensi ketidakseimbangan nutrisi dan menjaga kesehatan tanaman.

- Bilas dan bersihkan wadah secara teratur untuk mencegah pertumbuhan alga atau bakteri.

- Buang segera daun yang berwarna kuning atau coklat untuk menjaga penampilan dan kesehatan tanaman secara keseluruhan. Pemangkasan juga membantu meningkatkan sirkulasi udara di sekitar tanaman.

- Periksa secara berkala akar bunga lili perdamaian apakah ada tanda-tanda pembusukan atau busuk akar. Jika Anda melihat akar berwarna coklat atau lembek, ini mungkin menandakan adanya masalah. 

Jika demikian, keluarkan tanaman dari air, potong akar yang terserang, dan pindahkan ke air tawar atau tanah jika perlu.

Manfaat Peace Lily di Air 

- Bunga lili perdamaian yang ditanam di air membutuhkan lebih sedikit perawatan dibandingkan tanaman yang tumbuh di tanah. Tidak perlu mengkhawatirkan kualitas tanah, jadwal penyiraman, atau potensi hama dan penyakit yang terkait dengan tanaman yang ditanam di tanah.

Baca Juga: Tanaman Hias untuk Menjaga Rumah Tetap Sejuk Selama Musim Panas

- Menanam bunga lili perdamaian di air menghilangkan kebutuhan akan pot atau pekebun, sehingga cocok untuk ruangan kompak seperti meja, rak, atau kusen jendela sebagai hiasan tengah.

- Bunga lili perdamaian yang ditanam di air menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal penempatan dan dekorasi. Mereka dapat dengan mudah dipindahkan ke lokasi berbeda tanpa perlu repot direpoting.

- Anda bisa bereksperimen dengan berbagai wadah dan elemen dekoratif untuk menciptakan tampilan unik.

Jadi itulah beberapa cara merawat peace lily di air dengan mudah. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News