Keluarga

3 Cara Cek BPOM Skincare dan Makeup Asli atau Palsu, Tidak Sulit Moms!

3 Cara Cek BPOM Skincare dan Makeup Asli atau Palsu, Tidak Sulit Moms!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 3 cara cek BPOM skincare dan makeup asli atau palsu di sini.

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah lembaga pemerintah di Indonesia yang bertugas mengawasi dan mengatur obat, makanan, kosmetik, dan produk kesehatan lainnya yang beredar di pasar Indonesia. Tujuan utama BPOM adalah untuk melindungi masyarakat dari bahaya yang mungkin timbul akibat konsumsi produk-produk tersebut.

Produk kosmetik meliputi skincare dan makeup yang tidak terdaftar di BPOM sebaiknya Anda hindari pemakaiannya, karena kandungan serta dosisnya tidak bisa dipastikan aman untuk kulit wajah.

Menurut laporan BPOM, bahan berbahaya yang ditemukan dalam produk kosmetik ilegal di antaranya adalah merkuri, banyak disalahgunakan untuk memutihkan kulit padahal bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) dan mengakibatkan cacat pada janin.

Ada pula hydroquinone yang juga banyak disalahgunakan untuk memutihkan kulit, padahal potensi untuk membuat kulit iritasi sangat besar jika digunakan tanpa pengawasan dokter kulit. Bahkan, pemakaian produk dengan kandungan hydroquinone sampai lebih dari enam bulan akan membuat kulit menghitam (ochronosis) dan kemungkinan besar tidak dapat dipulihkan.

Baca Juga: Cara Tarik Tunai dan Setor Tunai Tanpa Kartu dengan Aplikasi BRImo

Agar kulit Anda terhindar dari bahan-bahan berbahaya, selalu ingat untuk mengecek BPOM skincare dan makeup yang baru saja Anda beli sebelum memakainya ya Moms.

Bagaimana caranya? Melansir L’Oreal Paris, berikut 3 cara cek BPOM skincare dan makeup asli atau palsu.

1. Mengecek secara manual

Cara cek BPOM skincare dan makeup asli atau palsu yang pertama yaitu mengeceknya secara manual.

Anda bisa mengecek langsung nomor BPOM yang tertera di kemasan produk skincare atau makeup. Biasanya, nomor ini terletak di bagian belakang atau bawah kemasan.

Nomor BPOM pada produk skincare dan makeup umumnya terdiri dari 2 huruf yang diikuti 11 angka, contoh NA18240109854. Apabila jumlahnya lebih atau kurang, Anda patut curiga terhadap keaslian nomor BPOM tersebut.

Ini merupakan langkah yang sederhana, tapi sangat perlu dilakukan. Pasalnya, saat ini banyak produsen atau penjual nakal yang berani memalsukan nomor BPOM dan membuatnya secara sembarangan.

2. Mengakses website resmi BPOM

Cara cek BPOM skincare dan makeup asli atau palsu yang kedua yaitu mengakses website resmi BPOM.

Setelah melakukan pengecekan manual, Anda bisa mengunjungi website resmi milik BPOM untuk memeriksa keaslian nomor BPOM pada kemasan produk skincare atau makeup.

Pertama, ketik dan buka link cekbpom.pom.go.id di browser Anda. Setelah itu, lakukan pengecekan BPOM dengan langkah-langkah berikut: 

  • Lakukan Pencarian Produk. Di halaman awal, Anda akan menemukan pilihan untuk melakukan pencarian produk berdasarkan berbagai kriteria seperti nomor registrasi, nama produk, merk, bentuk sediaan, komposisi, dan nama pendaftar. 
  • Masukkan Nomor Registrasi. Pilih opsi "Nomor Registrasi" dan masukkan nomor yang tertera di kemasan produk skincare atau makeup Anda ke dalam kolom yang tersedia. 
  • Klik Tombol "Cari". Setelah memasukkan nomor registrasi, klik tombol "Cari" untuk melanjutkan proses pencarian. 
  • Periksa Hasil Pencarian. Jika produk tersebut terdaftar di BPOM, informasi tentang produk akan muncul termasuk nomor registrasi, nama produk, dan perusahaan yang mendaftarkannya. 
  • Verifikasi Informasi Produk. Pastikan semua informasi yang ditampilkan sesuai dengan data produk yang Anda miliki untuk memverifikasi keaslian produk tersebut. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sabun Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung, Semua Merek Lokal!

3. Menggunakan aplikasi Cek BPOM

Cara cek BPOM skincare dan makeup asli atau palsu yang ketiga yaitu menggunakan aplikasi Cek BPOM.

Selain mengakses website resmi BPOM, Anda juga dapat mengecek BPOM skincare dan makeup melalui aplikasi Cek BPOM yang bisa didownload di App Store maupun Google Play Store.

Selengkapnya, berikut cara cek BPOM skincare dan makeup asli atau palsu menggunakan aplikasi Cek BPOM:

  • Buka Aplikasi. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Cek BPOM di ponsel Anda. 
  • Pilih Opsi Pencarian. Di layar utama aplikasi, Anda akan menemukan beberapa opsi pencarian seperti nomor registrasi, nama produk/nama dagang, atau nama produsen/importir. 
  • Masukkan Kata Kunci. Ketikkan kata kunci yang sesuai di kolom “Kata Kunci Pencarian” untuk memulai pencarian produk yang diinginkan. 
  • Periksa Hasil Pencarian. Setelah pencarian berhasil, aplikasi akan menampilkan detail produk termasuk nomor registrasi, nama produk, pendaftar, dan tempat produk dibuat. 
  • Verifikasi Informasi. Pastikan semua informasi yang ditampilkan sesuai dengan data pada produk skincare atau makeup Anda untuk mengonfirmasi keaslian produk tersebut. 

Itulah 3 cara cek BPOM skincare dan makeup asli atau palsu yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News