Keluarga

Bermanfaat Tinggi Bagi Ibu Hamil, Ini Makanan yang Tinggi akan Kandungan Asam Folat!

Bermanfaat Tinggi Bagi Ibu Hamil, Ini Makanan yang Tinggi akan Kandungan Asam Folat!

MOMSMONEY.ID - Bukan asam sulfat, kandungan yang baik bagi ibu hamil adalah asam folat. Yuk simak makanan yang tinggi asam folat!

Baru-baru ini Wali Kota Solo, Anak dari Presiden Jokowi yang juga Bakal Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka salah sebut soal kandungan yang bagus bagi ibu hamil. 

Seharusnya kandungan yang bagus bagi ibu hamil adalah asam folat, namun Gibran menyebutnya sebagai asam sulfat. Lalu apa itu sebenarnya asam folat?

Baca Juga: Ciri Kucing Kedinginan, Begini Cara Menjaga Kucing Tetap Hangat di Musim Hujan

Melansir Healthline, folat adalah Vitamin B9 yang banyak ditemukan alami di dalam makanan. Vitamin ini juga banyak ditemukan di makanan yang difortifikasi. 

Vitamin B9 adalah vitamin yang mudah larut dengan air yang memiliki banyak manfaat di dalam tubuh. Vitamin B9 mendukung pembelahan sel yang sehat dan meningkatkan dukungan pertumbuhan serta perkembangan janin untuk mengurangi risiko cacat lahir. 

Untuk orang dewasa, konsumsi asam folat yang direkomendasikan minimal 400 mcg per hari. Yuk simak 15 makanan sehat yang tinggi kandungan asam folat!

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan yang tinggi asam folat adalah biji-bijian dari tanaman apapun di dalam keluarga Fabaceae, termasuk kacang polong dan lentil. 

Kacang-kacangan sangat tinggi akan kandungan folat. Misalkan saja 177 gram kacang merah matang memiliki kandungan 131 mcg folat. Sedangkan 198 gram lentil matang memiliki kandungan 358 mcg folat. 

Asparagus
Asparagus mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk folat. faktanya, 90 gram asparagus matang memiliki kandungan 134 mcg folat. 

Asparagus juga kaya akan antioksidan dan telah terbukti sebagai anti inflamasi dan anti bakteri. Asparagus juga makanan yang tinggi akan serat untuk kesehatan jantung. 

Telur
Menambahkan telur dalam makanan Anda adalah cara yang bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting ditubuh termasuk folat. Adapun satu telur besar memiliki kandungan 22 mcg asam folat. 

Selain itu telur juga memiliki kandungan protein, selenium, riboflavin dan vitamin B12. Selain itu telur juga kaya akan lutein dan zeaxanthin, kandungan antioksidan yang mengurangi risiko gangguan mata. 

Baca Juga: Berhati-hatilah, Ini 6 Pantangan Makanan Setelah Membersihkan Karang Gigi

Sayuran hijau 
Sayuran hijau seperti bayam, kale dan arugula adalah makanan yang rendah kalori dengan tinggi vitamin dan mineral termasuk folat. 30 gram bayam mentah memiliki kandungan 58,2 mcg folat. 

Sayuran hijau juga tinggi akan seratm vitamin K dan vitamin A yang bagus bagi kesehatan. Dengan banyak konsumsi sayuran hijau Anda juga semakin rendah terkena risiko kanker dan membantu mengurangi berat badan. 

Buah bit
Buah bit termasuk bahan alami untuk memberi pewarna makanan. Selain itu buah bit juga kaya akan nutrisi penting. Buah bit juga kaya akan kandungan mangan, potassium dan vitamin C. 

Adapun buah bit juga sumber yang bagus akan folat. 136 gram buah bit mentah mengangdng 148 mcg folat. Bit juga kaya akan nitrat yang memiliki banyak kesehatan, bahkan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Jenis buah jeruk
Jenis buah jeruk ini antara lain jeruk, anggur, lemon dan jeeruk nipis adalah jenis buah yang kaya akan folat. Satu jeruk berukuran besar memiliki kandungan 55 mcg folat. 

Jenis buah jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda. 

Brokoli
Brokoli adalah sayuran yang tinggi khasiatnya untuk meningkatkan kesehatan. Menambahkan brokoli ke dalam makanan dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral penting. 

Brokoli juga mengandung folat. Adapun 91 gram brokoli mengantung 57 mcg folat. Sedangkan 78 gram brokoli matang mengandung 84 mcg. Brokoli juga tinggi akan manga serta vitamin C, vitamin K, dan vitamin A.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Makan Malam untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Hati sapi
Hati sapi adalah sumber folat yang cukup tinggi. Adapun 85 gram hati sapi yang sudah dimasak mengandung 212 mcg folat. Selain itu hati sapi juga mengandung Vitamin A, Vitamin B12 dan tembaga. Hati sapi juga tinggi protein yaitu mengandung 24 gram protein per 85 gram hati sapi. 

Pepaya
Pepaya juga adalah buah tropis yang tinggi akan folat. 140 gram pepaya mentah mengandung 53 mcg folat. Selain itu pepaya juga tinggi akan Vitamin C, potasium dan antikosidan seperti carotenoids. Namun bagi ibu hamil sebaiknya hindari mengonsumsi pepaya yang belum matang karena bisa menyebabkan kontraksi dini. 

Pisang
Banyak mengandung vitamin dan mineral, pisang adalah sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Pisang juga tinggi akan folat. Pisang berukuran sedang menganding 23,6 mcg folat. 

Alpukat
Alpukat adalah buah yang cukup creamy dan mengenyangkan dengan rasa yang unik. Alpukat juga sumber folat yang bagus. Adapun  setengah alpukat matang mengandung 82 mcg folat. Selain itu alpukat juga kaya akan potassium, Vitamin K, Vitamin C dan Vitamin B6. 

Folat adalah mikronutrisi penting yang banyak ditemukan di dalam makanan. Mengonsumsi berbagai makanan sehat seperti buah, sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan caa mudah memenuhi asupan folat bagi tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News