Santai

Cara Memberikan Obat Pil pada Kucing dan Hewan Peliharaan Lain dengan Mudah

Cara Memberikan Obat Pil pada Kucing dan Hewan Peliharaan Lain dengan Mudah

MOMSMONEY.ID - Beberapa pemilik hewan peliharaan merasa kesulitan saat memberikan obat pil pada kucing. Berikut ini terdapat cara memberikan obat pil pada kucing. 

Cara memberikan obat pil pada kucing dapat Anda simak di artikel ini. 

Anda mungkin pemilik yang beruntung yang anjing atau kucingnya mengizinkan minum obat sesuai resep. 

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Aman untuk Hewan Peliharaan yang Bisa Ditanam di Air

Namun ada benarnya cerita, gambar, dan kartun lucu yang beredar di internet yang memperlihatkan pemilik yang berlumuran darah, hewan peliharaan yang berjaya, dan pil yang dimuntahkan. 

Nah, berikut ini cara memberikan obat pil pada kucing dan hewan peliharaan lain dengan mudah. 

1. Sembunyikan Kapsul & Pil di Makanan Hewan Peliharaan Anda

Cara termudah untuk memasukkan obat oral ke hewan peliharaan Anda adalah dengan menyembunyikan obat tersebut di dalam makanan yang sangat diinginkan.

Kuncinya adalah membuat hewan peliharaan Anda begitu bersemangat dengan camilannya sehingga ia memakannya, bersama dengan pilnya dengan cepat. 

Dengan begitu dia tidak menggigit obatnya dan merasakan sesuatu yang pahit. (Kapsul terkenal mudah pecah.)

Sebelum Anda menggunakan makanan manusia apa pun, konsultasikan dengan dokter hewan Anda. Beberapa obat berinteraksi dengan makanan tertentu. 

Kucing Minum Obat

Misalnya, Anda tidak boleh menyembunyikan pil antibiotik tetrasiklin dalam produk susu. Kalsium dalam produk susu mengikat beberapa obat, yang berarti hewan peliharaan Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuh dari dosisnya.

2. Masukkan Pil ke dalam Camilan Khusus

Selain makanan, ada sejumlah suguhan mudah digunakan yang tersedia secara komersial yang disebut kantong pil yang dilengkapi lubang dengan ukuran yang pas untuk menyembunyikan obat. 

Kantong pil, yang tersedia dalam berbagai rasa, cenderung memiliki nutrisi seimbang dan lebih rendah natrium dan gula dibandingkan makanan manusia. Periksa label sebelum membeli; beberapa dibuat khusus untuk anjing, yang lain hanya untuk kucing. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias untuk Bisnis, Bisa Untung dan Hasilkan Uang Banyak

Carilah merek yang rendah kalori jika hewan peliharaan Anda kelebihan berat badan. 

3. Jadikan Pil Terasa Lebih Baik

Tanyakan kepada dokter hewan Anda apakah masuk akal untuk membuat resep hewan peliharaan Anda dibuat agar rasanya lebih menarik. 

Jika dia tidak bisa melakukannya sendiri, mintalah dia untuk merujuk Anda ke apotek yang berfokus pada hewan di daerah Anda. Mintalah penyedap tuna untuk antibiotik cair kucing Anda, misalnya. 

Rasa tuna yang lezat dapat meyakinkan Fluffy bahwa obat yang diberikan kepadanya adalah suguhan istimewa.

Aturan Penting dalam Memberikan Pil 

1. Gunakan obat hewan peliharaan Anda sesuai petunjuk. Baca dan ikuti petunjuknya. Hubungi dokter hewan Anda jika ada pertanyaan.

Baca Juga: 13 Tanaman Hias Indoor untuk Mengatasi Kecemasan dan Depresi

2. Selalu selesaikan resepnya. Kecuali dokter hewan atau label menyatakan sebaliknya, rencanakan untuk memberikan obat sampai obatnya hilang. Menghentikan antibiotik sejak dini dapat berkontribusi pada pertumbuhan bakteri yang resistan terhadap obat.

3. Jangan pernah berbagi obat antar hewan peliharaan. Memberikan obat anjing kepada kucing sangat berbahaya, karena kucing memetabolisme obat secara berbeda dibandingkan anjing. Beberapa obat yang aman untuk anjing bisa menjadi racun bagi kucing. 

Itulah beberapa cara memberikan obat pil pada kucing dan hewan peliharaan lain dengan mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News