Bugar

5 Makanan Pemicu Jerawat yang Harus Dihindari agar Kulit Bersih

5 Makanan Pemicu Jerawat yang Harus Dihindari agar Kulit Bersih

MOMSMONEY.ID - Dari makanan tinggi glikemik hingga tinggi gula, simak makanan pemicu jerawat yang sebaiknya Anda hindari.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dan bisa mempengaruhi siapa saja, terlepas dari usia. Sementara banyak faktor yang dapat memicu munculnya jerawat, pola makan memiliki peran penting dalam kondisi kulit kita.

Beberapa makanan telah diidentifikasi berpotensi memicu jerawat, dan menghindarinya dapat membantu menjaga kulit Anda bersih dan sehat. Menyadur dari Healthline, di bawah ini adalah lima makanan pemicu jerawat:

1. Makanan tinggi glikemik

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi glikemik, seperti roti putih, kue, dan makanan olahan lainnya, dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat.

Hal ini memicu tubuh untuk melepaskan insulin lebih banyak, yang dapat meningkatkan produksi sebum (minyak alami kulit), memicu munculnya jerawat. Mengganti makanan tinggi glikemik dengan pilihan yang lebih sehat, seperti biji-bijian utuh, dapat membantu mengontrol jerawat.

Baca Juga: Manfaat Perawatan Wajah Menggunakan Es Batu, Bisa Samarkan Kantung Mata

2. Produk susu

Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi produk susu dan peningkatan kasus jerawat, terutama pada remaja. Susu sapi mengandung hormon yang dapat merangsang produksi sebum, memperburuk jerawat.

Memperhatikan reaksi kulit Anda terhadap produk susu dan mempertimbangkan alternatif bebas susu, seperti susu almond atau kedelai, bisa menjadi langkah bijak.

3. Makanan dan minuman bersoda

Makanan dan minuman manis, termasuk soda, penuh dengan gula yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan memicu jerawat. Minuman bersoda juga sering mengandung tambahan lain yang dapat merusak kesehatan kulit.

Menggantinya dengan air putih atau teh herbal bisa membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan lebih bersih.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Mengangkat Sel Kulit Mati dan Cara Membuatnya

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng, dan pizza, kaya akan lemak trans, garam, dan gula. Makanan ini tidak hanya buruk untuk kesehatan jantung dan berat badan, tetapi juga dapat memicu jerawat.

Lemak trans khususnya diketahui meningkatkan peradangan, yang dapat memperburuk kondisi jerawat. Mencari alternatif makanan sehat yang dibuat di rumah dapat mengurangi risiko jerawat.

5. Cokelat

Meskipun buktinya masih belum kuat, beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat memperburuk jerawat. Cokelat, terutama yang tinggi gula dan lemak, dapat meningkatkan produksi sebum dan memicu peradangan, yang berkontribusi pada jerawat.

Memilih cokelat dengan kandungan kakao yang lebih tinggi dan mengonsumsinya dengan moderat mungkin dapat membantu.

Baca Juga: Warna Kulit Rata Kembali, Cobalah Tips Mengatasi Kulit Belang Berikut

Meskipun tidak semua orang akan mengalami jerawat sebagai akibat langsung dari makanan yang dikonsumsi, memperhatikan asupan Anda dan menghindari makanan pemicu jerawat dapat membuat perbedaan besar untuk kesehatan kulit.

Demikianlah pembahasan terkait makanan pemicu jerawat yang sebaiknya Anda hindari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News