Santai

Cara Menanam Pohon Pisang di Pot yang Cocok untuk Lahan Sempit

Cara Menanam Pohon Pisang di Pot yang Cocok untuk Lahan Sempit

MOMSMONEY.ID - Pada umumnya pohon pisang ditanam di perkarangan luas. Akan tetapi, ada solusi bagi Anda yang tidak memiliki perkarangan luas. Terdapat cara menanam pohon pisang di pot. 

Cara menanam pohon pisang di pot dapat Anda simak untuk mencoba ditanam di lahan sempit. 

Menanam pohon pisang di pot adalah cara mudah untuk menyertakan tanaman tropis berdaun besar yang menakjubkan ini di rumah dan kebun Anda, terutama jika Anda tidak memiliki banyak ruang atau tinggal di daerah beriklim dingin.

Tidak hanya buahnya, Anda juga dapat menanamnya karena daunnya yang besar dan indah.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Sayuran dalam Pot Cocok Ditanam di Bulan September

Jika Anda berencana menanam tanaman ini menggunakan umbi, tunas, atau pohon muda yang bisa Anda beli di pembibitan tanaman, dibutuhkan waktu 8-15 bulan untuk menghasilkan buah. 

Namun, pohon pisang bahkan dapat berbuah lebih awal dalam 5 hingga 7 bulan setelah ditanam jika Anda membeli pohon muda dari pusat tanaman jika Anda menanamnya di iklim hangat yang mendukung. 

Atau, ini akan memakan waktu lebih lama, tergantung pada varietas tertentu yang Anda pilih untuk ditanam dan kondisi pertumbuhannya, misalnya, jika Anda tinggal di iklim dingin.

Kisaran suhu yang tidak tepat, cahaya yang tidak memadai, kurangnya kelembapan, dan kekurangan nutrisi dapat memperlambat pembuahan pohon pisang secara signifikan. 

Selain itu, perlu diingat bahwa meskipun beberapa varietas menghasilkan buah yang dapat dimakan, yang lain tidak, seperti Musa basjoo, yang tidak menghasilkan buah yang enak.

Pisang adalah tanaman hijau subur yang tumbuh cepat dan dapat memberikan nuansa tropis pada tempat mana pun.

Banyak varietasnya menjadi tanaman hias yang sangat baik yang tidak membutuhkan banyak perawatan dan tumbuh dengan sangat cepat.

Berikut cara menanam pohon pisang di pot:

Baca Juga: Daftar Sukulen Terbaik untuk Pemula dengan Perawatan Mudah dan Praktis

1. Matahari 

Pohon pisang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di dunia dan menyukai sinar matahari penuh, panas, dan kelembapan. Jika Anda menanam pohon pisang, simpanlah di tempat yang terkena sinar matahari hampir sepanjang hari tetapi terlindung dari angin kencang.

2. Tanah 

Pohon pisang memerlukan media tanam yang memiliki drainase baik. Jika Anda membuatnya di rumah, pastikan untuk mencampur pasir atau perlite dengan kompos atau pupuk kandang. Gunakan tanah berpasir yang kaya akan bahan organik dan kompos.

Pisang membutuhkan tanah yang sedikit asam hingga netral untuk menghasilkan pisang yang kaya kalium dan bergizi. pH tanah harus sekitar 6-7. Jika tanah Anda terlalu basa, gunakan sulfur untuk menurunkan pH.

3. Pengairan 

Tanaman pisang menyukai kelembapan. Anda harus menyiramnya secara teratur selama musim panas agar tetap lembap secara merata dan konsisten. 

Tanaman pisang mungkin perlu disiram bahkan dua kali sehari dalam cuaca panas dengan suhu mencapai di atas 100 F (38 C) di musim panas atau saat akarnya terikat. Jadi, siram pohon secara teratur dan menyeluruh tetapi hindari genangan air.

Baca Juga: Cara Menanam Bawang di Pot dengan Mudah Beserta Perawatan yang Harus Dicatat

Perawatan pohon pisang di pot 

1. Kelembaban

Tanaman pisang lebih menyukai tingkat kelembaban di atas 50 persen tetapi juga tidak keberatan tumbuh di udara kering.

Semprotkan air ke tanaman dan letakkan di atas lapisan kerikil dalam nampan berisi air jika tanamannya kecil dan jika Anda menanamnya di dalam ruangan.

2. Pupuk

Pisang merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan memerlukan banyak pupuk untuk tumbuh dengan kekuatan penuh. Beri pupuk yang kaya kalium, nitrogen, dan magnesium serta unsur-unsur lainnya pada tanaman muda–pupuk apa pun yang seimbang sudah cukup.

Selain itu, beri pupuk kandang yang sudah lapuk dua kali setahun pada pot tersebut.

Setelah pohon pisang dalam pot cukup matang untuk menghasilkan buah, mulailah memberinya pupuk nitrogen rendah yang seimbang seperti 8-10-10 atau 8-10-8 mengikuti petunjuk produsen.

Baca Juga: Cara Menanam Edamame di Pot dalam Rumah biar Bisa Dipanen dengan Mudah

3. Hama dan penyakit 

Beberapa hama yang mungkin menyerang tanaman pisang adalah kutu daun, tungau laba-laba, kumbang pisang, dan kutu sisik kelapa. Hama-hama ini dapat dengan mudah dibasmi menggunakan pestisida organik.

Untuk mencegah sebagian besar penyakit, hindari penyiraman tanaman yang berlebihan atau kurang.

4. Suhu 

Tanaman ini tumbuh paling baik dalam kisaran suhu yang stabil dan lebih menyukai cuaca kontinental, pesisir, dan tropis. Tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah dalam kisaran suhu hangat 50 hingga 104 F (10 hingga 40 C).

Nah, itulah beberapa cara menanam pohon pisang di pot yang cocok untuk lahan sempit. 

Selanjutnya: Harga Emas Antam Naik Rp 10.000 ke Rp 1.491.000 Per Gram, Selasa (8/10) Sore

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News