Santai

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu Sebelum Membeli Ponsel Terbaru Lewat Online

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu Sebelum Membeli Ponsel Terbaru Lewat Online

MOMSMONEY.ID - Ponsel buatan Apple menjadi salah satu produk terlaris di dunia. Ada cara cek iPhone asli atau palsu sebelum Anda membeli ponsel lewat online. 

Banyaknya peminat iPhone, membuat maraknya model palsu yang hampir identik dengan iPhone asli. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara cek iPhone asli atau palsu. 

Cara cek iPhone asli atau palsu cukup mudah. Berikut ini cara cek iPhone asli atau palsu:

1. Periksa kemasan dan aksesorisnya 

Salah satu langkah pertama untuk memverifikasi keaslian iPhone adalah memeriksa kemasan dan aksesorinya. Apple dikenal dengan perhatiannya yang cermat terhadap detail, bahkan pada kemasannya. 

Kotak iPhone asli kokoh, dengan gambar berkualitas tinggi dan teks yang tepat. Aksesori di dalam kotak, seperti kabel, harus sesuai dengan standar Apple. Jika Anda melihat cetakan berkualitas buruk, kemasan longgar, atau aksesori yang tidak cocok, ini bisa menjadi tanda bahaya.

Baca Juga: Cara Cek Email Asli atau Palsu Beserta Ciri-Ciri yang Perlu Diwaspadai

2. Verifikasi Nomor Seri dan IMEI

Pemerintah Terapkan Pengendalian IMEI Perangkat Telekomunikasi Berbasis CEIR

Seperti setiap telepon pintar, iPhone memiliki nomor seri unik dan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Untuk menemukan nomor seri, buka Setelan > Umum > Tentang. Kemudian, kunjungi halaman Periksa Cakupan Apple dan masukkan nomor seri. Jika perangkat Anda asli, situs web akan menampilkan detail tentang model iPhone, status garansi, dan informasi terkait lainnya.

Baca Juga: Simak 3 Cara Top Up Game ML, Beli Diamond Bisa Lewat Mana Saja? Begini Penjelasannya

Untuk memeriksa IMEI, tekan *#06# pada iPhone Anda. Kemudian bandingkan nomor yang ditampilkan dengan IMEI yang tercantum di kotak dan baki SIM. Semua nomor harus cocok.

3. Periksa Kualitas Pembuatan iPhone

iPhone Apple dikenal karena bentuknya yang premium dan kokoh. Saat Anda memegang iPhone asli, iPhone tersebut terasa kokoh dan kokoh, tanpa bagian yang longgar atau celah. Tombol-tombolnya harus diklik dengan kuat, dan logo Apple di bagian belakang harus sejajar sempurna dan terasa halus saat disentuh.

Perhatikan baik-baik desain keseluruhan dan fitur fisik iPhone. Ukuran layar, kualitas tampilan, berat, dan ketebalannya harus sesuai dengan spesifikasi model resminya. Lepaskan baki SIM dan periksa slotnya. 

iPhone palsu sering kali memiliki cacat yang terlihat pada bentuknya, seperti tepi yang kasar, logo yang tidak sejajar, atau tombol yang longgar, yang dapat Anda temukan dengan mudah jika Anda perhatikan dengan saksama. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kaca pembesar untuk memeriksanya lebih saksama.

4. Periksa Perangkat Lunak dan Fiturnya

Salah satu cara paling signifikan untuk mendeteksi iPhone palsu adalah melalui perangkat lunaknya. iPhone asli berjalan pada iOS milik Apple. 

Anda dapat memeriksanya dengan membuka Setelan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk melihat apakah perangkat Anda menjalankan iOS versi terbaru.

Baca Juga: Simak 3 Cara Cek Ruas Jalan Tol Macet atau Tidak secara Online

Tidak seperti iPhone palsu yang sering terlihat di media sosial, yang mungkin berjalan pada Android yang dibuat agar tampak seperti iOS, iPhone asli akan selalu berjalan pada iOS. 

Selain itu, coba gunakan Siri dengan menahan tombol daya atau mengucapkan "Hai Siri." Jika Siri tidak aktif, iPhone Anda mungkin palsu.

5. Kunjungi Pusat Layanan Apple 

Jika mendapati tanda-tanda bahaya atau ragu akan keaslian iPhone Anda, cara terbaik untuk memastikannya 100% adalah dengan mengunjungi pusat layanan resmi Apple dan meminta ahlinya untuk memeriksanya.

Nah itulah cara cek iPhone asli atau palsu sebelum membeli ponsel terbaru lewat online. 

Selanjutnya: Cara Ekspor Kontak dari iPhone untuk Memindahkan Tanpa Lewat Komputer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News