Keluarga

Begini Cara Merawat Furnitur Yang Ada Di Halaman Rumah

Begini Cara Merawat Furnitur Yang Ada Di Halaman Rumah

MOMSMONEY.ID - Anda punya kursi dan meja yang Anda letakkan di halaman rumah atau taman rumah? Jika ada, yuk cari tahu cara merawat furnitur di luar rumah yang tepat supaya awet. 

Biasanya furnitur yang ada di halaman rumah terbuat dari kayu, rotan dan besi. Nah melansir House and Home Ideas, setiap bahan memiliki cara perawatan yang berbeda. 

Baca Juga: Jangan Malu, Ini 6 Cara Mengajak Suami Berhubungan Seks yang Bisa Moms Coba

Berikut cara merawat furnitur yang ada di halaman rumah Anda

1. Furnitur yang terbuat dari kayu

Sebenarnya furnitur kayu untuk di luar ruangan seharusnya dibuat dengan kualitas yang lebih baik dan tahan terhadap perubahan cuaca. Sehingga Anda bisa membiarkannya menua secara alami dan berubah secara natural. 

Namun jika Anda mau menghilangkan kotoran yang ada pada furnitur kayu, sebaiknya mencuci setidaknya satu tahun sekali. Gunakan campuran air hangat dengan sabun. 

Jika Anda ingin menjaga warna kayu, Anda perlu menggunakan cat atau pelapis seperti pernis. Caranya mudah, amplas terlebih dahulu furnitur Anda dengan sabun dan air. Lakukan langkah ini saat cuaca kering ringan hingga hangat. 

Kemudian pilih cat atau pernis yang cocok untuk furnitur luar ruangan. Aduk terlebih dahulu produk kemudian aplikasikan dengan kuas lembut. Tunggu hingga sekitar satu jam untuk melapisi kedua kalinya. Setelah itu tunggu hingga 48 jam. 

2. Furnitur yang terbuat dari rotan

Nah jika Anda memiliki furnitur rotan, perawatannya cukup mudah. Saat ini banyak furnitur rotan yang terbuat dari bahan sintetis yang tidak akan lapuk dan menua. Bahan rotan yang dengan kualitas bagis juga dibuat untuk tahan sinar UV. 

Cara merawat furnitur luar ruangan di halaman rumah yang terbuat dari rotan hanya perlu mencucinya setahun sekali. Gunakan campuran air hangat dengan sabun. Jangan lupa, hilangkan bantal dari furnitur Anda saat musim hujan. 

3. Furnitur yang terbuat dari logam

Pada dasarnya merawat furnitur luar ruangan yang terbuat dari logam sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencucinya setahun sekali.

Namun ada satu hal yang perlu Anda perhatikan yaitu jika memiliki goresan atau penyok yang menyebabkan karat jika tidak ditangani. Jika sudah demikian, gosok bagian yang sudah berkarat kemudian cat dengan cat logam sesuai warna yang Anda inginkan. 

Baca Juga: Ikuti 4 Cara Ini Agar Koin Shopee Bisa Makin Bertambah

Selain itu cara merawat furnitur di halaman rumah yang terbuat dari logam adalah, Anda perlu menyimpannya di dalam selama musim hujan atau musim dingin. Lakukan ini untuk memperpanjang usia furnitur Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News