Bugar

Bisa Sebabkan Bahaya, Waspadai 4 Penyakit Kulit Ini

Bisa Sebabkan Bahaya, Waspadai 4 Penyakit Kulit Ini

MOMSMONEY.ID - Berbagai penyakit kulit mungkin sering dialami banyak orang. Tahukah bahwa ada penyakit kulit yang perlu diwaspadai, lo. Apa sajakah itu?

Kulit memiliki fungsi vital dalam melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit. Namun, kulit juga rentan terhadap berbagai jenis penyakit yang bisa berdampak serius pada kesehatan.

Dari sekian banyak penyakit kulit, ada beberapa yang perlu mendapat perhatian khusus karena potensinya yang bisa menyebabkan komplikasi serius.

Melansir dari laman Halodoc, berikut adalah empat penyakit kulit yang perlu diwaspadai:

1. Selulitis

Selulitis adalah infeksi bakteri yang menyebabkan kulit membengkak, memerah, terasa lunak, dan sakit saat disentuh. Biasanya terjadi di kaki namun bisa juga terjadi di bagian tubuh lain.

Jika tidak diobati, selulitis bisa sangat berbahaya karena infeksi dapat menyebar melalui kelenjar getah bening dan pembuluh darah, menyerang jaringan di bawah kulit. Walaupun berbahaya, selulitis tidak menular karena menyerang jaringan kulit dalam.

Baca Juga: Jahe Merah untuk Asam Lambung, Sudah Pernah Mencoba?

2. Cold Sore (Herpes Simplex Virus)

Herpes simplex adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya lepuhan atau luka yang sakit di sekitar mulut atau bibir. Lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa, penyakit ini biasanya sembuh sendiri dalam dua hingga tiga minggu.

Herpes simplex juga bisa menampilkan gejala seperti pusing, mual, dan gejala mirip flu. Dalam kasus yang serius, bisa terjadi kesulitan menelan dan pembengkakan kelenjar getah bening. Penyakit ini sangat menular melalui air liur atau kontak fisik dengan kulit yang terbuka.

3. Hemangioma

Hemangioma adalah kondisi yang muncul karena adanya jaringan darah yang tidak normal di dalam tubuh, menyebabkan pertumbuhan daging atau kulit yang bukan kanker. Hemangioma umumnya terjadi pada organ internal seperti hati.

Ini mirip dengan tumor pada pembuluh darah dan bisa membuat kulit tampak biru atau ungu jika terletak pada lapisan kulit yang dalam. Hemangioma sering ditemukan pada area seperti tangan, kaki, kulit kepala, punggung, dada, atau wajah dan dapat muncul sejak lahir.

Baca Juga: Kenali Khasiat Ubi Jalar untuk Asam Lambung yang Tak Banyak Orang Tahu

4. Bisul

Bisul adalah benjolan yang nyeri, merah, dan berisi nanah yang muncul dari dalam kulit akibat infeksi bakteri. Infeksi ini terjadi ketika bakteri masuk ke dalam pori-pori kulit dan menginfeksi folikel rambut.

Itulah beberapa penyakit kulit yang perlu diwaspadai. Penyakit-penyakit kulit ini tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan tetapi juga dapat menimbulkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan benar.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejala-gejalanya dan mencari bantuan medis segera jika Anda merasa terdampak. Selain itu, menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dengan rutin membersihkan dan melembabkannya adalah langkah penting dalam mencegah beberapa kondisi kulit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News