Santai

Cara Melihat Profil TikTok Secara Anonim, Tips Stalking Tanpa Ketahuan

Cara Melihat Profil TikTok Secara Anonim, Tips Stalking Tanpa Ketahuan

MOMSMONEY.ID - TikTok tidak seperti Instagram atau banyak platform media sosial lainnya. Sebagian besar pengguna TikTok dapat melihat bahwa Anda baru saja melihat profilnya. Namun, ada cara melihat profil TikTok secara anonim. 

Cara melihat profil TikTok secara anonim ini dapat membantu Anda melihat profil tanpa ketahuan. 

Mengutip Make Use Of, berikut ini cara melihat profil TikTok secara anonim. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Ponsel Gratis Buat Konten Kreator, Bikin Edit Video dan Foto Lebih Mudah

1. Nonaktifkan Riwayat Tampilan Profil

Setiap kali Anda ingin tahu siapa yang telah melihat profil Anda di TikTok, ada opsi untuk memeriksa riwayat tampilan profil Anda. Ini menunjukkan siapa yang telah memeriksa profil Anda dalam 30 hari terakhir. 

Namun, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna berusia 16 tahun ke atas dengan kurang dari 5.000 pengikut di aplikasi.

Sekarang, jika Anda mematikan riwayat tampilan profil, Anda tidak akan tahu siapa yang telah melihat profil Anda. Pada saat yang sama, jika Anda melihat profil pengguna lain, Anda tidak akan muncul di riwayat tampilan profil mereka.

Jadi mereka tidak akan menyadari bahwa Anda telah melihat profil mereka.

Anda dapat menonaktifkan riwayat tampilan profil di TikTok dengan dua cara.

USA-CHINA/TIKTOK

Cara pertama adalah dengan pengaturan profil Anda. Ikuti langkah ini:

1. Buka aplikasi TikTok dan ketuk tombol Profil di pojok kanan bawah.

2. Ketuk ikon tiga baris lalu klik Pengaturan dan Privasi.

3. Pada opsi menu, pilih Privasi. 

4. Gulir ke bawah ke Tampilan Profil.

5. Nonaktifkan riwayat tampilan profil.

Baca Juga: Ini Cara Agar Video WhatsApp Tidak Pecah saat Kirim Chat dan Update Status

Ada cara lain untuk menonaktifkan riwayat tampilan profil Anda di TikTok:

2. Di samping tombol tiga baris, Anda akan melihat ikon tapak. Klik di atasnya. (Jika seseorang telah melihat profil Anda baru-baru ini, Anda akan melihat gambar profilnya, bukan ikon jejak kaki dan jumlah tampilan yang sesuai.)

3. Klik ikon roda gigi di pojok kanan atas layar Anda.

4. Kemudian, matikan riwayat tampilan profil.

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda harus dapat secara diam-diam memeriksa profil TikTok pengguna lain. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tampilan profil sebanyak yang Anda mau. 

Tetapi jika Anda mengintip profil dan kemudian (sebelum jendela 30 hari ditutup) Anda mengaktifkan kembali tampilan profil, Anda akan muncul kembali di riwayat tampilan profil mereka.

2. Jelajahi TikTok sebagai Tamu

Sekarang, jika menurut Anda mengorbankan kemampuan untuk mengetahui siapa yang melihat riwayat profil Anda terlalu mahal untuk membayar anonimitas, Anda juga dapat mencoba menjelajahi TikTok sebagai tamu.

TikTok masih memungkinkan Anda menikmati konten seru yang ditawarkannya tanpa memaksa Anda membuat akun atau masuk.

Jadi, Anda dapat keluar dari akun TikTok Anda. Untuk melakukannya, buka profil Anda, klik ikon tiga baris, dan pilih Pengaturan dan Privasi.

Gulir ke bawah opsi dan klik Logout. Kelemahan dari keluar dari akun Anda di aplikasi seluler TikTok adalah Anda berisiko kehilangan semua draf yang disimpan.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi TikTok dari browser lalu cari profil pengguna. 

Baca Juga: Cara Hapus Tautan Threads dari Akun Instagram biar Tidak Terpasang di Profil

Inilah yang dapat Anda lakukan di TikTok sebagai tamu. Anda dapat menonton video. Namun, Anda tidak akan terdaftar sebagai salah satu orang yang melihat video TikTok pembuatnya. 

Dan Anda dapat melihat profil TikTok pengguna lain tanpa muncul di riwayat tampilan profil mereka.

Tetapi ada hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan sebagai tamu. Anda tidak akan dapat menyukai, berkomentar, atau menyimpan video ke favorit Anda. Dan Anda tidak dapat memposting video Anda sendiri atau mengirim pesan langsung.

3. Gunakan Akun Berbeda

Akun burner adalah akun yang Anda atur dengan alias, dan tidak ada yang tahu itu milik Anda. Ini sesederhana membuat akun TikTok kedua tanpa melampirkan detail pribadi Anda.

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mempertahankan profil pribadi di media sosial. Pertama, di TikTok, dengan akun burner, Anda dapat melihat profil pengguna lain tanpa mereka tahu itu Anda.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan jubah anonimitas ini. Jangan menguntit, menggertak, atau melecehkan orang lain secara online.

Nah itulah cara melihat profil TikTok secara anonim. Anda bisa mencoba cara ini saat ingin melihat profil tanpa ketahuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News