Keluarga

Ini Cara Membersihkan Talenan Pakai Lemon dan Garam

Ini Cara Membersihkan Talenan Pakai Lemon dan Garam

MOMSMONEY.ID - Talenan adalah benda yang wajib ada dan sering kali kotor di daur. Lalu bagaimana cara membersihkan talenan? 

Talenan adalah sebuah papan yang biasanya terbuat dari kayu. Papan ini sering digunakan untuk memotong bawang, buah, sayuran bahkan hingga jadi dasar untuk memarinasi daging. Dengan banyaknya tugas talenan, tentu alat yang satu ini sangat mudah kotor. 

Baca Juga: Promo Kredivo, Tukar Struk Belanja di Jakarta Fair dengan Hadiah hingga Rp 300.000

Namun, Moms bisa membersihkan talenan hanya dengan menggunakan lemon dan garam lo. Solusi ini bisa Anda gunakan untuk memberikan efek bersih yang mendalam dibanding mencucinya dengan sabun cuci piring. Sebab jika menggunakan sabun cuci piring, biasanya masih ada bakteri dan noda yang tertinggal pada serat kayu. 

Melansir Woman and Home, ada hacks yang bisa digunakan untuk membersihkan talenan. Anda cukup menggunakan lemon dan garam. Setelah membersihkan dan membilas talenan, ambil lemon yang sudah dipotong setengah. 

Kemudian gunakan setengah lemon tersebut dengan garam untuk menggosok permukaan talenan. Cara ini secara alami bisa menjadi desinfektan dan menghilangkan sisa kotoran yang tertinggal di talenan. 

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Tekstur Kulit yang Sering Muncul

Lemon berfungsi sebagai agen pembersih serta penghilang bau tak sedap pada talenan. Kemudian, garam memiliki sifat abrasif dan bertindak sebagai desinfektan yang lembut yang bagus untuk mengangkat noda dan menghilangkan bakteri. 

Setelah menggunakan cara membersihkan talenan ini, Moms juga disarankan untuk melumuri talenan dengan minyak kelapa. Minyak kelapa berfungsi membuat kayu lebih terlindungi. Cara ini juga bisa digunakan untuk membersihkan alat makan kayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News