Santai

Cara Memandikan Kucing Pertama Kali dengan Tenang dan Aman

Cara Memandikan Kucing Pertama Kali dengan Tenang dan Aman

MOMSMONEY.ID - Kucing memiliki reputasi yang baik sebagai hewan yang sangat higienis dan bersih. Bagi Anda pemilik anabul seperti kucing, berikut ini cara memandikan kucing pertama kali dengan tenang dan aman.

Seperti diketahui, kucing sangat susah untuk dimandikan dengan air. Artikel ini memberikan tips dan cara memandikan kucing pertama kali. 

Tidak sulit untuk menyadari bahwa kebanyakan kucing lari karena takut air, meskipun ada beberapa ras yang menganggapnya menyenangkan dan bahkan mengasyikkan.

Baca Juga: Daftar Bunga yang Beracun untuk Kucing Peliharaan di Sekitar Rumah

Mengutip Animal Wised, banyak dokter hewan menyarankan untuk tidak memandikan kucing kecuali benar-benar diperlukan, dan selalu setelah berusia minimal tiga bulan dan telah diberi vaksin. Ini karena mandi dapat dengan mudah membuat mereka sakit.

Namun, Anda mungkin tidak pernah memandikan kucing Anda karena mereka tidak membutuhkannya. Cuma, sebagai kucing dewasa, ada situasi-situasi di mana mereka perlu dimandikan dengan baik. 

Berikut kondisi dimana Anda harus memandikan kucing:

- Memiliki kutu dan perlu memandikannya dengan sampo khusus. 

- Bulu kucing terkena cat, minyak, bensin dan lain-lain. 

- Kucing terkena kurap. 

- Kucing memiliki alergi atau infeksi kulit. 

- Kucing jalanan yang perlu dimandikan sebelum dibawa pulang. 

kucing tidur di kamar mandi

Apa pun alasannya, memandikan kucing bisa jadi traumatis bagi mereka dan Anda jika Anda melakukannya dengan cara yang salah. Jadi, Anda perlu mengetahui cara memandikan kucing pertama kali. 

Berikut ini tips dan cara memandikan kucing pertama kali:

1. Anda harus tenang. Gejala stres atau kekhawatiran apa pun dalam diri Anda, kecenderungan apa pun terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, akan mudah dideteksi oleh kucing. Ini akan meningkatkan kewaspadaan mereka.

2. Carilah seseorang dalam keluarga untuk membantu Anda memandikan kucing Anda, antara keduanya akan lebih mudah.

3. Sepanjang proses, Anda harus bersikap penuh kasih sayang, berbicara kepada kucing Anda dengan kata-kata manis, dan jangan pernah memaksakan situasi.

4. Persiapkan terlebih dahulu. Sediakan dua handuk (satu untuk mengeringkan dan satu untuk digaruk kucing), sampo khusus kucing, beberapa wadah, pengering rambut, dan wadah (untuk transportasi).

5. Anda harus menyediakan waktu yang cukup untuk mandi, karena bisa memakan waktu satu jam. Tergantung pada berapa biaya yang dibutuhkan untuk meyakinkan hewan bahwa semuanya baik-baik saja.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kotak Kotoran Kucing atau Litter Box

6. Pastikan seluruh lingkungan tenang.

7. Belai kucing agar mereka bisa rileks.

8. Baik Anda memandikannya di ember atau baskom, wastafel atau bak mandi, ukurannya harus cukup besar untuk menampung kucing. Namun, jangan isi mangkuk hingga penuh dengan air, cukup sampai mencapai perut hewan.

9. Airnya harus hangat - lebih mendekati suhu ruangan daripada dingin atau panas.

10. Setelah selesai, Anda harus mengeringkan hewan dengan handuk lalu gunakan pengering rambut pada suhu rendah, jauhkan dari tubuh kucing agar tidak terbakar. 

Jika mereka takut dengan pengering rambut, letakkan mereka di dalam kandang dan biarkan pengering rambut mengalir melalui pintu. Dalam hal ini, mainan, atau makanan ringan apa pun, untuk mencegah kucing mengaitkan kandang dengan sesuatu yang negatif.

11. Jika mereka menjerit dan mencakar, bersabarlah dan pahamilah . Mandikan mereka dengan cepat.

12. Jangan sekali-kali membasahi mata, telinga, hidung atau kepala mereka, mandikan mereka dari leher ke bawah.

13. Berikan mereka mainan favorit sehingga mereka merasa aman dan menafsirkannya sebagai aktivitas yang menyenangkan dan positif.

14. Hindari menggunakan semburan air langsung dari keran, karena kekuatannya akan membuat hewan takut.

Setelah Anda berhasil memandikan kucing dan mengeringkan bulunya, Anda harus mulai menyisirnya untuk menghilangkan bulu mati yang mungkin tersisa.

Baca Juga: 7 Alasan Kucing Suka Tidur di Kamar Mandi

Bergantung pada jenis bulu kucing Anda, Anda harus memilih satu jenis sikat atau lainnya, serta mengikuti rutinitas penyikatan tertentu. 

Menyikat kucing secara teratur sangat penting untuk mencegah rumah kita dibanjiri bulu. Namun, yang terpenting, jangan sampai mendorong terbentuknya bola-bola bulu di perutnya.

Saat menjilati, kucing secara tidak sengaja menelan bulu mati yang belum kita singkirkan, sehingga menghasilkan bola-bola bulu yang menakutkan dan membuatnya bergerak-gerak untuk mengeluarkannya.

Berikan perawatan terbaik kepada kucing Anda dan Anda akan memiliki hewan yang sehat dan bahagia di sisi Anda.

Nah, itulah beberapa cara memandikan kucing pertama kali. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News