Santai

Cara Memperbaiki Layar Komputer Hitam Putih Jadi Berwarna

Cara Memperbaiki Layar Komputer Hitam Putih Jadi Berwarna

MOMSMONEY.ID - Apakah layar komputer Anda menampilkan warna hitam putih, bukan warna biasanya? Artikel ini memberikan informasi untuk memperbaiki layar komputer hitam putih jadi berwarna. 

Perubahan layar komputer dari warna menjadi hitam putih biasanya disebabkan oleh pengaktifan pengaturan aksesibilitas atau opsi filter warna.

Tak perlu khawatir, ada cara memperbaiki layar komputer hitam putih jadi berwarna. 

Baca Juga: Cara Memperbaiki Layar iPhone Hitam dan Tidak Bisa Menyala, Coba Tips Ini

Masalah kompatibilitas file juga dapat menyebabkan konten dimuat tanpa warna, begitu pula preferensi aplikasi pemutar media tertentu dan opsi warna lanjutan.

Mengutip lifewire, berikut cara memperbaiki layar komputer hitam putih jadi berwarna. 

1. Periksa kembali file tersebut. Jika file gambar atau film hanya ditampilkan dalam warna hitam putih, periksa apakah medianya hitam putih. 

Beberapa film dan acara baru memiliki versi hitam putih karena alasan gaya atau rilis khusus.

Laptop

2. Periksa pengaturan aplikasi media. Misalnya, beberapa aplikasi memiliki pengaturan warna yang dapat membuat media tampak seperti skala abu-abu atau hitam putih.

3. Coba aplikasi lain. Coba buka gambar atau film di aplikasi lain. File tersebut mungkin tidak kompatibel dengan program yang Anda gunakan.

4. Hidupkan Kembali komputer Anda. Jika file berisi warna, coba restart sistem dasar.

5. Nonaktifkan pengaturan skala abu-abu Mac. Pilih Preferensi Sistem > Aksesibilitas > Tampilan dan hapus centang Gunakan skala abu-abu. 

6. Ubah Profil Warna Mac Anda. Pilih Apple > Preferensi Sistem > Tampilan > Profil Warna dan pilih pengaturan warna yang berbeda.

7. Nonaktifkan filter warna Window. Buka Pengaturan dan pilih Aksesibilitas > Filter warna dan pastikan Filter warna tidak aktif.

8. Nonaktifkan pintasan keyboard filter warna Windows. Buka Pengaturan dan pilih Aksesibilitas > Filter warna. 

Baca Juga: Cara Memperbaiki Layar HP Samsung Jadi Hitam Secara Mendadak, Ikuti 7 Tips Ini

Matikan tombol di sebelah kanan pintasan keyboard untuk filter warna jika Anda terus-menerus membuat layar menjadi hitam putih secara tidak sengaja.

9. Nonaktifkan filter warna Mac Anda. Pilih Apple > Preferensi Sistem > Aksesibilitas > Tampilan > Filter Warna dan pastikan Filter Warna dinonaktifkan.

10. Deteksi layar Mac Anda. Pilih Apple > Preferensi Sistem > Layar, tekan tombol Pilihan, dan pilih Deteksi Layar. 

11. Kalibrasi tampilan Mac Anda. Proses ini memaksa Mac Anda memeriksa ulang bagaimana layar digunakan untuk menampilkan warna. 

12. Jalankan pemecah masalah Windows. Buka Pengaturan dan pilih Sistem > Pemecahan Masalah > Pemecah masalah lainnya dan jalankan pemecah masalah Pemutaran Video dan Kompatibilitas Program. 

13. Periksa pembaruan sistem. Periksa pembaruan sistem operasi Windows atau macOS baru secara manual. 

Periksa pembaruan sistem operasi Windows atau macOS baru secara manual

14. Coba monitor lain. Hubungkan komputer Anda ke monitor atau layar lain untuk melihat apakah masalah hitam putih disebabkan oleh sistem operasi atau layar fisik sebenarnya. 

Jika semuanya menunjukkan warna pada monitor lain, kemungkinan besar layar komputer Anda rusak. Namun, jika layar kedua ditampilkan dalam warna hitam putih, kemungkinan besar ada kesalahan pengaturan atau sistem operasi.

15. Copot pemasangan aplikasi yang baru saja dipasang. Jika masalah ini dimulai setelah Anda menginstal aplikasi, hapus instalan aplikasi tersebut di Windows atau hapus instalan aplikasi di Mac Anda, lalu mulai ulang komputer Anda.

Baca Juga: Ini Langkah-langkah Cara Membersihkan Layar Laptop, Komputer & TV

16. Perbarui driver Windows. Buka Pengelola Perangkat , pilih Adaptor tampilan, dan pilih Perbarui Driver untuk setiap item. Selain itu, lakukan hal yang sama untuk setiap perangkat di bawah Monitor juga.

17. Setel ulang perangkat Windows Anda. Jika Anda masih tidak dapat mengubah warna layar Windows Anda kembali, Anda mungkin perlu mengatur ulang ke pengaturan pabrik.

Proses ini dapat menghapus file, pengaturan, dan aplikasi Anda, jadi sebaiknya cadangkan semuanya dengan menggunakan layanan cloud seperti OneDrive atau Dropbox. 

18. Setel ulang Mac Anda. Seperti komputer Windows, reset pabrik juga sering kali dapat memperbaiki berbagai masalah yang tampaknya tidak dapat diselesaikan pada Mac. 

Pastikan untuk mencadangkan semuanya ke cloud atau drive eksternal sebelum melanjutkan proses ini. 

Nah itulah beberapa cara memperbaiki layar komputer hitam putih jadi berwarna. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News