Santai

Cara Membuat Shampo Alami dari Tanaman Mudah Dtemukan dan di Sekitar Rumah

Cara Membuat Shampo Alami dari Tanaman Mudah Dtemukan dan di Sekitar Rumah

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda bahwa tanaman bermanfaat untuk dijadikan sebagai shampo alami? Ya, ada beberapa tanaman yang bisa dijadikan shampo alami. Berikut ini cara membuat shampo alami dari tanaman. 

Cara membuat shampo alami dari tanaman berikut ini cocok untuk Anda coba di rumah. Anda dapat membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan alami.

Artikel ini memberikan cara membuat shampo alami dari tanaman yang mudah ditemukan di sekitar rumah. 

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami dengan Mudah di Rumah

Berikut cara membuat shampo alami dari tanaman:

1.  Shampo soapwort

Soapwort adalah tanaman tahunan yang memiliki khasiat unik untuk menghasilkan busa seperti sabun. Akar dan daunnya dapat digunakan untuk membuatnya. Anda dapat menanam tanaman ini dari biji atau mendapatkannya dari pembibitan.

Bahan-bahan:

- Satu mangkuk kecil akar soapwort segar atau semangkuk akar kering, direndam semalaman

- Satu mangkuk rosemary segar

- Empat tetes minyak esensial rosemary

- Air setengah liter

Ambil air dalam panci dan tambahkan rosemary dan soapwort ke dalamnya. Panaskan isinya hingga mencapai titik didih. Kecilkan api dan biarkan isinya mendidih perlahan selama 20-30 menit. Biarkan campuran ini mendingin pada suhu ruangan. 

Saring campuran melalui kain muslin atau tisu dapur dalam saringan. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial dan aduk. Shampo buatan Anda sudah siap! Gunakan satu cangkir untuk mencuci rambut Anda. Shampo ini dapat digunakan hingga seminggu. Simpan di tempat yang sejuk dan kering.

2. Shampo soda kue dengan rempah-rempah

Soda kue berfungsi sebagai bahan pembersih yang luar biasa untuk rambut Anda. Soda kue membersihkan timbunan yang disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut atau air sadah. 

Penggunaan soda kue membuat rambut Anda lebih bervolume dan kuat. Soda kue juga tidak menghilangkan minyak alami dari kulit kepala Anda.

Baca Juga: 8 Jenis Tanaman Pohon Ini Akarnya Bisa Rusak Pondasi Rumah lo

Bahan-bahan:

- Soda kue

- Air

- Rempah-rempah (kamomil, kemangi suci, jahe, jelatang, dan pepermin dalam jumlah yang sama)

Siapkan ramuan herbal dengan air panas. Saring larutan ini dan tuang ke dalam mangkuk. Tambahkan 2-3 sdm soda kue dan aduk hingga larut dalam larutan. Shampo soda kue buatan Anda sudah siap. Tuang ke dalam botol dan gunakan sesuai panjang dan volume rambut Anda.

3. Shampo rosemary mint

Minyak rosemary merangsang pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan, mengurangi uban, dan juga membantu mengatasi kulit kepala kering dan ketombe. 

Peppermint adalah minyak yang paling kuat dari semua minyak esensial lainnya. 

Hal ini karena mengandung mentol yang memiliki sensasi dingin dan menyegarkan yang unik saat dioleskan ke kulit kepala atau diminum.

Baca Juga: 10 Daftar Bunga Terbaik yang Cocok Ditanam di Bulan September

Bahan-bahan:

- 6 ons gel lidah buaya

- 3 sdm minyak zaitun

- 10 sdm soda kue

- 20 tetes minyak rosemary

- 10 tetes minyak peppermint

- Botol kosong

Shampo ini sangat mudah dibuat. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur semua bahan yang tercantum di atas dalam mangkuk. Sekarang tuang larutan ini ke dalam botol kosong. Shampo buatan Anda siap digunakan.

Nah, itulah beberapa cara membuat sampo alami dari tanaman yang mudah ditemukan di dekat rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News