Santai

Cara Mengatasi HP Jatuh ke Air, Ini Tips Pertolongan Pertama

Cara Mengatasi HP Jatuh ke Air, Ini Tips Pertolongan Pertama

MOMSMONEY.ID - Jika ponsel atau tablet Anda terjatuh ke air, jangan khawatir, perangkat Anda mungkin belum rusak secara permanen. Artikel ini akan membantu Anda mengatasi hp jatuh ke air. 

Ada beberapa tips yang wajib Anda lakukan untuk mengatasi hp jatuh ke air. 

Anda harus bertindak cepat untuk mencegah air merusak komponen internal. Lalu, bagaimana cara mengatasi hp jatuh ke air?

Baca Juga: 4 Cara Reset HP Android dan iPhone dengan Benar, Cek Petunjuknya

Mengutip Make Use Of, berikut ini cara mengatasi hp jatuh ke air yang bisa Anda lakukan. 

1. Jangan Langsung Menghidupkan Ponsel yang Basah 

Air dan listrik tidak bisa akur; perangkat yang basah dapat menyebabkan korsleting dan bahkan menyebabkan Anda tersengat listrik. Air dapat menyebabkan kerusakan pada layar dan meresap ke dalam bezel, celah di bawah layar, dan ke dalam rongga baterai. Semua situasi ini dapat merusak perangkat Anda secara serius jika tidak ditangani dengan tepat.

Jadi, jika ponsel cerdas atau tablet Anda mati dan mati dengan sendirinya, tahan keinginan untuk menyalakannya kembali. Jika masih menyala, segera matikan untuk mencegah potensi kerusakan. Matikan sampai Anda benar-benar mengeringkannya.

Sebagian besar perangkat Android dapat dimatikan dengan menekan lama tombol daya dan memilih Matikan dari menu mematikan. Untuk mengakses layar mati di iPhone atau iPad modern, tekan dan tahan tombol samping dan salah satu tombol volume secara bersamaan. Jika Anda memiliki perangkat Apple lama dengan tombol Home fisik, Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol samping.

2. Segera Keringkan 

Setelah mematikan ponsel atau tablet Anda, keringkan terlebih dahulu bagian luarnya semaksimal mungkin untuk mencegah lebih banyak air masuk ke perangkat Anda. Hindari penggunaan tisu atau benda lain yang dapat meninggalkan residu.

Ini yang perlu Anda lakukan :

- Jika perangkat Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, keluarkan dari kompartemennya. Kemudian, letakkan di permukaan yang rata dan tepuk perlahan dengan kain kering untuk menyerap kelembapan.

- Keluarkan kartu SIM dan kartu SD (jika sedang digunakan), keringkan dengan kain tidak berbulu, dan simpan di tempat yang aman.

Baca Juga: Mudah, Simak 4 Cara Reset HP Android dan iPhone dengan Benar

- Keringkan baterai, kartu SIM, dan slot kartu SD (sebagaimana berlaku) dengan kain tidak berbulu untuk menyerap sisa air. Hal ini mencegah air merembes ke dalam dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

- Seka tetesan air di sepanjang tepi layar. Periksa lubang sekrup, bezel, dan seluruh bagian luar ponsel atau tablet Anda untuk memastikan kering.

- Letakkan ponsel atau tablet Anda di ruangan yang hangat atau di luar ruangan pada hari yang hangat. Hindari sinar matahari langsung atau panas terik, karena dapat merugikan.

- Hindari penggunaan sumber panas seperti pengering rambut, karena dapat merusak baterai perangkat dan komponen lainnya; biarkan mengering.

Dengan mengikuti tips berikut, Anda dapat mengeringkan bagian luar perangkat dalam hitungan menit. Tunda untuk menyalakannya untuk saat ini, karena mungkin masih ada air di dalamnya.

3. Buang Sisa Air 

Port USB, jack audio, dan speaker merupakan titik rawan air yang mudah meresap. Jika Anda mengabaikan titik ini, menyalakan kembali ponsel atau tablet dengan air di dalamnya dapat menyebabkan kerusakan.

Mulailah dengan mengeringkan port USB dan jack audio ponsel cerdas Anda, jika ada. Gunakan kain tidak berbulu untuk menyerap kelembapan dari bukaan; jangan meniupkan udara ke dalam lubang atau menyambungkan pengisi daya atau headphone, karena dapat mendorong air ke dalam.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dengan Ganti Baterai hingga Update OS

Anda bisa menggunakan gel silika untuk menghilangkan sisa air dari speaker dan tempat lain. Ini adalah penghilang kelembapan yang umum digunakan untuk membantu mencegah kerusakan basah pada barang elektronik. 

Cukup beli gel silika dari toko setempat, tempatkan perangkat Anda dalam wadah kedap udara atau tertutup rapat, lalu masukkan paket gel silika atau sebarkan manik-manik lepas secara merata ke dalam wadah.

Sebaiknya biarkan perangkat Anda berada di dalam gel silika selama 24 hingga 48 jam. Jika Anda tidak bisa menunggu selama itu, tunggu setidaknya 12 jam agar gel memiliki waktu yang cukup untuk menyerap kelembapan.

Hindari menggunakan mangkuk nasi untuk mengeringkan perangkat Anda; hal ini mungkin lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Selain itu, hindari membongkar ponsel Anda untuk membersihkan air di dalamnya. Hal ini dapat membuat sirkuit internal terkena air dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Setelah ponsel cerdas Anda benar-benar kering dan memastikan semua sisa air telah terkuras, diamkan selama beberapa jam. Terakhir, coba nyalakan. Jika Anda berhasil menyalakannya, Anda sudah siap. Namun jika gagal menyala, Anda memerlukan bantuan ahli.

4. Bawa ke Tempat Service 

Jika ponsel atau tablet Anda tidak menyala, atau Anda ragu untuk menyalakannya, bawalah ke pusat layanan terdekat dan periksakan. Jika perangkat keras tidak dapat diperbaiki, satu-satunya pilihan adalah menggantinya.

Nah itulah cara mengatasi hp jatuh ke air yang bisa Anda lakukan untuk pertolongan pertama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News