Keluarga

Ini Ciri-ciri & Gejala Anak Terkena Pneumonia, Penyakit yang Serang Pernapasan

Ini Ciri-ciri & Gejala Anak Terkena Pneumonia, Penyakit yang Serang Pernapasan

MOMSMONEY.ID - Yuk simak ciri-ciri anak terkena Pneumonia dan lakukan pencegahan sedini mungkin!

Melansir UNICEF, pneumonia adalah penyakit yang paling mematikan untuk anak-anak di dunia. Setiap tahunnya 725.000 balita meninggal dunia, termasuk 190.000 bayi baru lahir rentan terhadap infeksi pneumonia. 

Nah baru-baru ini pneumonia misterius tengah melanda China bagian utara. Melansir berbagai sumber angka infeksi pneumonia di China naik hingga 40% usai pembukaan pembatasan Covid-19 pad Januari 2023. Adapun angka pneumonia meningkat sejak Mei 2023. 

Baca Juga: Daerah Ini Berstatus Waspada Bencana, Simak Peringatan Dini Cuaca Besok Hujan Lebat

Pneumonia adalah infeksi saluran pernapasan akut pada paru-paru. penyebabnya tbisa karena bakteri, virus atau jamur di udara. Saat anak-anak terkena pneuminia maka paru-paru akan dipenuhi cairan dan sulit bernapas. 

Selain itu tingkat keebalan tubuh anak yang belum matang membuatnya lebih rentan terkena pneumonia. Lalu bagaimana ciri-ciri pneumonia pada anak? 

Ini ciri-ciri pneumonia pada anak-anak!
Tiga ciri-ciri utama pneumonia pada anak-anak adalah batuk, kesulitan bernapas dan demam. Anak-anak yang terkena pneumonia akan bernapas lebih cepat atau dada bagian bawah terlihat tertarik ke bagian dalam seperti sedang menarik napas. 

Selain itu, anak-anak juga akan mengalami sakit dada, gemetar seperti menggigil dan merasa kelelahan. Bahkan hingga merasa nyeri otot, kehilangan selera makan, mual dan muntah. 

Gejala awal pneumonia akan seperti flu. Namun akan semakin memburuk dalam beberapa hari. 

Baca Juga: Keji Banget, 5 Film Ini Kisahkan KDRT Kejam dalam Ceritanya

Melansir Nation Wide Childrens, pneumonia sering menginfeksi saat bulan dingin, di mana anak-anak sering berada di dalam rumah dan kontak dengan orang lain. Anak-anak di bawah dua tahun memilik risiko lebih tinggi tertular pneumonia. 

Pneumonia adalah penyakit menular. Penularan bisa melalui udara saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Penularan juga bisa melalui cairan seperti darah saat melahirkan atau dari wajah yang terkontaminasi. 

Nah Anda bisa mencegah pneumonia dengan melakukan vaksin. Sejak usia 2 bulan, anak-anak sudah bisa mulai menerima vaksin pneumonia. Kemudian di usia 6 bulan atau lebih anak-anak bisa mendapatkan vaksin tahunan khusus untuk mencegah penyakit flu. 

Selanjutnya: Agen BRILink Jadi Ujung Tombak Penyaluran Kredit Mikro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News