Santai

Cara Menghilangkan Hama Tanaman yang Merugikan agar Tidak Merusak Lainnya

Cara Menghilangkan Hama Tanaman yang Merugikan agar Tidak Merusak Lainnya

MOMSMONEY.ID - Hama tanaman menjadi musuh bersama pecinta tanaman. Berikut ini terdapat cara menghilangkan hama tanaman yang merugikan.

Ada beragam cara menghilangkan hama tanaman yang merugikan agar tidak merusak tanaman lainnya. 

Cara menghilangkan hama tanaman ini dapat Anda simak di artikel berikut ini. 

Baca Juga: 8 Tanaman Sukulen Berwarna Hitam yang Unik dan Tidak Seperti Biasanya

1. Kubur

Salah satu pilihan teraman untuk membuang bagian tanaman adalah dengan menguburnya jauh di dalam tanah. Tumpuk bagian yang rusak pada kedalaman minimal 3-4 kaki di dalam tanah agar jamur dan bakteri dapat terurai dengan baik di dalam tanah.

Pastikan untuk menggali kuburan di tempat yang jauh, karena beberapa hama berbahaya membutuhkan waktu lebih lama untuk dimusnahkan dan mungkin menginfeksi tanaman lain. Selain itu, jangan lupa untuk mendisinfeksi semua peralatan berkebun Anda.

2. Bakar 

Baca Juga: 12 Tanaman Hias Meningkatkan Produktivitas dan Semangat Bekerja

Membakar tanaman yang sakit adalah pilihan yang baik karena akan langsung menghancurkan organisme mematikan tersebut. 

Jika tumpukannya sangat kecil, Anda dapat membakarnya di halaman terbuka. Pastikan untuk berbicara dengan pihak berwenang jika akumulasi melebihi batas pembakaran.

3. Segel dan Buang ke Tempat Sampah

Menyegel bagian tanaman yang sakit adalah pilihan paling mudah karena dapat menghilangkan kekacauan akibat penggalian dan pembakaran. Pastikan Anda menggunakan dua kantong sampah agar segelnya pas dan rapat. Taruh di tempat sampah dan kencangkan tutupnya.

Sebaiknya hindari memasukkan bagian tanaman yang sakit ke dalam kompos, karena penyakit atau serangga yang sama dapat bertahan hidup di tumpukan dan kemudian berpindah kembali ke tanaman lain.

Baca Juga: 15 Tanaman Mirip Monstera yang Bentuk Daun Hampir Serupa Tapi Tak Sama

Di sisi lain, Anda dapat memanfaatkan gulma dalam kompos tanpa khawatir.

Jika stek belum sepenuhnya rusak, Anda dapat memotong bagian yang rusak dan menggunakannya untuk memperbanyak tanaman baru. Untuk amannya, simpanlah di pot yang berbeda, jauh dari tanaman lain, sampai tanaman tersebut berkembang dan tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan hama tanaman yang merugikan agar tidak merusak tanaman lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News