Keluarga

Begini Cara Tepat Mencuci Talenan Menurut Para Ahli

Begini Cara Tepat Mencuci Talenan Menurut Para Ahli

MOMSMONEY.ID - Mencuci talenan secara rutin sangat penting untuk tidak dilewatkan. Yuk intip bagaimana cara tepat mencuci talenan menurut para ahli!

Talenan adalah benda yang sangat penting di dapur dan digunakan setiap hari. Sehingga tentu saja talenan kerap kotor dan perlu dibersihkan secara rutin. 

Melansir Woman and Home, ternyata cara tepat mencuci talenan tidak hanya sekedar mengelap, menggosok atau merendamnya. Faktanya, jika Anda ingin memiliki talenan yang bebas bakteri, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk mencuci talenan. 

Baca Juga: Mirip Instagram Story, Begini Cara Membuat Postingan Teks TikTok Pakai Fitur Baru

Kepala Chef Campbells Prime Meaat Stevie Cheape mengatakan sebelum membahas cara mencuci talenan dengan tepat, Anda perlu memilih jenis talenan yang tepat untuk menjaga keamanan makanan dan saling mengkontaminasi. Talenan kayu dan plastik memberikan efek yang berbeda. 

Talenan kayu adalah jenis talenan yang cukup populer, karena tampilannya yang estetikk dan sifat anti-mikroba alaminya. Bagaimanapun, dengan tekstur alami kayu, noda dan partikel kecil makanan sangat mudah tersangkut. 

Talenan kayu membutuhkan cara mencuci yang menyeluruh untuk membersihkan kotoran dari teksturnya dan perlu sesekali diolesi dengan minyak dalam perawatannya. 

Talenan plastik, di sisi lain, lebih mudah untuk dibersihkan dan lebih aman untuk jangka waktu panjang. Tidak sesulit talenan kayu yang perlu dibersihkan secara menyeluruh dan membutuhkan perawaatan khusus. Talenan plastik juga lebih aman untuk memoting daging karena meminimalisir pertumbuhan bakteri. 

Namun, jika saat ini Anda menggunakan talenan kayu maka ada beberapa cara mencuci yang perlu Anda perhatikan. 

Begini cara tepat mencuci talenan kayu

Cuci setiap selesai digunakan
Mulai dengan menghilangkan remah-remah makanan yang masih menempel pada talenan. Kemudian cuci menggunakan air sabun hangat dan gunakan sikat untuk membersihkan permukaan. 

Kemudian biarkan talenan kayu mengering. Pastikan benar-benar dalam kondisi kering sebelum menyimpannya di tempat tertutup. 

Rutin menggunakan disinfektan untuk talenan kayu
Gunakan disinfektan alami untuk membersihkan talenan kayu. Anda bisa menggunakan cuka putih. Cukup campurkan cuka dan air dengan perbandingan 50:50. 

Tuangkan campuran air cuka tersebut ke seluruh permukaan talenan. Diamkan beberapa menit kemudian bilas talenan dengan air hangat hingga cuka hilang. 

Gunakan garam dan lemon untuk noda dan bau membandel
Anda bisa mengolesi seluruh permukaan talenan dengan garam kasar. Kemudian gunakan setengah buah lemon untuk menggosok permukaan talenanan. 

Baca Juga: Sinopsis Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti, Ungkap Cerita Sisi Anak Pertama

Asam dari lemon yang bercampur dengan sifat abrasif garam akan menghilangkan baru dan noda membandel di talenan kayu. Kemudian diamkan selama 20 menit dan bilas. 

Ampelas dan minyaki talenan kayu
Anda disarankan untuk mengampelas talenan kayu setiap satu kali sebulan untuk menghilangkan bekas goresan pisau. cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda atau area kasar yang menumpuk. 

Selain itu jangan lupa olesi talenan kayu dengan minyak mineral setiap bulan atau setiap kali Anda menggunakan garam atau mengampelas talenan. Rutin mengolesi minyak khusus atau minyak yang aman untuk makanan ke permukaan talenan akan menjaga konisinya dan mencegah pertumbuhan bakteri. 

Demikian cara tepat mencuci talenan kayu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News