Santai

7 Tips Menumbuhkan Bunga Mawar Tanpa Duri agar Antimainstream

7 Tips Menumbuhkan Bunga Mawar Tanpa Duri agar Antimainstream

MOMSMONEY.ID - Bunga mawar identik dengan tanaman yang memiliki duri. Berikut ini tips menumbuhkan bunga mawar tanpa duri. 

Ada beberapa tips menumbuhkan bunga mawar tanpa duri agar antimainstream. 

Duri merupakan cabang yang termodifikasi, sedangkan duri merupakan transformasi struktur daun. Ketiganya membantu melindungi tanaman dan membantu mengusir predator, namun perbedaan mereka penting. 

Baca Juga: 6 Tips Menanam Bunga Mawar di Keranjang Gantung, Hemat Tempat dan Menambah Estetika

Berbeda dengan duri dan duri, duri relatif lebih mudah dihilangkan karena tidak memiliki bahan pembuluh darah.

Duri-duri sebagian besar hadir untuk memungkinkan varietas mawar tertentu bertahan pada tanaman lain atau menghalangi herbivora dan hama memanjat batangnya. 

Mengutip Balcony Garden Web, berikut tips menumbuhkan bunga mawar tanpa duri:

1. Pilih variasi tepat 

Mawar memiliki ratusan varietas,  beberapa di antaranya dimodifikasi secara genetik untuk menghasilkan lebih sedikit duri, sementara beberapa lainnya secara alami tidak terlalu berduri. 

Terutama di area yang ramai, seperti jalan setapak, atau di ruangan yang terdapat anak-anak dan hewan peliharaan, berfungsi untuk menanam bunga mawar dengan duri yang lebih sedikit. 

Varietas mawar panjat seperti Climbing Iceberg,  atau bahkan  kultivar semak Inggris tertentu adalah pilihan yang baik untuk dilatih melewati pagar dan teralis. Polyantha adalah pilihan yang kuat tetapi bisa bersifat invasif.

Bunga mawar

Mawar yang dimodifikasi seperti Bleu Magenta dengan kelopak ungu mudanya, Chloris warna merah muda pastel, Goldfinch yang cerah, dan varietas teh mini dan hibrida lainnya  juga merupakan pilihan yang sangat baik, tergantung pada tampilan yang Anda inginkan!

Memulai dengan varietas yang tidak terlalu berduri akan mengatasi masalah sejak awal dan merupakan langkah penting pertama untuk memiliki taman yang tidak berduri dan aman.

2. Pangkas pertumbuhan lama dan baru

Bunga mawar memiliki batang berkayu yang matang dan menghasilkan duri yang lebih besar dan keras. Memangkas tunas yang sudah tua akan membantu menghasilkan tunas yang segar dan lembut sehingga durinya tidak terlalu mengancam. 

Namun, beberapa varietas mawar pusaka dan  mawar tua mekar lebih baik pada batang berkayu, sedangkan varietas mawar modern, seperti teh hibrida, miniatur, floribunda, dan mawar bertele-tele, menghasilkan bunga pada pertumbuhan segar.

Menanam mawar yang mekar di kayu baru dan memangkas potongan kayu akan mendorong munculnya batang baru dengan duri yang lebih sedikit. Inilah mengapa langkah ini paling penting!

3. Jaga agar bebas stres

Bunga mekar yang menakjubkan dan beraroma harum ini tidak ada gunanya jika ditempatkan di tempat yang aman seperti taman rumah Anda! 

Lakukan semua yang Anda bisa untuk menjaga mereka bebas dari trauma karena ketika mereka menyerang, itu sangat menyakitkan!

Baca Juga: Berapa Lama Bunga Mawar Bertahan dan Hidup? Simak Tips Menanamnya

Jika mereka terus-menerus menghadapi permusuhan, hal ini akan memicu mekanisme pertahanan mereka, dan mereka menghasilkan lebih banyak duri untuk melindungi diri mereka sendiri.

Mawar yang stres dapat mengembangkan kondisi seperti penyakit roset mawar, yang sering kali menyebabkan duri yang berlebihan.

Situasi seperti kekeringan mendorong mereka mengembangkan duri untuk menghemat air dan nutrisi. Intrusi hama yang mengganggu seperti kutu daun, tungau laba-laba, dan pemakan rumput juga mendorong mereka untuk membangun tembok pertahanan yang sulit!

4. Sinar Matahari 

Tahukah Anda bahwa menempatkan pot mawar di lokasi tertentu dapat mengurangi  durinya secara signifikan?

Ya! Menanam mawar di area dengan lalu lintas pejalan kaki yang lebih sedikit dan gangguan akan menjaga tanaman tetap tenang dan, oleh karena itu, tidak akan mengganggu mekanisme pertahanannya. 

Beri mereka sinar matahari penuh dan tanah dengan drainase yang baik, lalu biarkan kecuali untuk perawatan dan penyiraman secara teratur.

Latih mawar panjat Anda secara horizontal untuk menghasilkan lebih banyak bunga dibandingkan duri di sepanjang tongkatnya. 

Jaga agar pusaka dan mawar teh hibrida Anda mudah dijangkau sehingga Anda dapat merawatnya tanpa melewati durinya, tetapi letakkan di antara tanaman kuat lainnya yang tidak memerlukan kunjungan dan pengawasan terus-menerus.

Baca Juga: 12 Tips dan Cara Membuat Bunga Mawar Mekar Fantastis, Begini Merawatnya

5. pH tanah

Mawar tumbuh subur pada pH sekitar 6,5, yang berada pada sisi netral yang sedikit asam. Mereka mungkin menoleransi perubahan kecil di atas atau di bawah pH idealnya, namun perubahan drastis apa pun akan menyebabkan stres, mengurangi kemampuan mereka melawan penyakit dan hama, serta memicu ledakan duri.

PH tanah yang salah akan menghalangi mawar untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkannya dari tanah secara efisien. Jika tanah Anda terlalu asam, coba gunakan abu kayu, dolomit, atau batu kapur untuk meningkatkan pH tanah. Dan untuk media ekstra basa, menambahkan kompos organik akan membantu.

6. Kelebihan nitrogen

Hal ini membawa kita langsung pada masalah unsur hara dan nitrogen tanah yang penting. Pastikan campuran pot atau tanah kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk mekar dan bukan duri.

Pupuk kaya nitrogen yang kekurangan kalium dan fosfor dapat menyebabkan pertumbuhan yang kuat namun sulit.

Baca Juga: Cari Tahu Arti Warna Bunga Mawar di Sini Sebelum Dikirim Jadi Kado Valentine

Biasanya pupuk dengan NPK 10-10-10 berfungsi jika pH tanah di atas 6,5. Namun, jika Anda menemukan terlalu banyak duri, gunakan formula rendah nitrogen seperti 5-10-10 atau 5-10-5.

Atau, gunakan tepung tulang yang mengandung fosfor, garam Epsom untuk meningkatkan produksi dan pertumbuhan klorofil, emulsi ikan, dan kompos.

7. Cangkok

Batang bawah adalah bagian tanaman, seringkali sistem akar dan batang bawah—yang menjadi tempat cangkok bagian atas tanaman lain (batang atas). Ini menggabungkan sifat-sifat yang diinginkan dari kedua varietas menjadi satu.

Jadi, para penanam rosario sering kali memetik batang bawah yang menghasilkan lebih sedikit duri dan cukup kuat, seperti mawar multiflora, dan mencangkoknya dengan mawar teh hibrida, floribunda, miniatur, poliantha, dan jenis panjat, yang semuanya berbunga berharga!

Demikian beberapa tips menumbuhkan bunga mawar tanpa duri yang bisa Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News