Santai

Cara Menanam Bunga Bougenville di Tanah dan Pot, serta Perawatannya

Cara Menanam Bunga Bougenville di Tanah dan Pot, serta Perawatannya

MOMSMONEY.ID - Bougainvillea adalah tanaman merambat tropis yang memukau dengan warna-warna cantik seperti merah muda neon, persik, merah, dan putih. Ada cara menanam bunga bougenville di tanah dan pot.

Bunga yang unik ini terdiri dari bunga-bunga kecil berwarna putih atau krem ​​yang dikelilingi oleh daun pelindung berwarna cerah atau daun yang dimodifikasi. Cara menanam bunga bougenville di tanah dan pot sangatlah mudah. 

Bougainvillea tidak mempermasalahkan tanah yang buruk, panas, atau kekeringan setelah tumbuh.

Baca Juga: Sering Ditemui, Ini 7 Masalah Bunga Mawar dalam Pot Beserta Solusinya

Di daerah beriklim dingin, Anda dapat menanam tanaman merambat yang indah ini sebagai tanaman tahunan atau tanaman hias

Lalu, bagaimana cara menanam bunga bougenville di tanah dan pot? Berikut caranya :

Tanaman Bugenvil

Untuk menanam bugenvil dalam pot, pastikan pot memiliki lubang untuk drainase yang baik sehingga tanaman tidak tergenang air. Teralis juga merupakan ide yang bagus untuk penyangga.

Perhatikan tingkat kelembapan, periksa pot setiap hari saat cuaca panas.

Tanaman merambat yang indah ini dapat dilatih untuk memanjat teralis atau punjung taman, tetapi juga dapat digunakan sebagai penutup tanah di tempat yang terkena sinar matahari. Anda juga dapat menanamnya di pagar sebagai penyekat privasi.

Baca Juga: Begini Cara Menanam Ubi Jalar di Pot, Tidak Perlu Lahan Luas

Tanaman ini dapat dipangkas kapan saja selama musim tanam. Ingatlah ukuran yang ingin Anda pertahankan di lokasi yang telah Anda pilih dan potong sesuai ukuran tanaman. 

Penting untuk diketahui bahwa beberapa jenis bugenvil memiliki duri yang tajam, jadi kenakan sarung tangan saat memegang tanaman ini; durinya dapat menyebabkan kerusakan serius jika Anda tidak terlindungi. Namun, ada kultivar baru yang tidak berduri.

Cara Merawat Tanaman Bougenville

1. Sinar matahari

Bunga kertas membutuhkan sinar matahari penuh, yang berarti enam jam atau lebih sinar matahari langsung per hari. Bunga kertas tidak akan mekar di tempat yang teduh atau sebagian teduh.

2. Air

Tanaman ini tidak suka tanah yang basah. Jika ditanam di tanah, pastikan tanahnya memiliki drainase yang baik. Tanaman ini perlu disiram secara mendalam dan sering saat pertama kali ditanam, tetapi setelah tumbuh, tanaman bugenvil tahan terhadap kekeringan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memasukkan Bunga ke Dalam Vas agar Tidak Layu? Begini Tipsnya

3. Pupuk

Beri pupuk tanaman Anda pupuk lepas lambat yang seimbang. Hindari pupuk yang mengandung banyak nitrogen, yang merupakan angka pertama dalam informasi NPK pada produk, kata Harrison. Pupuk cair yang larut dalam air juga dapat digunakan, tetapi tidak pada setiap penyiraman.

Beberapa pupuk diberi label khusus untuk bugenvil, yang merupakan ide bagus jika Anda ingin memastikan Anda menggunakan rasio nutrisi yang ideal.

Itulah beberapa cara menanam bunga bougenville di tanah dan pot beserta cara merawatnya. 

Selanjutnya: Resep Wedang Ronde Jahe Hangat yang Cocok Dikonsumsi di Kala Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News