Santai

Cara Menggunakan Chat Audio Grup WhatsApp, Bikin Obrolan Jadi Lebih Seru

Cara Menggunakan Chat Audio Grup WhatsApp, Bikin Obrolan Jadi Lebih Seru

MOMSMONEY.ID - WhatsApp secara resmi telah merilis fitur chat audio grup WhatsApp. Hal ini memungkinkan pengguna melakukan percakapan langsung dengan lebih lancar. 

Cara menggunakan chat audio grup WhatsApp juga cukup mudah. Chat audio grup WhatsApp ini berbeda dengan panggilan suara dan catatan suara. 

Fitur baru ini tidak menelepon setiap anggota grup satu per satu saat obrolan suara dimulai. 

Sebaliknya, pengguna akan menerima notifikasi senyap, dan dapat memilih untuk bergabung dalam obrolan suara kapan saja.

Baca Juga: Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui Siapapun, Intip Tipsnya

Menurut WhatsApp, fitur baru tersebut tidak terlalu mengganggu bagi orang-orang yang sedang sibuk atau tidak ingin diganggu. Selain itu, fitur obrolan suara baru juga memudahkan orang untuk masuk dan keluar dari percakapan sesuai kebutuhan. 

Misalnya, jika seseorang sedang rapat tetapi perlu keluar selama beberapa menit, mereka cukup mengetuk gelembung obrolan untuk keluar dari obrolan suara. Jika sudah siap untuk kembali, mereka dapat mengetuk gelembung chat lagi untuk bergabung kembali. 

Mirip dengan fitur obrolan suara di Discord, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk bergabung dan keluar kapan saja. Kontrol panggilan terletak di bagian atas obrolan grup, sehingga pengguna dapat terus mengirim pesan saat obrolan suara sedang berlangsung.

Nah, berikut ini cara bergabung dengan chat audio grup WhatsApp beserta caranya.

Cara Menggunakan Chat Audio Grup WhatsApp

1. Buka obrolan grup tempat Anda ingin memulai obrolan suara.

2. Ketuk ikon telepon di sudut kanan atas layar.

3. Ketuk Mulai Obrolan Suara.

4. Anggota grup akan menerima pemberitahuan push yang mengundang mereka untuk bergabung dalam obrolan suara.

5. Anda dapat melihat siapa saja yang telah bergabung dalam obrolan suara pada spanduk di bagian bawah layar.

6. Untuk meninggalkan obrolan suara, cukup ketuk tombol Palang Merah.

Baca Juga: 30 Twibbon Milad Muhammadiyah ke 111, Simpan dan Bagikan Bingkai Fotonya

WhatsApp mencatat bahwa fitur obrolan suara baru mendukung multitasking, memungkinkan pengguna mengontrol panggilan dan mengirim pesan teks secara bersamaan. 

Mereka juga dienkripsi secara end-to-end, artinya hanya Anda dan peserta lain yang dapat melihat dan mendengar percakapan tersebut.

Khususnya, WhatsApp meluncurkan obrolan suara untuk grup dengan 33 hingga 128 peserta di perangkat iOS dan Android dalam beberapa minggu mendatang. Grup dengan anggota kurang dari 33 tidak akan dapat menggunakan fitur ini pada awalnya karena mereka dapat menggunakan fitur panggilan suara grup WhatsApp yang sudah ada. 

Selain itu, fitur ini hanya tersedia di perangkat utama Anda, dan anggota grup yang tidak tergabung dalam obrolan suara dapat melihat profil orang-orang yang ada dalam obrolan suara dari header obrolan dan tab Panggilan. 

Baca Juga: Cara Edit Video di WhatsApp, Bisa Menambahkan Teks hingga Gambar

Obrolan suara akan berakhir secara otomatis setelah semua orang keluar dari obrolan, atau jika tidak ada seorang pun yang bergabung dengan orang pertama atau terakhir dalam obrolan selama 60 menit.

Jadi itulah cara menggunakan chat audio grup WhatsApp yang bisa menambah obrolan menjadi lebih seru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News