Keluarga

Buat Daftar Inventori, Begini 7 Cara Atasi Stres saat Pindah Rumah

Buat Daftar Inventori, Begini 7 Cara Atasi Stres saat Pindah Rumah

MOMSMONEY.ID - Pindahan rumah bisa jadi aktivitas yang membuat Moms stres. Untuk itu, yuk, intip cara mengatasi stres saat pindah rumah.

Proses pindah rumah membutuhkan proses yang cukup panjang. Mulai dari packing barang di rumah, transportasi pengangkutan barang ke rumah baru, hingga menata ulang rumah baru.

Dua kata yang mungkin bisa menggambaran proses pindah rumah adalah ribet dan mahal. 

Jika berencana pindahan rumah dalam beberapa bulan ke depan, Anda perlu cara yang tepat supaya tidak stress. Yuk, intip cara pindahan rumah ala Lala Move berikut ini.

Baca Juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini dengan Matang Sebelum Beli Rumah

Cara mudah atasi stress saat pindah rumah

1. Cicil proses pengepakan dari jauh hari

Anda bisa mulai membuat jadwal proses memilah barang dan mengepak barang. Manfaatkan beberapa hari libur untuk mencicil kegiatan pindahan rumah.

Jangan sampai Anda melakukan pengepakan barang mepet mendekati waktu Anda pindahan supaya tidak stres. 

2. Buang atau jual barang yang tidak Anda butuhkan lagi

Saat Anda mulai melakukan pemilahan dan pengepakan barang, saatnya untuk mempertimbangkan lagi barang yang tidak lagi dibutuhkan. Anda bisa memisahkan barang yang tidak digunakan lagi berdasarkan frekuensi pemakaian.

Jika Anda sudah lama sekali tak pernah memakainya dan tak akan mungkin memakainya lagi sebaiknya buang. Namun, jika barang masih layak, bisa Anda donasikan atau jual. 

Baca Juga: 5 Cara Bikin Kamar Mandi Terlihat Lebih Luas

3. Buat daftar inventori berdasarkan ruangan

Sebelum mengepak barang saat pindahan rumah, buat daftar inventori barang sesuai posisinya di dalam ruangan. Kemudian, tandai pada kardusnya. Ini akan memudahkan untuk menata ulang barang di rumah baru Anda. 

4. Pisahkan barang yang Anda gunakan sehari-hari

Barang-barang seperti alat makan, baju ganti, obat-obatan, dan charger di satu koper atau boks berbeda. Tujuannya, jika Anda membutuhkannya sewaktu-waktu, tidak perlu bingung lagi karena akan lebih mudah menemukannya. 

5. Pilih jasa pindahan rumah yang praktis dan cepat

Lala Move menyarankan Anda melakukan proses pengiriman dan pengangkutan dalam sekali jalan. Ini akan menghemat banyak waktu dan biaya.

Anda bisa memilih jasa pindahan rumah terdekat, atau mencoba membandingkan aplikasi penyedia jasa pindahan seperti Lala Move. 

Baca Juga: Ini Cara Menata Cermin di Tangga Rumah Mengacu Feng Shui

6. Pilih jasa pindah rumah dengan tarif yang sesuai dengan buget dan transparan

Anda bisa memastikan kembali kepada pihak jasa pindahan soal biaya yang akan ditanggung. Tanyakan biaya yang tertera apakah sudah termasuk bensin, biaya tol, sewa sopir, dan parkir atau belum. 

Jika sudah memastikan hal-hal tersebut, Anda bisa mempertimbangkan mana yang sesuai bujet. Adapun Lala Move memberikan seluruh informasi tarif dan biaya tambahan secara transaparan. 

7. Pilih armada yang tepat

Anda sebaiknya menyesuaikan jumlah barang, berat dan dimensi barang. Setelah itu, sesuaikan dengan armada yang pas untuk mengangkut barang pindahan rumah.

Sebagai gambaran, pickup box bisa mengangkut hingga 1 ton atau engkel boks yang bisa mencapai 2 ton. 

Demikian cara mengatasi stres saat pindahan rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News