Keluarga

Cara Mencuci Handuk yang Tepat, Jangan Kebanyakan Pakai Pelembut

Cara Mencuci Handuk yang Tepat, Jangan Kebanyakan Pakai Pelembut

MOMSMONEY.ID - Selain frekuensi mencuci, cara mencuci handuk yang tepat juga penting untuk menjaga kualitas handuk.

Melansir Woman and Home, Anda disarankan untuk mencuci handuk setiap setelah digunakan tiga kali. Namun jika Anda beraktivitas berat, maka harus mencuci lebih sering lagi.

Kini pertanyaannya, bagaimana cara mencuci handuk yang tepat? 

Mengikuti cara mencuci handuk dengan tepat membantu Anda mempertahankan kualitas handuk. Ini berarti Anda bisa menjaga kelembutan dan daya serap handuk. Simak cara mencuci handuk dengan tepat!

Mencuci di suhu yang tepat

Mungkin Anda berpikir mencuci handuk dengan air panas bisa membunuh bakteri. Namun para ahli menyarankan untuk mencuci handuk dengan air bersuhu maksimal 40 derajat Celcius untuk handuk yang sering dipakai dan dicuci. 

Sesekali, Anda juga diperbolehkan mencuci dengan air panas dengan suhu maksimal hingga 60 derajat Celcius. Jika Anda mencuci dengan mesin cuci, pilih pengaturan yang paling ringan. 

Baca Juga: Moms, Ini Sederet Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah pada Wanita

Hindari memenuhi mesin cuci

Untuk mendapatkan hasil terbaik saat mencuci handuk, Anda disarankan untuk tidak memenuhi kapasitas mesin cuci. Jadi diperbolehkan mencuci handuk bersamaan dengan baju namun pastikan mesin tidak terlalu penuh. 

Mesin cuci yang terlalu penuh, seluruh pakaian akan jadi lembap dan pergerakannya menjadi tidak bebas. Ini akan membuat handuk jadi mudah bau dan kasar. 

Mencuci handuk secara terpisah

Cara mencuci handuk yang lebih tepat adalah memisahkannya dengan pakaian lain. Mencuci handuk dengan pakaian bisa membuat bakteri berpindah ke setiap barang yang dicuci. 

Selain itu mencuci handuk saja bisa membuat handuk lebih mudah kering. Jangan lupa untuk menggoyangkan handuk sebelum memindahnya ke mesin pengering untuk membantu memperbaiki struktur serat handuk. 

Jangan terlalu banyak menggunakan pelembut pakaian

Menggunakan pelembut pakaian saat akhir siklus mencuci bisa meningkatkan kelembutan serat. Namun terlalu banyak menggunakan produk pelembut dapat mengurangi kemampuan penyerapan handuk karena pelembap akan menutupi serat handuk.

Baca Juga: Siap Weekend! 10 Destinasi Wisata Kota Semarang Terpopuler 2023 yang Wajib Dikunjungi

Hilangkan noda sesegera mungkin

Menghilangkan noda sesegera mungkin bisa sangat efektif untuk mencegah noda membekas pada handuk. Namun jangan pernah menggunakan pemutih untuk membersihkan noda pada handuk. 

Keringkan handuk dengan tepat

Anda harus benar-benar memastikan tidak ada kelembapan yang tersisa saat handuk sudah selesai di jemur. Sebab handuk yang lembap adalah tempat pengembangbiakan bakteri dan jamur yang sangat baik. 

Lipat handuk 

Melipat handuk Anda tidak hanya bisa menghemat ruang penyimpanan di lemari. Melipat handuk ternyata juga bagus untuk memastikan handuk memiliki bentuk yang tetap bagus. 

Demikian cara mencuci handuk yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Selanjutnya: Mahfud MD Ingatkan Jelang Pemilu Rawan Terjadi Korupsi: Banyak Politik Uang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News