Santai

Apa Arti Tanda Centang di Telegram? Simak Penjelasannya

Apa Arti Tanda Centang di Telegram? Simak Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Telegram menawarkan perpesanan gratis tanpa batas, fitur praktis untuk mengobrol melalui teks, suara, dan video, serta aplikasi untuk setiap perangkat. Namun, tahukah Anda apa arti tanda centang di Telegram?

Salah satu aspek umum Telegram yang membingungkan adalah arti tanda centang. Sebenarnya, apa arti tanda centang di Telegram?

Saat Anda mengirim pesan di Telegram, satu atau dua tanda centang akan muncul di bawahnya, tergantung statusnya. 

Tanda centang ini menyampaikan informasi berguna, jadi jika Anda tidak yakin apa arti simbol-simbol ini di Telegram, simak artikel ini.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows secara Keseluruhan

Mengutip Make Use Of, centang di Telegram artinya memberi tahu pengguna jika pesan berhasil dikirim atau dibaca oleh pihak lain. 

Di Telegram, Anda akan melihat ikon jam di bawah pesan saat aplikasi mengirimkannya. Jika proses tersebut berhasil, ikon ini berubah menjadi tanda centang tunggal yang menandakan bahwa pesan Anda berhasil terkirim ke server.

Terakhir, dua tanda centang di Telegram berarti orang lain membuka percakapan Anda dan melihat pesan baru.

Berbeda dengan WhatsApp, Telegram tidak memiliki status terkirim. 

Telegram

Hal ini disebabkan oleh kemampuan untuk menggunakan akun Telegram Anda di beberapa perangkat sekaligus, dibandingkan dengan WhatsApp yang hanya memungkinkan Anda menghubungkan satu telepon utama ke akun Anda.

Oleh karena itu, tidak ada cara bagi layanan Telegram untuk mengetahui apakah pesan Anda sampai ke perangkat tertentu.

Status terkirim tidak masuk akal, karena penerima dapat membaca pesan di perangkat apa pun yang mereka gunakan untuk masuk ke Telegram.

Untuk informasi penting lainnya tentang bagaimana layanan ini melindungi pesan Anda, lihat penjelasan kami tentang enkripsi ujung ke ujung di layanan perpesanan utama. 

Dalam obrolan grup Telegram, satu tanda centang tetap berarti pesan Anda telah terkirim ke server. 

Pemeriksaan ulang pada obrolan grup berarti setidaknya satu orang membaca pesan Anda; untuk melihat siapa yang sudah membacanya sejauh ini, tekan lama atau klik kanan pesan tersebut.

Baca Juga: 6 Alasan Berhenti Menggunakan Telegram, Pertimbangkan Beberapa Hal Ini

Sayangnya, tidak ada cara untuk menonaktifkan tanda terima telah dibaca di Telegram. Artinya semua orang akan selalu tahu jika pesan Telegram mereka telah dibaca. Ini adalah kerugian kecil yang mungkin membuat Anda berhenti menggunakan Telegram. 

Ingin tahu mengapa orang lain belum melihat pesan Telegram Anda? Jika Anda tidak melihat tanda centang ganda, ada berbagai kemungkinan penjelasan:

1. Jika orang lain memblokir Anda, Anda tidak akan melihat apakah mereka membaca pesan Anda. Jika Anda mencurigai hal ini, periksa apakah Anda dapat melihat gambar profil orang lain dan status "online terakhir".

Jika Anda melihat inisial orang tersebut pada foto profilnya dan terakhir kali melihatnya dalam waktu lama karena status online-nya, kemungkinan besar Anda diblokir.

2. Ponsel orang lain mungkin dimatikan, dalam mode pesawat, atau koneksi jaringannya buruk.

3. Tentu saja, mereka mungkin juga belum membuka pesan tersebut karena sibuk.

Baca Juga: Praktis, Cara Daftar CapCut Creator bagi Pengguna TikTok dan Syaratnya

Ada juga kemungkinan orang lain menggunakan trik untuk membaca pesan Telegram Anda tanpa menandainya. 

Misalnya, mereka mungkin masuk ke mode pesawat untuk membaca pesan tanpa memicu status "baca". Sebagian besar ponsel juga memungkinkan Anda melihat pratinjau pesan dari gelembung notifikasi, yang juga tidak memicu tanda terima.

Jika mereka telah melakukan hal seperti ini, tidak banyak yang dapat Anda lakukan selain menanyakan secara jelas apakah mereka melihat pesan Anda.

Sekarang Anda tahu cara mengetahui apakah orang lain membaca pesan Anda di Telegram. 

Itulah penjelasan mengenai arti tanda centang di Telegram. Seringkali, fitur ini berguna dan memungkinkan Anda mengonfirmasi bahwa orang lain melihat apa yang Anda kirimkan tanpa meminta konfirmasi dalam pesan tindak lanjut. 

Selanjutnya: DJPPR Kemenkeu: Perhitungan Utang Negara Dibagi Jumlah Penduduk Itu Keliru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News