Santai

8 Tanaman Sukulen Berwarna Hitam yang Unik dan Tidak Seperti Biasanya

8 Tanaman Sukulen Berwarna Hitam yang Unik dan Tidak Seperti Biasanya

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda mengetahui tentang tanaman sukulen berwarna hitam? Ternyata, ada beberapa tanaman sukulen berwarna hitam. 

Tanaman sukulen berwarna hitam berikut ini memiliki bentuk yang sama seperti pada umumnya. 

Akan tetapi, yang membedakan hanyalah warnanya yang hitam. Berikut tanaman sukulen berwarna hitam:

Baca Juga: Daftar 10 Tanaman Dalam Ruangan yang Bisa Berubah Warna

1. Mawar Hitam

Roset Zwarktop memiliki warna ungu tua dengan tekstur lilin, memberikan tampilan hitam mengkilat dan menjadikannya salah satu sukulen hitam terbaik untuk ditanam. 

Daunnya menjadi gelap jika tanaman terkena sinar matahari langsung. Jadi, jika Anda ingin dedaunannya berubah menjadi hitam pekat, tanamlah di bawah sinar matahari penuh.

2. Giok Cina

Pola mirip mawar pada tanaman ini memiliki dedaunan berdaging berwarna ungu tua hingga hijau tua, yang terlihat hampir hitam. Menyebar dengan cepat dan membentuk kelompok daun bertangkai kecil. Anda juga bisa memperbanyaknya dari daun dalam wadah.

3. Haworthia Marxii

Tanaman sukulen yang tumbuh lambat ini memiliki dedaunan berwarna ungu kehijauan tua yang membuatnya tampak agak hitam. Tanaman langka dan mahal ini dapat diperbanyak dengan offset, biji, atau stek.

Baca Juga: 13 Tanaman Hias Indoor untuk Mengatasi Kecemasan dan Depresi

4. Anacampsros Purple Giant

Tanaman sukulen abadi yang tahan kekeringan ini menghasilkan mawar menarik dengan daun ungu kehijauan tua dan bunga berwarna putih hingga ungu. Selama musim dingin, tanaman ini menjadi tidak aktif di iklim dingin dan tidak memerlukan penyiraman sampai tanah menjadi kering.

5. Pricklypear Berduri Hitam

Sukulen lebat ini terdiri dari bantalan berdaging dan berwarna-warni yang menarik. Ia memiliki duri ungu yang berubah menjadi ungu tua jika ditekan, yang terlihat berwarna hitam dari kejauhan. Sukulen tahan dingin ini tingginya bisa mencapai 2-4 kaki.

6. Ksatria Hitam Echeveria

Daunnya yang gemuk dan berwarna ungu tua membuat sukulen ini tampak hitam. Tanaman ini juga dikenal menghasilkan bunga berwarna merah karang jika ditanam di bawah sinar matahari penuh.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Paling Banyak Dicari di Google Tahun 2024

7. Haworthia Nigra

Jenis Haworthia lainnya, memiliki daun kasar berwarna hijau tua dan abu-abu yang tampak hitam. Sukulen tegak ini mencapai ketinggian 4 inci. Ini adalah salah satu sukulen hitam terbaik untuk ditanam di dalam ruangan!

8. Mexican Hens and Chicks

Echeveria ini menghasilkan mawar selebar 3 inci dengan warna hijau tua. Namun saat mencapai kematangan, warnanya berubah menjadi coklat lavendel yang dalam, tampak seperti hitam.

Nah, itulah beberapa tanaman sukulen berwarna hitam yang unik dan tidak seperti biasanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News