Keluarga

Benarkah Es Krim Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan?

Benarkah Es Krim Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan?

MOMSMONEY.ID - Yuk, simak faktanya, apakah benar es krim bisa mengatasi sakit tenggorokan.

Melansir Healthline, es krim bisa meredakan sakit tenggorokan. Namun, mengonsumsi banyak gula bisa membuat gelajanya semakin memburuk. 

Jika Anda sedang sakit tenggorokan, mungkin Anda tergoda untuk membeli es krim dan memakannya karena rasa dinginnya memberikan sensasi menyembuhkan.

Tetapi, apakah itu sepenuhnya tidak berbahaya? Bukankah ini akan memperburuk kondisi Anda? 

Baca Juga: Promo Mixue Terbaru Diskon 20% Tukar Livin Poin Pakai Kartu Mandiri

Mengonsumsi es krim mungkin bisa meredakan sakit tenggorokan untuk sementara karena rasanya yang dingin dan menenangkan. 

Namun, rasa reda ini hanya sementara dan kandungan gula yang tinggi pada sebagian besar es krim dapat memperburuk peradangan dan menurunkan kekebalan tubuh. Sehingga, berpotensi memperburuk kondisi Anda. 

Kabar baiknya, ada pilihan es krim yang bisa memberikan sensasi lega yang sejuk tanpa memberikan dampak negatif. 

Banyak penelitian menunjukkan, gula tidak ideal untuk sistem kekebalan tubuh karena dapat menyebabkan peradangan dan melemahkan kekebalan tubuh. 

Asupan gula yang tinggi dapat mengurangi efektivitas sel darah putih yang berperan untuk melawan penyakit. Terutama, untuk virus dan bakteri yang vusa menyebabkan sakit tenggorokan. 

Baca Juga: Atasi Phobia Anjing Seperti Cha Eun-woo di Drakor A Good Day to be a Dog

Jika Anda ingin makan es krim untuk mengatasi sakit tenggorokan, memilih jenis es krim yang tepat adalah pilihan paling baik. Berikut es krim yang bisa Anda pilih saat sakit tenggorokan:

Es krim rendah gula

Kandungan gula yang tinggi bisa berpotensi memperburuk peradangan dan iritasi pada tenggorokan. Memilih es krim dengan kandungan rendah gula atau bebas gula bisa jaddi lebih baik untuk tenggorokan Anda. 

Pilih es krim non-susu

Orang yang memiliki alergi pada produk susu dan turunannya mungkin mengalami tekanan tambahan pada sitem kekebalan tubuh mereka.

Dalam kasus tersebut, alternatif non-susu seperti es krim yang terbuat dari santan atau susu almond bisa jadi pilihan yang cocok. 

Sorbet buah

Sorbet yang terbuat dari buah umumnya lebih rendah lemak dan bebas susu, membuat es krim ini jadi pilihan yang ringan untuk sakit tenggorokan. 

Selain itu sorbet buah biasanya terbuat dari buah-buahan asli yag juga mengandung vitamin dan antioksidan yang bisa membantu menenangkan sakit tenggorokan Anda. 

Bertekstur halus

Pilih es krim dengan tekstur yang halus dan lembut. Hindari es krim yang renyah atau keras karena dapat mengiritasi area yang sakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News