Keluarga

Cara Membersihkan Rumah yang Efektif

Cara Membersihkan Rumah yang Efektif

MOMSMONEY.ID - Membersihkan rumah adalah pekerjaan yang cukup menyita tenaga dan waktu. Lalu, pernahkah Anda bertanya apakah ada cara membersihkan rumah yang efektif?

Saat membersihkan rumah sering kali pertanyaan yang muncul adalah, dari mana sebaiknya memulai? Alat dan produk apa saja yang sebaiknya digunakan?

Ahli Kebersihan Becky Rapinchuk menjelaskan, cara membersihkan rumah yang efektif supaya hemat tenaga dan waktu adalah dengan membuat perencanaan apa saja yang harus dibersihkan dan kapan sebaiknya membersihkannya. 

Baca Juga: Daftar Menu Makanan Sehari-hari bagi Penderita Diabetes

 

Cara membersihkan rumah yang efektif

Membuat perencanaan

Cara utama membersihkan rumah adalah membuat perencanaan dan jadwal yang paling sesuai dengan kesibukan Anda. Ini mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk uji coba mana yang paling sesuai. Namun, Anda bisa menggunakan rekomendasi ini:

  • Pekerjaan harian: merapikan kasur, mengelap seluruh meja dapur dan kamar mandi, mencuci baju, merapikan kembali barang ke tempatnya, membuang sampah dan membersihkan tumpahan. 
  • Pekerjaan mingguan: pekerjaan ini bisa Anda lakukan satu hari setiap hari selama seminggu. Antara lain membersihkan kamar mandi, membersihkan debu, mengepel lantai dan mengganti seprai.
  • Pekerjaan bulanan: Anda bisa melakukannya satu bulan sekali seperti mencuci bantal-guling, membersihkan peralatan memasak, membersihkan filter AC dan memberishkan jendela. 

Baca Juga: 5 Pertimbangan Sebelum Membeli Baterai Laptop Baru, Wajib Disimak!

Merapikan

Salah satu cara membersihkan rumah adalah selalu merapikan apapun yang terlihat berantakan. Terutama di area pintu masuk, dapur, ruang tamu dan kamar tidur. Dengan cara ini maka rumah Anda jadi lebih bersih dan membuat jadwal membersihkan menyeluruh jadi lebih mudah.

  • Letakan kembali ke tempatnya: lakukan ini pada seluruh barang yang sudah selesai Anda gunakan. Misalnya meletakan kembali sepatu ke raknya, meletakan kunci ke gantungan kunci dan meletakan majalah ke rak setelah dibaca.
  • Selalu mencuci baju: sebaiknya Anda mencuci pakaian setiap hari karena ini pekerjaan yang cepat menumpuk dan cukup melelahkan jika Anda tak membuat jadwal rutin harian. 
  • Sediakan 10 menit untik menyiapkan hari esok: sebelum tidur, siapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan besok di dekat pintu utama.

Baca Juga: Coba Rekomendasi Menu Makan Diet Sehat dalam Seminggu Ini, yuk!

Bersihkan ruangan dari atas ke bawah

Supaya tidak dua kali bekerja, cara membersikan rumah yang efektif selalu dimulai dari area yang paling atas. Sebab, gravitasi akan membuat debu dan kotoran turun ke bawag. 

Selain itu, cara membersihkan rumah bsa dumulai dari satu sudut ruangan kemudian bergerak searah jarum jam sehingga tidak akan ada pekerjaan yang terlewat.

Itu tadi tips cara membersihkan rumah yang efektif. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya, Moms.

Selanjutnya: Ini Emiten Tambang yang Diuntungkan dengan Skema Pungut Salur Batubara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News