Santai

Cara Menyiram Tanaman Indoor yang Benar, Panduan agar Subur dan Sehat

Cara Menyiram Tanaman Indoor yang Benar, Panduan agar Subur dan Sehat

MOMSMONEY.ID - Tanaman indoor adalah penyemangat ruangan, membawa keindahan alam ke dalam rumah Anda dan memperbaiki kualitas udara. Namun, tahukah Anda cara menyiram tanaman indoor yang benar?

Ada beberapa cara menyiram tanaman indoor yang benar, lho. Cara menyiram tanaman indoor yang benar ini untuk memastikan tanaman indoor tetap sehat dan subur. 

Penyiraman yang salah bisa membuat tanaman indoor mudah layu dan mati. Untuk itu, penting menyimak cara menyiram tanaman indoor yang benar. 

Baca Juga: 5 Tanaman Tahan Cuaca Panas, Pilihan Tepat untuk Dirawat di Rumah

Nah, berikut panduan langkah demi langkah untuk cara menyiram tanaman indoor yang benar. 

1. Pilih Wadah Tanaman yang Sesuai

Pastikan pot atau wadah tanaman Anda memiliki lubang pembuangan air di bagian bawahnya. Lubang ini memungkinkan kelebihan air untuk mengalir keluar, mencegah tanaman tergenang air.

2. Pilih Media Tanam yang Tepat

bunga di air

Pastikan media tanam atau tanah pot yang Anda gunakan memiliki kemampuan drainase yang baik. Campuran tanah pot yang umum digunakan adalah campuran tanah taman, pasir, dan bahan organik seperti serbuk gergaji atau sekam.

3. Perhatikan Jadwal Penyiraman

Jadwal penyiraman bervariasi tergantung pada jenis tanaman dan kondisi lingkungan. Tetapi, sebagai aturan umum, biarkan lapisan atas tanah mengering sebelum menyiram lagi. Sentuh tanah dengan ujung jari Anda; jika terasa kering, saatnya untuk menyiram.

4. Gunakan Air Suhu Ruangan

Sebaiknya gunakan air yang memiliki suhu kamar, bukan air dingin langsung dari keran. Air dingin dapat streskan akar tanaman.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Tanaman yang Bisa Bantu Anda Tidur Nyenyak

5. Siram dengan Penuh Perhatian

Saat menyiram, usahakan untuk memasukkan air secara merata di sekitar tanaman, bukan hanya pada satu titik. Ini membantu mencegah akar tergenang dan memastikan kelembaban meresap merata.

6. Hindari Penyiraman Berlebihan

Salah satu kesalahan umum adalah penyiraman berlebihan. Ini dapat menyebabkan akar tanaman membusuk. Pastikan air tidak menumpuk di baki atau wadah tempat tanaman ditempatkan.

7. Periksa Lubang Pembuangan Air

Setelah menyiram, periksa lubang pembuangan air di pot atau wadah tanaman. Pastikan tidak ada genangan air yang tertinggal.

8. Sejukkan Air Sebelum Digunakan

Air yang dibiarkan menduduki wadah beberapa jam sebelum digunakan memungkinkan klorin menguap, yang dapat merusak tanaman.

9. Catat Kebutuhan Tanaman Anda

Setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda. Beberapa tanaman lebih suka kelembaban tinggi, sementara yang lain membutuhkan sedikit air. Pelajari kebutuhan spesifik tanaman Anda dan tindaklanjuti.

Baca Juga: Tips Menanam Tanaman Herbal Indoor, Bisa Jadi Hiasan Cantik di Rumah

10.  Gunakan Pemupuk Secara Berkala

Selain air, tanaman indoor juga memerlukan nutrisi. Berikan pupuk cair atau pupuk butiran dengan berdasarkan pada rekomendasi untuk jenis tanaman Anda.

Dengan memperhatikan panduan ini, Anda akan dapat menyiram tanaman indoor dengan benar, memastikan tanaman tetap sehat, tumbuh subur. 

Itulah beberapa cara menyiram tanaman indoor yang benar agar tanaman tetap sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News