Bugar

Menu Masakan Tanpa Minyak untuk Buka Puasa, Moms Harus Coba!

Menu Masakan Tanpa Minyak untuk Buka Puasa, Moms Harus Coba!

MOMSMONEY.ID - Beberapa menu masakan tanpa minyak untuk buka puasa bisa Moms coba untuk dihidangkan pada keluarga. Intip rekomendasinya berikut ini.

Bulan Ramadan adalah waktu yang spesial bagi umat Muslim untuk berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Saat berbuka puasa, penting untuk memilih menu yang sehat dan bergizi untuk mengganti energi yang hilang selama hari itu.

Bagi Moms yang ingin menyajikan hidangan lezat tanpa menambahkan lemak berlebih ke dalam diet keluarga, di bawah ini adalah ide menu masakan tanpa minyak yang cocok untuk buka puasa, menyadur dari Kompas.com:

1. Botok Tempe Ayam

Tanpa minyak, botok tempe ayam ini dibuat dari perpaduan tempe rebus dan ayam giling, menawarkan cita rasa khas yang kaya akan nutrisi.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Sayur Sehat untuk Buka Puasa, Layak Dicoba Moms!

2. Ayam Kukus Kemangi

Dengan bahan utama ayam, kentang, wortel, bombai, tomat, dan kemangi, hidangan ini menawarkan sensasi rasa ayam kukus yang kaya akan aroma.

3. Capcay Sayur

Dengan beragam sayuran dan bumbu sederhana seperti kecap asin dan merica, capcay sayur ini dapat disajikan tanpa menggunakan minyak.

4. Kol Gulung Isi Daging

Hidangan kukus ini adalah alternatif yang sehat dan hemat. Menggunakan daun kol sebagai pembungkus isian daging, menyajikan rasa yang lezat tanpa perlu minyak.

Baca Juga: Ramadan Telah Tiba, Ini Tips Berpuasa bagi Penderita Asam Lambung

5. Sup Jamur Kuah Bening

Menampilkan jamur sebagai sumber protein dan ditambah dengan sayuran lainnya, sup ini mengenyangkan tanpa menambahkan lemak dari minyak.

6. Otak-otak Bakar Teflon

Sebagai camilan atau lauk, otak-otak yang dibakar di wajan anti lengket menjadi alternatif lezat tanpa harus menggunakan minyak.

7. Sayur Sop Bening Tanpa Minyak

Masakan rumah ini bisa dibuat tanpa kaldu dan minyak, menawarkan kuah yang gurih dan segar dari kombinasi sayuran yang digunakan.

Baca Juga: Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat selama Ramadan

8. Ikan Kembung Sambal Terasi Air Fryer

Tanpa perlu digoreng dalam minyak, ikan kembung ini dimasak menggunakan air fryer, memberikan tekstur yang renyah dengan sambal terasi sebagai pendamping yang nikmat.

Itulah beberapa menu masakan tanpa minyak untuk buka puasa yang bisa Moms coba. Menu masakan tanpa minyak ini tidak hanya sehat tetapi juga mudah disiapkan, memastikan Moms dapat menikmati waktu lebih banyak dengan keluarga selama Ramadan. Dengan memilih hidangan yang sehat dan bergizi, Anda bisa membantu menjaga kesehatan keluarga sambil menikmati kebersamaan saat berbuka puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News