Santai

Cara Memperbanyak Bunga Hydrangea, Yuk Coba Ikuti 2 Teknik Mudah Ini

Cara Memperbanyak Bunga Hydrangea, Yuk Coba Ikuti 2 Teknik Mudah Ini

MOMSMONEY.ID - Hydrangea memiliki bunga yang besar dan indah yang bertahan selama berbulan-bulan. Bagi Anda yang ingin memperbanyak bunga hydrangea, Anda dapat menyimak artikel ini.

Cara memperbanyak bunga hydrangea cukuplah mudah. Anda hanya perlu mengikuti tiga teknik mudah di artikel ini. 

Mengutip bhg.com, hydrangea terbaik untuk diperbanyak adalah tanaman yang kuat dan sehat. Itu harus bebas dari hama dan penyakit. 

Baca Juga: 8 Tanaman Terbaik untuk Ruang Olahraga, Jadi Penambah Udara Segar dan Sejuk

Tanaman baru yang dihasilkan dari stek, layer, atau pembelahan akan memiliki ciri-ciri yang sama dengan tanaman induknya, jadi pilihlah tanaman untuk diperbanyak yang memiliki kebiasaan tumbuh dan bentuk bunga yang menyenangkan.

Berikut ini cara memperbanyak bunga hydrangea :

1. Dari Stek Batang 

Pertengahan musim semi atau awal musim panas adalah waktu terbaik untuk mengambil potongan hydrangea. 

Tanaman hydrangea aktif tumbuh pada periode ini dan cepat menghasilkan akar baru.

Ambil stek dari hydrangea sehat yang bebas hama dan penyakit.

Bunga hortensia

Langkah 1 : Dengan menggunakan pemangkas yang tajam dan bersih, potong potongan sepanjang 5 hingga 6 inci dari ujung cabang yang idealnya tidak berbunga tahun lalu. 

Langkah 2 : Buang dua daun terbawah dari potongan. Ini memperlihatkan simpul-simpul daun, tempat akar-akar baru akan muncul.

Langkah 3 : Potong sisa daun menjadi setengah ukurannya. Mengurangi ukuran daun mengurangi tekanan pada tanaman untuk mendukung pertumbuhan daun. 

Sebaliknya, tanaman dapat mendorong sumber daya untuk membentuk akar baru.

Baca Juga: 15 Tanaman Hias Indoor Mirip Buket Bunga yang Cocok Jadi Dekorasi

Langkah 4 : Celupkan ujung potongan batang ke dalam hormon perakaran. 

Meskipun hormon rooting tidak penting, hormon ini mempercepat proses rooting. Tanam potongan di tanah pot yang lembab, kubur dua ruas daun paling bawah.

Langkah 5 : Siram panci dengan baik dan biarkan hingga terkuras seluruhnya. Kemudian tutup dengan plastik bening seperti kantong plastik.

Tambahkan patok jika diperlukan untuk mencegah plastik menyentuh potongan. 

Jangan menyiram lagi kecuali bagian atas tanah sudah kering.

Lepaskan penutup plastik dan biarkan tanaman terus mengembangkan sistem akar barunya. Repot sesuai kebutuhan, tanam hydrangea baru dalam wadah yang lebih besar atau pindahkan ke lanskap.

2. Dari Lapisan Tanah 

Semua hydrangea dapat diperbanyak dengan melapisi tanah. Tanaman dengan batang yang panjang dan fleksibel paling mudah untuk ditumbuk.

Musim semi atau awal musim panas adalah waktu terbaik untuk memperbanyak menggunakan metode ini.

Baca Juga: 6 Jenis Tanaman Sukulen Paling Unik dan Ngetren, Wajib Disimak!

Langkah 1: Pilih batang yang panjang dan fleksibel di tepi luar hydrangea yang sehat dan tumbuh aktif.

Langkah 2: Tekuk dahan secara perlahan ke arah tanah sehingga bagian dahan sepanjang 5 hingga 6 inci di dekat bagian tengah panjangnya menyentuh tanah. 

Buang daun di bagian sepanjang 5 hingga 6 inci ini. Menghapus daun memperlihatkan simpul daun. Akar baru akan terbentuk pada ruas daun.

Langkah 3: Gunakan pisau tajam untuk mengikis perlahan lapisan tipis kulit kayu di bagian bawah dahan tempat daunnya dibuang. Hati-hati jangan sampai mengganggu ruas daun.

Langkah 4: Gali parit sedalam 2 inci dengan panjang sekitar 6 inci. 

Tempatkan bagian batang hydrangea yang sudah disiapkan di parit dan tutupi dengan tanah. Tempatkan batu atau batu bata yang berat di atas dahan yang terkubur agar tetap di tempatnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aglonema Tiga Warna Terbaik yang Wajib Ditanam di Rumah

Langkah 5: Jaga agar bagian yang terkubur tetap lembap dan sesedikit mungkin mengganggunya. Dua hingga tiga minggu setelah mengubur cabang, periksa akar baru.

Singkirkan batu atau bata dan pindahkan tanah ke dalam parit dengan hati-hati. Jika Anda tidak melihat akar baru, tarik perlahan dahannya. Jika ia memberikan perlawanan, akar baru akan terbentuk. 

Gunting batang yang berakar dari tanaman induk dan masukkan bagian yang berakar ke dalam wadah atau di kebun. Siram dengan lembut dan teratur hingga sistem akar baru yang kuat terbentuk.

Jadi itulah beberapa tips untuk memperbanyak bunga hydrangea dengan mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News