Keluarga

Begini Cara Menjaga Handuk Tetap Wangi Setelah Digunakan

Begini Cara Menjaga Handuk Tetap Wangi Setelah Digunakan

MOMSMONEY.ID - Solusi mencegah bau tak sedap pada handuk, begini cara bikin handuk tetap wangi.

Handuk adalah salah satu benda penting di dalam rumah yang perlu dijaga kebersihannya. Selain itu, handuk juga harus tetap kering. 

Sebab, handuk lembap rentan jadi tempat pertumbuhan bakteri yang bisa menimbulkan bau tak sedap.

Melansir Real Simple, Anda bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau dengan pendekatan holistik. 

Baca Juga: Inilah 3 Manfaat Sebum untuk Kulit yang Harus Anda Tahu

Cara membuat handuk tetap wangi dan segar setelah digunakan

1. Sanitasi mesin cuci Anda

Jika Anda mencuci handuk Anda di mesin cuci yang kotor, maka Anda akan semakin sulit menghilangkan bau tak sedap pada handuk. Sehingga, pastikan mesin cuci Anda bersih supaya handuk lebih segar setelah dicuci.

Setiap orang melepas sekitar 1 miliar sel kulit mati setiap hari. Kulit mati ini sebagian besar menempel di pakaian, handuk dan mesin cuci. Alhasil, kebersihan mesin cuci juga perlu dijaga. 

Sebelum mencuci handuk, sebaiknya kosongkan terlebih dahulu mesin cuci kemudian tuang secangkir pemutih dan nyalakan mesin. Ini akan membersihkan tabung mesin cuci.

2. Bersihkan handuk secara menyeluruh

Untuk membuat handuk benar-benar wangi dan segar, pastikan Anda mencuci dengan ekstra. Caranya, cuci handuk maksimal 3 lembar di mesin cuci dengan air panas. 

Pasang pengaturan mencuci dengan waktu yang paling lama. Kemudian, gunakan detergen ditambah cuka atau essential oil. Anda juga bisa menambahkan pelembut kain. Keringkan handuk setelah dicuci.

Baca Juga: Lakukan 5 Perawatan Tubuh Alami Ini Sebelum Tidur, Apa Saja?

3. Pastikan Anda mandi dengan bersih

Gosok dengan lembut saat Anda menggunakan sabun. Terutama, bagian yang sering berkeringat seperti ketiak, kaki dan selangkangan. Ini akan menghilangkan keringat dan minyak tubuh sehingga tidak menempel ke handuk. 

4. Selalu jemur handuk Anda setelah digunakan

Untuk membuat handuk Anda tidak mudah bau dan tetap wangi setelah digunakan adalah menggantung atau menjemur dengan benar. Pastikan handuk dijemur dengan terbentang lebar tanpa ada lipatan.

5. Gunakan handuk maksimal tiga kali sebelum dicuci

Jika handuk Anda masih berbau tak sedap, itu tandanya masih ada bakteri di handuk. Silakan bersihkan mesin cuci lagi atau cuci kembali handuk Anda. 

Selain itu, untuk menjaga handuk tetap berbau segar sebaiknya sering cuci handuk Anda. Maksimal gunakan handuk hanya 3 kali setelah itu cuci. 

Demikian cara menjaga handuk Anda tetap segar dan wangi setelah digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News