Santai

Cara Menggunakan Fitur Privacy Checkup WhatsApp, Bikin Lebih Aman

Cara Menggunakan Fitur Privacy Checkup WhatsApp, Bikin Lebih Aman

MOMSMONEY.ID - Privasi adalah topik hangat di era digital dimana informasi, jika tidak diamankan dengan baik, dapat dengan mudah jatuh ke tangan yang salah. 

WhatsApp adalah salah satu platform tempat pertukaran informasi setiap hari dan memastikan privasi dan keamanan percakapan dan akun Anda sangatlah penting.

Oleh karena itu, WhatsApp memberikan fitur privacy checkup yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengamankan chat dan data yang ada. 

Baca Juga: Mudah, Inilah 2 Cara Kirim Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri lewat Link dan Kontak

Cara menggunakan fitur privacy checkup cukuplah mudah. Anda dapat menggunakan fitur privacy checkup WhatsApp untuk memeriksa keamanan yang ada di aplikasi. 

Fitur pemeriksaan privasi di WhatsApp memungkinkan Anda mengubah pengaturan privasi dan keamanan akun sesuai keinginan Anda. Ia mengumpulkan semua pengaturan ini dalam satu halaman, membuatnya mudah ditemukan dan dikelola.

WhatsApp

Memulai pemeriksaan privasi di WhatsApp itu mudah dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah sederhana. Di Android, fitur Pemeriksaan Privasi dapat diakses dengan mengetuk tiga titik di pojok kanan atas layar dan memilih Pengaturan > Privasi. 

Di iPhone, ini dapat diakses hanya dengan mengetuk Pengaturan > Privasi. Setelah itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeklik Mulai Pemeriksaan pada spanduk di atas, dan Anda dapat mulai mengelola pengaturan Privasi Anda semua dalam satu halaman.

Mengutip Make Use Of, berikut ini cara menggunakan fitur privacy checkup WhatsApp. 

1. Pilih siapa yang dapat menghubungi Anda

Fitur Pilih Siapa yang Dapat Menghubungi Anda memungkinkan Anda membatasi orang lain untuk menghubungi Anda di WhatsApp dengan memungkinkan Anda membungkam panggilan, memblokir kontak, dan mengontrol siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup untuk menghindari spam.

Baca Juga: 5 Cara Cek HP Android Diretas, Waspadai Tanda Antimainstream Ini

Yang pertama adalah pengaturan Grup, yang memungkinkan Anda mengontrol kontak mana yang dapat menambahkan Anda ke grup WhatsApp. Pengaturannya diatur ke Semua Orang secara default, namun jika Anda ingin mengubahnya, Anda dapat memilih Kontak Saya atau Kontak Saya Kecuali. 

Opsi terakhir memungkinkan Anda menghentikan hanya kontak tertentu yang menambahkan Anda ke grup.

2. Kontrol Info Pribadi

Dengan pengaturan Kontrol Info Pribadi Anda, Anda dapat membatasi jumlah orang yang dapat melihat foto profil dan status online Anda. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan Last Seen dan Read Receipts.

Pengaturan pertama adalah Read Receipts, yang memungkinkan Anda mematikan centang biru di WhatsApp sehingga kontak tidak tahu kapan Anda sudah membaca pesan. Menonaktifkan Tanda Terima Telah Dibaca berarti tidak ada pihak yang dapat melihat kapan pesan mereka telah dibaca.

3. Tambahkan Lebih Banyak Privasi ke Obrolan 

Pengaturan Tambahkan Lebih Banyak Privasi ke Obrolan Anda memungkinkan Anda membatasi akses ke pesan dan media yang Anda kirim melalui WhatsApp dan memperkuat privasi dan keamanan percakapan Anda.

Pengguna iPhone menikmati privasi tambahan di WhatsApp dengan pengaturan Tampilkan Pratinjau yang memungkinkan mereka mengontrol apakah mereka melihat teks pesan pratinjau di dalam pemberitahuan pesan baru di WhatsApp.

4. Tambahkan Lebih Banyak Perlindungan ke Akun

Fitur terakhir dari Pemeriksaan Privasi WhatsApp memungkinkan Anda menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun Anda dengan memungkinkan Anda melindungi WhatsApp dengan ID Wajah atau kunci sidik jari. 

Baca Juga: 25 Ucapan Hari Pelanggan Nasional 2023 untuk Jadi Caption dan Konten Sosmed

Anda dapat mengakses pengaturan ini di Pemeriksaan Privasi dengan mengetuk Kunci Sidik Jari di Android atau Kunci Layar di iOS, lalu aktifkan tombolnya.

Anda juga dapat mengatur verifikasi dua langkah sehingga jika seseorang mencoba mendaftarkan nomor telepon Anda di perangkat lain, mereka akan diminta memasukkan PIN yang Anda terima pada nomor telepon Anda. Anda dapat mengaktifkan pengaturan ini dengan mengetuk Verifikasi Dua Langkah lalu tombol Nyalakan. 

Nah itulah beberapa cara menggunakan fitur privacy checkup WhatsApp yang bisa membantu mengamankan pesan atau chat Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News