Bugar

Kisah Pemilik Brand Makeup Rose All Day Cosmetic Kembangkan Bisnis

Kisah Pemilik Brand Makeup Rose All Day Cosmetic Kembangkan Bisnis

MOMSMONEY.ID - Pemilik brand kecantikan Rosé All Day Cosmetic membeberkan kisah mengembangkan bisnis.

Tampil cantik tentu keinginan banyak perempuan di Indonesia. Untuk menunjang hal tersebut, berbagai produk kecantikan tentu dibutuhkan.

Nah, untuk bisa tampil dengan prima dan menjadi versi terbaik dirinya, membuka peluang dan mendorong industri kosmetik lokal di Indonesia semakin maju dengan berbagai inovasi dan kreasi akan produk-produk yang dihadirkan. 

Rosé All Day Cosmetics, atau biasa disebut RADC, menghadirkan produk makeup dan perawatan kulit untuk para wanita dan pria yang disesuaikan dengan kebutuhan target penggunanya.

Di inisiasi oleh Tiffany Danielle, Samantha Wijaya, dan Cindy Gunawan sejak tahun 2017, brand lokal ini menghadirkan berbagai produk pilihan dengan kualitas yang sangat baik.

Tiga wanita inspiratif ini melihat peluang besar dalam perkembangan kosmetik lokal dan komunitas kecantikan di Indonesia dan memutuskan untuk mulai membangun brand kosmetik.

Terinspirasi dari kecantikan natural wanita Indonesia, Rosé All Day Cosmetics telah berhasil mempertahankan ciri khasnya namun juga tetap mengikuti tren kecantikan yang membuat popularitasnya semakin meningkat.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Lebaran Anti Luntur Seharian, Tak Perlu Touch Up!

Hal ini dapat dilihat dari peningkatan penjualan RADC yang meningkat hingga 6x lipat secara keseluruhan.

RADC menghadirkan produk dari semua kategori eyesfacelips dengan bahan-bahan pilihan untuk menjadi teman dan solusi akan kebutuhan setiap orang.

Dengan konsep no-makeup makeup look, pengguna diajak untuk menjadi versi terbaik dari dirinya dan nyaman akan kulit masing-masing, sehingga lebih percaya diri untuk menampilkan wajah cantik natural tanpa perlu menutupi dengan terlalu banyak produk.

Tidak hanya itu, kini bahkan tengah merambah ke lini skincare untuk perawatan kulit yang diberi nama Skin by Rosé.

Cindy Nyoto Gunawan, Director of Rosé All Day Cosmetics, mengatakan, menjalankan bisnis ini diawali dari keinginannya untuk menciptakan produk yang sifatnya everyday essentials, easy to use and functional.

Dengan formula yang clean beautyvegan, dan halal certified, dirinya dan tim ingin semua orang, dari pemula hingga make up enthusiasts dapat menggunakan produk RADC untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

"Oleh karena itu, kami buat produk kami juga menjadi pioneer dalam membuat make up yang mengandung skincare. Sebagai brand, kami ingin semua orang bisa tetap nyaman menjadi diri sendiri saat menggunakan produk kami," kata Cindy dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Kacamata Friendly, Tetap Cetar Meski Pakai Kacamata

Sejak awal berdiri, berbagai riset dan uji coba produk telah dilakukan guna menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. Produk Lip & Cheek Duo adalah produk pertama RADC untuk membuat pipi dan bibir wanita Indonesia merah merona tapi tetap terlihat sehat.

Pada tahun 2018, RADC melahirkan produk yang menjadi game changer bagi bisnisnya yaitu The Realest Lightweight Foundation yang berhasil terjual ribuan hanya di bulan pertama.

Keputusan untuk memulai dan mengembangkan strategi berjualan di online baru dilanjutkan ke ranah offline ternyata merupakan keputusan yang tepat.

Didorong oleh kesuksesan produknya yang disambut secara antusias oleh para pecinta makeup di Indonesia, Rosé All Day Cosmetics semakin konsisten mengembangkan bisnisnya dengan meluncurkan berbagai produk-produk baru.

Setelah bergabung di Shopee sejak awal berdirinya, brand ini mulai gencar berjualan dan mempromosikan produknya di Shopee untuk memperkuat online presence di platform e-commerce dan media sosial.

Akhirnya, RADC pun mulai memberanikan diri untuk merambah ke penjualan secara offline di tahun 2019.

Saat pandemi berlangsung, berbagai tantangan dan adaptasi harus dilakukan oleh tim, namun tanpa disangka penjualan justru terus meningkat.

Baca Juga: Jerawatan karena Skincare Baru? Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Kulit Purging

Bahkan, pesatnya perkembangan ini juga terlihat dari jumlah tim yang semakin bertambah hingga memutuskan untuk pindah ke kantor yang lebih memadai setelah sebelumnya beroperasi di garasi salah satu founder.

Hingga akhirnya, RADC semakin memperluas koleksi produknya dengan meluncurkan produk baru hampir setiap bulan.

Tahun 2022 merupakan tahun yang transformatif bagi RADC, diawali dengan peningkatan penjualan yang hampir mencapai 3x lipat dan peluncuran kolaborasi internasional pertamanya dengan Harry Potter yang mendapatkan antusiasme luar biasa dari beauty enthusiasts Indonesia.

Sayangnya, terkadang cobaan bisa terjadi secara tiba-tiba, di tahun ini tim RADC juga mengalami musibah yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya saat gudang tempat penyimpanan stok produk habis terbakar di bulan September.

Hal ini mengharuskan RADC untuk menunda launching produk yang seharusnya menjadi hero SKU baru mereka, membatalkan pesanan customer, hingga memberhentikan penjualan di semua platform baik online maupun offline.

Namun, dengan banyaknya dukungan berdatangan, baik dari pengguna setia, influencers, hingga brand-brand lokal lain membuat RADC semakin semangat untuk bangkit kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News