Bugar

Bisa Bikin Sendiri di Rumah, Ini Masker Alami untuk Jerawat dan Cara Membuatnya

Bisa Bikin Sendiri di Rumah, Ini Masker Alami untuk Jerawat dan Cara Membuatnya

MOMSMONEY.ID - Ketahui masker alami untuk jerawat dan cara membuatnya berikut ini, yuk.

Masker alami menjadi pilihan banyak orang untuk mengatasi masalah kulit, terutama jerawat, karena terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah dan minim efek samping. Selain itu, pembuatannya pun mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Menyadur dari Healthline, di bawah ini adalah beberapa masker alami untuk jerawat yang bisa Anda buat sendiri di rumah beserta cara membuatnya:

1. Masker kunyit dan madu

Cara membuat:

  • Gabungkan 1/2 sendok teh kunyit dengan 1 sendok makan madu hingga tercampur rata.
  • Oleskan ke wajah dan tahan selama 10-15 menit.

Menurut Deanne Mraz Robinson, MD, FAAD, seorang asisten profesor klinis di bidang dermatologi di Yale New Haven Hospital, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi inflamasi kulit. Dikombinasikan dengan madu, yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, campuran ini efektif menenangkan kulit yang iritasi dan membantu mencegah jerawat.

Baca Juga: 5 Makanan Pemicu Jerawat yang Harus Dihindari agar Kulit Bersih

2. Masker tanah liat dan minyak pohon teh

Cara membuat:

  • Tambahkan 1-2 tetes minyak pohon teh ke dalam masker tanah liat.
  • Biarkan pada wajah selama 10-15 menit, tidak melebihi 30 menit.

Robinson menyatakan bahwa minyak pohon teh terbukti sebagai antibakteri dan anti-inflamasi yang efektif, dengan studi menunjukkan kemampuannya sebagai pengobatan alami untuk jerawat. Pengenceran minyak pohon teh dengan masker tanah liat atau madu bisa mengurangi risiko iritasi kulit.

3. Masker witch hazel dan air mawar

Cara membuat:

  • Campur beberapa tetes witch hazel dengan air mawar atau teh putih.
  • Aplikasikan campuran ini pada masker tanah liat bentonit untuk hidrasi.
  • Tahan pada wajah selama 10-15 menit, tanpa melebihi 30 menit.

Witch hazel, yang sering digunakan sebagai astringent, dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit dan bertindak sebagai antibakteri. Sifat anti-inflamasinya juga efektif untuk merawat kulit yang iritasi. Robinson menyarankan untuk menghindari produk witch hazel yang mengandung alkohol.

Baca Juga: Tak Perlu Cemas, Ini Cara Mengatasi Pori-pori Besar di Wajah

4. Masker lidah buaya

Cara membuat:

  • Campurkan lidah buaya dengan kunyit atau teh hijau.
  • Biarkan pada wajah selama 15-20 menit.

Robinson menjelaskan bahwa lidah buaya adalah pelembab alami yang dapat menenangkan jerawat yang meradang. Kandungan asam salisilat dan sulfur di dalamnya menjadikan lidah buaya pilihan efektif untuk melawan jerawat, terutama bagi mereka dengan kulit berminyak.

5. Masker oatmeal

Cara membuat:

  • Masak oatmeal dengan air hingga matang, biarkan dingin sepenuhnya.
  • Oleskan ke kulit dan tahan selama 20-30 menit.

Oatmeal mengandung antioksidan dan anti-inflamasi. Bran oat khususnya kaya akan vitamin B kompleks, vitamin E, protein, lemak, dan mineral. Menambahkan oatmeal dalam rutinitas perawatan kulit dapat menguntungkan berbagai masalah kulit.

Nah, itulah sejumlah rekomendasi masker alami untuk jerawat yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Penggunaan masker alami merupakan cara yang efektif dan aman untuk mengatasi jerawat. Namun, penting untuk diingat bahwa hasil yang diperoleh bisa berbeda-beda pada setiap individu.

Jika Anda memiliki kondisi kulit yang serius, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit sebelum mencoba perawatan rumahan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News