Santai

Cara Menjaga Kucing Tetap Sehat Berdasarkan Tips dari Dokter Hewan

Cara Menjaga Kucing Tetap Sehat Berdasarkan Tips dari Dokter Hewan

MOMSMONEY.ID - Menjaga kucing Anda tetap sehat dan bahagia dimulai dengan beberapa langkah sederhana. Ada beberapa cara menjaga kucing tetap sehat menurut dokter hewan. 

Kebiasaan-kebiasaan ini dapat membantu menjaga kucing tetap sehat. Anda perlu melakukan beberapa tips ini untuk menjaga kucing tetap sehat. 

Nah, berikut ini cara menjaga kucing tetap sehat menurut tips dari dokter hewan :

Baca Juga: Begini Cara Menemukan Kucing yang Hilang, Simak Tips Mencari Menurut Ahli

1. Sisir Kucing Anda Setiap Hari

Menyikat atau menyisir bulu setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah bola bulu yang terbentuk di saluran pencernaan dan membantu mencegah bulu kusut, terutama pada kucing berbulu panjang.

Kucing menghabiskan banyak waktu untuk merawat diri sendiri, dan pemilik hewan peliharaan mungkin tidak tahu bahwa mereka sebenarnya dapat membantu kucing mereka dengan menghilangkan bulu yang rontok melalui penyikatan secara teratur.

2. Jangan Memberi Kucing Anda Terlalu Banyak Makanan Kering

Kucing Makan

Tidak seperti anjing, kucing adalah karnivora obligat, yang berarti mereka mengandalkan daging sebagai makanan pokok mereka.

Memberi kucing makanan kering secara eksklusif dapat menyebabkan mereka mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, yang dapat menjadi tidak sehat dalam jumlah besar.

Jika Anda memiliki anjing dan kucing, Anda tidak dapat memberi mereka makanan yang sama. Makanan anjing tidak baik untuk kucing, dan kucing juga tidak dapat memetabolisme karbohidrat seperti anjing.

Pertimbangkan untuk memberi makan makanan basah sebagai bagian, jika tidak semua, dari makanan kucing Anda.

3. Perhatikan Rasa Haus Kucing Anda

Kucing domestik berevolusi dari kucing gurun, jadi kucing secara alami tidak minum air sebanyak anjing. Idealnya, kucing harus mendapatkan sebagian besar air dari makanan.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kucing Demam Tanpa Termometer untuk Pertolongan Pertama

Makanan kaleng mengandung sekitar 78% air, tetapi makanan kering hanya mengandung 5% hingga 10% air secara rata-rata.

Memberikan air segar kepada kucing Anda setiap saat penting, apa pun jenis makanannya. Namun, Anda mungkin melihat kucing Anda minum lebih banyak saat mereka lebih banyak makan makanan kering.

Kucing tua, kucing menyusui, dan kucing dengan kondisi kesehatan kronis lebih rentan mengalami dehidrasi daripada kucing lain. Jadi, perhatikan baik-baik tanda-tanda seperti mata cekung, lesu, dan terengah-engah.

4. Sediakan Kotak Pasir dalam Jumlah yang Cukup

Berkaitan dengan tempat buang air, Werber mengatakan aturan praktis yang baik adalah menyediakan satu kotak pasir untuk setiap kucing, ditambah satu kotak pasir tambahan.

Jadi, jika Anda memiliki tiga kucing, Anda harus menyiapkan empat kotak pasir. Anda juga harus memikirkan dengan saksama di mana kotak-kotak tersebut akan diletakkan.

5. Latih Kucing Menggunakan Tiang Garukan

Tidak ingin sofa baru Anda rusak? Ajari kucing Anda untuk menggunakan tiang garukan agar mereka tidak mencakar furnitur Anda.

Jika Anda meletakkannya di sudut yang jauh dari keramaian di rumah, kucing Anda akan mudah mengabaikannya. Taburkan catnip pada penggaruk saat Anda pertama kali membawanya pulang, saran dokter hewan.

Tonton: 6 Aturan Diet ala Orang Jepang Tanpa Menyiksa Tubuh, Penuh Gizi dan Tak Bikin Lapar

Setelah hewan peliharaan Anda terbiasa menggunakannya, Anda dapat memindahkannya secara bertahap ke tempat yang jarang dilalui dan tidak menggunakan catnip jika diinginkan.

6. Sterilkan Kucing

Tidak ada yang lebih bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang kucing Anda selain mengebiri atau mensterilkannya. 

Mengebiri dan mensterilkan juga dapat membantu menjaga kucing Anda tetap aman. Karena kucing jantan yang tidak dikebiri sering berkelahi, mereka berisiko menularkan penyakit melalui gigitan dan cakaran.

ucing betina dapat hamil sejak usia empat bulan, dan mengawinkan serta mengawinkan banyak anak kucing bisa sangat menegangkan. Dan karena ada begitu banyak kucing yang tidak diinginkan di tempat penampungan yang menunggu rumah selamanya, lebih baik tidak menambah populasi.

Jadi, itulah beberapa informasi mengenai cara menjaga kucing tetap sehat berdasarkan tips dari dokter hewan. Selamat mencoba! 

 

Selanjutnya: 6 Zodiak yang Suka Berhubungan Seks, Gairahnya Tak Terkendali!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News