Santai

Cara Menanam Tanaman Kuping Gajah, Simak Juga Tips Perawatannya

Cara Menanam Tanaman Kuping Gajah, Simak Juga Tips Perawatannya

MOMSMONEY.ID - Kuping gajah merupakan tanaman hias yang dikenal karena memiliki daun yang besar dan lebar. Cara menanam tanaman kuping gajah sebenarnya cukup mudah. 

Namun, untuk menanam tanaman kuping gajah, Anda perlu memerhatikan beberapa hal. Semua tanaman kuping gajah merupakan tanaman tropis yang ditanam karena pengaruhnya yang dramatis dan dedaunan yang subur. 

Kuping gajah dapat ditanam sebagai tanaman hias tetapi juga sebagai tanaman luar ruangan. Lalu, bagaimana cara menanam tanaman kuping gajah?

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Kuping Gajah yang Benar, Perhatikan 5 Hal Ini

Cara Menanam Tanaman Kuping Gajah 

Mengutip The Spruce, Anda dapat membeli tunas kuping gajah. Kemudian tanam tunasnya dalam tanah yang hangat. 

Anda juga bisa menanam tanaman kuping gajah di dalam pot, lalu dipindahkan ke luar pot setelah tanah menghangat. 

Sebagai tumbuhan lahan basah, kuping gajah menyukai banyak air. Hal ini menjadikannya tanaman yang baik untuk area basah di mana tukang kebun biasanya kesulitan menemukan tanaman yang cocok. 

Untuk mencapai kondisi tanah yang tepat, Anda mungkin harus memasukkan kompos ke dalam tanah sebagai persiapan sebelum penanaman.

Tanam kuping gajah sedalam sekitar 4 inci. Jika Anda menanam banyak tanaman, beri jarak tanaman setidaknya 2 kaki untuk kultivar yang lebih kecil dan 4 kaki untuk varietas yang lebih besar.

Tanaman yang tumbuh cepat ini akan mencapai ukuran penuhnya dalam waktu dua bulan.

Baca Juga: Ingin Menghijaukan Tempat Tinggal? Pelihara 6 Tanaman Hias Berdaun Lebar Ini

Cara Menanam Tanaman Kuping Gajah dari Biji

1. Taburkan benih di atas campuran awal benih. Taburkan perlahan campuran awal benih di atasnya—jangan menutupi benih sepenuhnya dengan campuran tanah.

2. Semprotkan bagian atas tanah dengan botol gerimis dan jaga agar campuran tetap lembap, tetapi tidak basah.

3. Bibit dapat muncul paling cepat setelah tiga minggu atau paling lambat delapan minggu. Simpan baki di lokasi dengan cahaya tidak langsung namun terang.

Cara Agar Kuping Gajah Mekar 

Tanaman kuping gajah akan mekar jika sudah mencapai kematangan (biasanya pada musim tanam ketiga) dan jika kondisi pertumbuhannya sempurna. 

Kebanyakan tukang kebun membuang bunga apa pun yang terbentuk sehingga seluruh energinya dapat digunakan untuk menghasilkan daun yang lebih menarik. Jika Anda membiarkan bunganya tetap di tanaman, bunga tersebut akan berkembang menjadi kumpulan buah beri berwarna merah, kuning, atau oranye.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tanaman Hias Indoor yang Berukuran Kecil

Cara terbaik untuk menanam kuping gajah sebagai tanaman hias agar mekar adalah dengan membawanya ke luar ruangan dan menempatkannya di tempat yang hangat, sebagian terkena sinar matahari, dan banyak air.

Tanaman kuping gajah bisa ditanam sebagai tanaman hias di dalam ruangan, asalkan diberi titik terang dengan cahaya tidak langsung. 

Tempat yang sempurna adalah di dekat jendela yang terang dan cerah dengan paparan selatan atau barat, tetapi tidak langsung di ambang jendela.

Sinar matahari langsung akan membakar daun. Jagalah agar tanah selalu lembab dan semprotkan tanaman untuk memberikan kelembapan.

Nah begitulah cara menanam tanaman kuping gajah beserta tips perawatannya dengan mudah. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News